Penting! Format dan Contoh Kwitansi Rental Mobil

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

Setiap upaya butuh manajemen nan tertata. Begitu juga dengan persewaan mobil. Jasa persewaan mobil datang untuk memberikan kemudahan dalam pengalaman berkendara. Contoh kwitansi persewaan mobil berikut ini bisa membantu Anda pemilik upaya untuk memberikan keamanan bagi pelanggan.

Mari kita simak pengertian, manfaat, kelebihan dan kekurangan, serta contoh kwitansi persewaan mobil.

Pengertian dan Manfaat Kwitansi Sewa Mobil

Kwitansi alias nota sewa mobil adalah arsip nan mencatat rincian transaksi jasa sewa mobil. Di dalamnya terdapat beragam info antara lain mobil nan disewa, lama waktu sewa, biaya sewa, hingga nominal nan kudu dibayar. Selain itu ada juga info kondisi mobil, akankah ada kerusakan alias tidak, jarak nan sudah ditempuh, agenda pengembalian, dan juga letak tempat pengembalian.

Bagi Anda pemilik persewaan mobil sebaiknya jaga kwitansi-kwitansi tersebut sebaik mungkin karena bisa dijadikan peralatan bukti saat terjadi perselisihan antara pengguna dan pihak pemilik persewaan mobil.

Selain sebagai bukti pembayaran, faedah lain dari kwitansi persewaan mobil juga memberikan info syarat dan ketentuan serta biaya tambahan nan berlaku. Namun, meskipun kwitansi persewaan mobil krusial bagi kedua belah pihak, rupanya belum sepenuhnya penyedia jasa persewaan mobil membikin bukti pembayaran ini. Oleh karena itu, Anda perlu tahu contoh kwitansi persewaan mobil.

Kelebihan dan Kekurangan Kwitansi Sewa Mobil

Sebelum memahami contoh kwitansi persewaan mobil, Anda juga perlu memahami kelebihan dan kekurangan kwitansi persewaan mobil.

Kelebihan kwitansi persewaan mobil

  • Memberikan pemahaman kepada pengguna tentang syarat dan ketentuan sewa mobil dengan lebih mudah.
  • Bisa memberikan perlindungan kepada pengguna atas kerugian nan tidak diinginkan.
  • Memudahkan pihak jasa persewaan mobil untuk mengatur sistem pemesanan dan transaksi.
  • Mengantisipasi kesalahan komunikasi antara pengguna dan pihak penyedia jasa.
  • Memberikan kepastian biaya, waktu sewa, dan ketentuan lainnya. 
  • Membangun kepercayaan dan hubungan baik antara pengguna dan penyedia jasa.

Baca juga: Keuntungan Rental Mobil untuk Driver Online, Ini Persyaratannya

Kekurangan kwitansi persewaan mobil

Meskipun banyak keuntungannya, rupanya ada juga kekurangan dari adanya kwitansi persewaan mobil.

  • Kemungkinan terjadi kesalahan pada sistem transaksi sehingga pembuatan nota juga bisa salah.
  • Beberapa pihak penyedia jasa sewa mobil bisa kurang teliti dalam pembuatan kwitansi.
  • Tidak semua penyedia jasa persewaan mobil memakai nota sewa mobil.
  • Kemungkinan terjadi kelalaian dalam pengarsipan nota.
  • Kemungkinan ada biaya tambahan nan tidak dicantumkan pada kwitansi.

Format Kwitansi Rental Mobil

Pada dasarnya setiap kwitansi punya format nan mirip, tetapi kudu menyesuaikan kebutuhan. Contoh kwitansi persewaan mobil punya dua sisi, dibuat rangkap, dan ada format isi kwitansinya.

Punya dua sisi

Kwitansi sewa mobil punya dua sisi. Sisi kanan dan kiri punya kegunaan nan berbeda. Sisi kiri biasanya berukuran lebih mini daripada sisi kanan dan diberikan kepada pihak penyedia jasa sewa mobil. Sedangkan sisi kanan bakal diberikan kepada pihak nan menyewa mobil.

Kwitansi diberikan kepada kedua belah pihak setelah proses pembayaran selesai. Oleh karena itu, peralatan bukti ini tidak boleh lenyap dan tersimpan nan original hingga proses transaksi selesai dilakukan.

