Bagaimana langkah mengirim paket nan kondusif agar peralatan tidak sigap rusak ? Bagaimana langkah mengemas paket nan betul ? Barang nan terlalu lama dikirim dan bungkusan paket nan asal-asalan dapat mengundang komentar jelek dari pelanggan.
Bagi pemilik toko online, mendapat rating jelek sangat merugikan. Apalagi mendapat komentar nan gak lezat dari pelanggan. Rating dan komen jelek bikin produk Anda susah bersaing dengan toko online lain. Nah, salah satu perihal nan paling sering dikomentarin pengguna toko online adalah tentang pengiriman paket.
Untuk meminimalisir komentar dan rating buruk, Anda kudu tahu gimana langkah mengirim paket nan kondusif agar selamat sampai tujuan.
1. Pilih Kemasan nan Kuat dan Tahan Air
Plastik (kantong kresek), bubble wrap, dan solasi cerah adalah bahan nan paling sering digunakan untuk mengemas paket. Selain harganya murah, bahan plastik lebih kuat dan tahan air dibanding kertas alias dus. Plastik juga tidak mudah sobek, sehingga kondusif saat dikirim oleh kurir.
Kemudian Bubble Wrap juga sering digunakan untuk melindungi peralatan nan rentan rusak alias pecah. Bubble Wrap dapat meredam tumbukan sehingga meminimalisir peralatan rusak saat diterima konsumen. Bubble Wrap biasanya digunakan saat mengirim peralatan pecah belah, komponen elektronik, mainan, dan lain sebagainya.
Bahan tambahan lain nan mungkin bisa Anda gunakan adalah surat kabar jejak alias styrofoam. Keduanya biasa digunakan untuk menutupi celah dalam boks agar peralatan tidak mudah goyang saat dalam proses pengiriman.
2. Gunakan Packing Kayu saat Kirim Barang Elektronik
Sebaiknya gunakan packing kayu saat mengirim paket peralatan elektronik, seperti: Desktop PC, laptop, TV LED, dan lain sebagainya. Kayu bakal melindungi peralatan dari tumbukan peralatan lain saat proses pengiriman. Selain peralatan elekytronik, packing kayu juga bisa digunakan saat kirim peralatan pecah belah seperti guci, piring, alias cangkir.
Memasang packing kayu memang cukup sulit. Namun beberapa perusahaan pengiriman peralatan sudah menyediakan jasa pemasangan packing kayu di tempat. Jadi Anda tinggal bawa peralatan nan mau dikirim saja.
3. Gunakan Ice Gel untuk Frozen Food
Mengirim makanan melalui jasa pengiriman tentu ada risikonya sendiri. Anda kudu jeli memilih jasa ekspedisi nan tepat untuk pengguna Anda. Ada beberapa perihal nan perlu diperhatikan saat mengirim makanan, terutama jenis frozen food.
Sebelum dikirim, kemas produk di dalam box kardus nan kuat. Bungkus makanan berbareng Ice Gel untuk menjaga suhu makanan tetap stabil selama proses pengiriman. Bungkus menggunakan Bubble Wrap agar makanan tidak rusak. Kemudian tempelkan stiker unik “Frozen Food” dan laporkan ke jasa pengiriman nan Anda gunakan.
4. Masukkan Kartu Ucapan “Terima Kasih”
Untuk memberi kesan nan baik pada konsumen, Anda bisa sertakan kartu ucapan “Terima Kasih” lantaran sudah membeli produk di toko Anda. Walaupun perihal ini sering diabaikan, namun memberi “keramahan ekstra” ke pengguna merupakan langkah terbaik untuk membuatnya datang kembali.
Mengirim paket dengan kartu ucapan juga pas untuk menarik hati konsumen baru. Untuk isi kartu ucapan bisa Anda kreasikan semenarik mungkin. Jangan lupa sertakan nomor kontak alias media sosial nan bisa dihubungi jika pengguna mau menyampaikan keluhan.
5. Pasang Stiker “Barang Mudah Pecah/Fragile”
Jika Anda mau mengirim paket berupa peralatan pecah belah seperti piring, keramik, alias kaca. Jangan lupa untuk menempelkan stiker Fragile alias peralatan mudah pecah. Untuk tulisannya bisa Anda kreasikan semenarik mungkin. Namun, kami sarankan lebih baik singkat dan jelas. Alasannya agar lebih mudah dibaca dengan cepat.
Selain itu, informasikan kepada jasa ekspedisi nan Anda pilih. Tujuannya agar kurir lebih waspada saat mengirim peralatan Anda.
6. Tawarkan Opsi Pengiriman nan Lengkap
Pilih jasa pengiriman nan terpercaya dan punya cakupan luas. Ada baiknya Anda juga memilih jasa pengiriman instan untuk pengguna nan mau peralatan sigap sampai ke rumah. Setiap jasa pengiriman punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Jika pilihan kurirnya lebih banyak, Anda bisa memberi kebebasan ke konsumen untuk memilih kurir nan paling mereka sukai.
Nah itulah tips mengirim paket nan bisa membikin pengguna nyaman shopping di toko online Anda. Pengemasan paket nan betul membikin pengguna percaya bahwa peralatan nan dipesan ada dalam keadaan nan baik. Tips ini sangat berfaedah untuk pemilik Merchant Bhinneka agar bisa menjaga kepercayaan pengguna setia Anda.