Manfaat Segmentasi Pasar dan Cara Melakukannya

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Manfaat segmentasi pasar sangat banyak dan krusial bagi pelaku upaya dan bisnis. Oleh karenanya mengetahui serta memahami segmentasi pasar perlu dilakukan agar upaya dan upaya dapat melangkah secara efisien dan tepat sasaran.

Tidak melakukan segmentasi pasar alias melakukan segmentasi nan keliru dapat membikin produk nan Anda tawarkan menjadi tidak tepat sasaran, alias lebih buruknya menjadi tidak laku. Oleh karenanya dalam tulisan ini kita bakal membahas mengenai sejumlah faedah dari segmentasi pasar dan tips gimana melakukan segmentasi pasar.

Pengertian Segmentasi Pasar

Secara sederhana, segmentasi pasar dapat diartikan sebagai pembagian alias pengelompokan konsumen alias pengguna ke dalam golongan – golongan tertentu nan didasarkan pada sejumlah karakter nan sama alias serupa

Jenis – Jenis Segmentasi Pasar

Dalam melakukan pembagian alias segmentasi pasar, terdapat empat jenis golongan alias dasar pembagian konsumen. Segmentasi pasar dapat dilakukan berasas perilaku, demografis, psikografid dan juga geografis.

Segmentasi Perilaku

Segmentasi perilaku adalah pengelompokan konsumen berasas tingkah lakunya. Melalui segmentasi jenis ini, Anda dapat mengetahui gimana perilaku konsumen terhadap sebuah bisnis.

Misalnya Anda dapat membagi konsumen berasas perilaku konsumen terhadap peluncuran suatu produk baru. Apakah mereka mempunyai perilaku untuk mencoba produk tersebut alias lebih ke menunggu orang lain mencoba dan membaca review terlebih dahulu.

Segmentasi Demografis

Adalah pengelompokan konsumen berfokus terhadap aspek-aspek seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, status menikah, dan lain sebagainya. Misalnya Anda dapat mengelompokkan dan membagi konsumen Anda menjadi wanita nan sudah menikah alias konsumen nan mempunyai latar belakang pendidikan sarjana.

Segmentasi Geografis

Adalah pengelompokan konsumen menurut aspek letak seperti tempat tinggalnya. Misalnya saja produk dan strategi pemasaran nan ditujukan untuk konsumen nan tinggal di wilayah perkotaan tentu bakal berbeda dengan konsumen nan tinggal di luar perkotaan.

Segmentasi Psikografis

Segmentasi psikografis merupakan segmentasi pasar nan berasosiasi dengan psikologis konsumen. Target pasar dibagi menjadi golongan nan berbeda-beda  berasas kelas sosial, style hidup, dan kepribadiannya

Manfaat Segmentasi Pasar

Dengan melakukan segmentasi pasar, ada sejumlah untung dan faedah nan bisa Anda terima dalam memahami konsumen serta memasarkan produk nan Anda miliki. Manfaat segmentasi pasar antara lain:

  1. dapat menyesuaikan produk alias jasa nan ditawarkan agar sesuai dengan permintaan pasar
  2. dapat mengidentifikasikan kesempatan pasar nan menunjukkan kesempatan bagi pengembangan produk baru
  3. dapat mengidentifikasi konsumen baru nan potensial
  4. dapat merancang dan menjalankan strategi upaya dan pemasaran nan sesuai dengan kondisi pasar
  5. memudahkan perusahaan mengelola keuangan, khususnya untuk pemasaran

Cara Melakukan Market Segmentation

Segmentasi pasar perlu dilakukan secara tepat agar tidak keliru dalam mengidentifikasi konsumen serta sejumlah strategi upaya nan dijalankan dapat tepat sasaran. Sebelum melakukan segmentasi, Anda perlu memahami bahwa untuk melakukan segmentasi pasar diperlukan syarat alias kondisi pasar nan hendak dituju antara lain:

  1. Target pasar bisa diukur, misalnya dari segi jumlah alias usia
  2. Bisa diakses oleh perusahaan
  3. Skala sasaran pasar cukup besar
  4. Dapat dibedakan, maksudnya tiap-tiap golongan sasaran pasar bisa dibedakan dengan jelas.
  5. Pasar nan dituju bisa memberi untung untuk perusahaan

Apabila sejumlah kondisi di atas terpenuhi, Anda dapat mulai melakukan segmentasi pasar. Beberapa tips nan dapat Anda lakukan untuk melakukan segmentasi pasar antara lain:

  1. Kenali produk nan hendak Anda tawarkan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari produk Anda dan kompetitornya
  2. Tentukan sasaran pasar berasas kriteria segmentasi pasar, baik salah satu alias campuran (demografis, geografis, perilaku alias kebiasaan  dan psikografis)
  3. Lakukan survei untuk menganalisa konsumen dari segmentasi pasar nan sudah Anda tentukan
  4. Sesuaikan strategi pemasaran nan Anda miliki dengan info nan Anda peroleh dan lakukan penyesuaian jika dibutuhkan
  5. Lakukan identifikasi dan segmentasi ulang andaikan hasil awal belum sesuai alias belum optimal.

Demikian penjelasan mengenai sejumlah faedah dari melakukan segmentasi pasar dan sejumlah tips langkah melakukan segmentasi pasar agar tepat sasaran.

Selengkapnya
Sumber Info Tekno Bhinneka
Info Tekno Bhinneka