Punya rangkap

Kwitansi sewa mobil mempunyai model rangkap. Bagian original diberikan kepada peminjam mobil dan arsipannya disimpan oleh pihak rental. Arsip ini krusial bagi pemilik persewaan untuk mencatat laporan finansial tiap bulannya.

Baca juga: 11 Tips Memulai Usaha Rental Mobil

Format kwitansi bagian isi

Isi nan merupakan info pada contoh kwitansi persewaan mobil kudu lengkap. Sebab, kwitansi berfaedah sebagai bukti pembayaran nan sah. Oleh karena itu, terdapat tempat untuk mengisi nama komplit sesuai KTP.

Selanjutnya tersedia tempat untuk membubuhkan info nominal duit sewa. Sertakan nomor dan terbilang penyebutan nominal uangnya. Kemudian, ada tempat untuk menulis keterangan. Biasanya keterangan nan diisi adalah perjanjian sewa mobil dengan metode DP 50% dan baru dilunasi saat mobil dikembalikan.

Selanjutnya ada info hari dan tanggal peminjaman dan pengembaliannya. Sebab, ada biaya tambahan jika terlambat mengembalikan kendaraan.

Sebagai gambaran, isi contoh kwitansi persewaan mobil adalah sebagai berikut.

NoInformasiKeterangan
1Nama pelangganNama komplit sesuai dengan KTP.
2No.identitas pelangganNomor identitas sah seperti pada KTP maupun SIM.
3No telepon pelangganNomor telepon aktif nan bisa dihubungi.
4Tanggal dan waktu sewaTanggal dan waktu mulai dan berakhirnya sewa mobil.
5Detail kendaraanInformasi jenis kendaraan dan nomor polisi.
6Biaya rentalTotal biaya sewa mobil nan perlu dibayarkan oleh penyewa.
7Syarat dan ketentuanDetail syarat dan ketentuan nan perlu dipatuhi pengguna selama meminjam mobil.

Informasi lainnya

Selain info di atas, cantumkan juga info lainnya seperti logo, alamat, nomor telepon. Kemudian, nama pekerja nan melayani pengguna tersebut juga perlu dicantumkan. Selain itu, nomor transaksi pada hari itu juga perlu dicantumkan. Fungsinya untuk memudahkan saat merekap data.

Siapkan juga tempat untuk ditandatangani oleh kedua belah pihak. Kalau perlu, siapkan juga cap perusahaan.

Baca juga: Manfaat Servis Mobil Operasional dengan Otoklix for Business

Gambar Contoh Kwitansi Rental Mobil

Berikut ini adalah beberapa contoh kwitansi persewaan mobil dalam corak gambar.
Contoh kwitansi sewa mobil 1


Contoh kwitansi persewaan mobil 6

Contoh kwitansi persewaan mobil 9

Itu dia manfaat, pentingnya, format, hingga contoh kwitansi persewaan mobil. Selain memberikan kepastian kepada kedua pihak, pembukuan kwitansi nan baik juga bisa membantu perusahaan mengelola anggaran.

Solusi lain untuk memudahkan perusahaan mengelola manajemen dan anggaran adalah berasosiasi dengan Otoklix for Business. Otoklix for Business membantu perusahaan dalam mengelola manajemen dalam perihal perawatan mobil operasional maupun mobil rental.

Servis nan ditawarkan bengkel Otoklix berbobot dengan nilai 30% lebih irit daripada bengkel resmi. Selain itu, terdapat agunan 14 hari. Keuntungan lain dari Otoklix for Business adalah jasa antar jemput, home service, dan pelayanan nan responsif.

Pertanyaan Seputar Contoh Kwitansi Rental Mobil


Syarat arsip saat mau sewa mobil antara lain KTP, NPWP, KK, dan juga fotokopi PBB (pajak bumi dan bangunan). Surat kepemilikan rumah alias mengontrak, rekening listrik dan telepon, dan BPKB kendaraan sepeda motor juga biasanya dibutuhkan.


Rental mobil adalah penyedia jasa penyewaan kendaraan harian, bisa perjanjian menggunakan driver alias lepas kunci.


Menurut Pasal 1564 KUHP Perdata menyatakan bahwa penyewa bertanggung jawab atas segala kerusakan nan terjadi selama masa sewa, selain penyewa bisa membuktikan kerusakan bukan terjadi lantaran kesalahannya.

Selengkapnya
Sumber Info Bisnis Otoklix
Info Bisnis Otoklix