Kenali Apa Itu Customer Service, Gaji, dan Tugasnya

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

Apa itu customer service? Pertanyaan tersebut terdengar mudah untuk dijawab, bakal tetapi jika ditelaah rupanya makna pekerja customer service cukup luas. Pekerjaan alias pekerjaan customer service saat ini cukup populer. Ada perbedaan tugas customer perusahaan satu dengan nan lainnya. 

Kendati demikian, secara garis besar tugas customer service sebagai jembatan antara perusahaan nan mempunyai produk alias jasa dengan pengguna alias konsumen nan bakal membeli alias menggunakan produk alias jasa tersebut.

Sebelum memutuskan untuk bekerja sebagai customer service, kenali terlebih dulu apa itu customer service, tugasnya, skill nan diperlukan hingga perkiraan penghasilan customer service.

Baca juga: Tugas Customer Service Bank dan Skill Wajib nan Harus Dimiliki

Apa Itu Customer Service?

Customer adalah perorangan alias golongan tertentu nan disebut sebagai pengguna alias konsumen, di mana mereka bakal melakukan transaksi berupa pembelian produk alias jasa nan Anda tawarkan.

Berangkat dari situ, maka bisa dikatakan customer service adalah jasa pengguna alias jasa konsumen untuk membantu pengguna memenuhi kebutuhannya. 

Secara sederhana bisa juga dikatakan bahwa customer service merupakan jembatan antara perusahaan dan pelanggan.

Fungsi dan tujuan customer service untuk memberikan kenyamanan dan keamanan transaksi agar perusahaan dapat memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pelanggan.

Pelanggan mendapatkan info tentang produk alias jasa dari customer service secara perincian dan terperinci. 

Apabila ada pertanyaan seputar produk tersebut maka customer service nan bakal menjawabnya. Termasuk di dalamnya jika pengguna mengalami hambatan selama proses transaksi alias mau mengeluhkan perihal kekurangan dari produk tersebut.

Apakah pekerjaan customer service mempunyai prospek alias jenjang karier? Prospek pekerjaan customer service (CS) cukup menjamin, antara lain:

  • Entry level, posisi ini merupakan posisi terendah di mana CS bakal berhadapan dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan.
  • Mid level, tetap dengan tugas nan sama bakal tetapi pada tahapan mid level ini tugas customer service bisa lebih spesifik lagi. Adapun pilihan posisi pada mid level ialah customer service specialist, product expert, dan implementation specialist.
  • Managerial, CS berkesempatan menduduki posisi managerial nan dengan tupoksi membantu mengawasi keahlian seluruh departemen, memberikan training, hingga meningkatkan efisiensi keahlian operasional. Adapun pekerjaan pada tahapan ini antara lain customer success manager, customer service manager, dan customer service operations manager.
  • Executive level, level tertinggi dari jenjang pekerjaan customer service adalah menjadi executive level. Adapun pekerjaan pada tahapan ini antara lain chief customer officer (CCO) dan director of customer experience.

Gaji Customer Service

Umumnya penghasilan customer service di Indonesia mulai dari Rp3,7 jutaan hingga Rp5 jutaan. Besarannya tergantung dari ketentuan perusahaan masing-masing dan aspek eksternal lain seperti pengalaman kerja dan bayaran minimum regional (UMR). Karenanya, gak heran jika penghasilan customer service di kota-kota besar lebih besar daripada di kota kecil.

Meski begitu, ada juga aspek internal nan dapat mempengaruhi besaran penghasilan CS. Faktor internal tersebut antara lain:

  • Skill menulis nan persuasif
  • Skill hubungan dan komunikasi nan mumpuni
  • Skill mendokumentasikan hubungan dengan pelanggan
  • Skill mempelajari dan menjelaskan produk perusahaan dengan baik
  • Skill menggunakan beberapa perangkat bantu komunikasi kepada pelanggan.

Apabila pekerjaan customer service ini diseriuskan, maka potensi jenjang pekerjaan nan tinggi dengan penghasilan nan lebih tinggi lagi bisa saja didapatkan. Berikut ini tabel perkiraan penghasilan customer service berasas jenjang kariernya.

JabatanPosisiEstimasi Gaji
Customer ServiceEntry LevelMulai dari Rp3,7 jutaan
Customer Service SupervisorMid-LevelMulai dari Rp5 jutaan
Technical Support OfficeMid-LevelMulai dari Rp5,5 jutaan
Customer Service ManagerManagerialMulai dari Rp20 jutaan
Technical Sales RepresentativeManagerialMulai dari Rp30 jutaan
Client Relationship ManagerManagerialMulai dari Rp48 jutaan

Baca juga: Gaji Karyawan Termasuk ke Dalam Biaya Apa Saja?

Tugas Customer Service

Beberapa pekerjaan customer service nan banyak diincar orang, seperti customer service Telkomsel, customer service XL, customer service Dana, customer service Shopee hingga tugas customer service bank. 

Walaupun kelima perusahaan tersebut merupakan perusahaan nan berbeda industrinya satu sama lain, bakal tetapi mempunyai tugas utama nan sama. Berikut ini tugas customer service secara menyeluruh.

1. Mendeskripsikan Informasi Produk dengan Detail

Tugas paling utama seorang customer service ialah menjelaskan alias mendeskripsikan secara perincian mengenai produk alias jasa nan dimiliki perusahaan. 

Bagaimana spesifikasi produk tersebut, fitur apa saja nan melengkapinya hingga info nilai dan kebijakan agunan jika ada.

Semua info nan relevan nan dibutuhkan oleh pengguna kudu dijelaskan dengan terperinci dan jelas sehingga pengguna mendapatkan info nan utuh perihal produk alias jasa tersebut.

2. Totalitas Melayani Pelanggan

Bukan hanya menjawab dan memperkenalkan produk saja, melainkan customer service juga bisa menjadi kawan bagi pengguna dengan merekomendasi beragam produk alias jasa sesuai kebutuhan pelanggan.

Begitu juga jika Anda sedang memerlukan bengkel unik nan dapat membantu memelihara dan merawat mobil operasional perusahaan, maka Bengkel Otoklix jawabannya.

Terdapat jasa unik di mana Anda dapat melakukan booking service secara online melalui OtoBuddy, customer service Otoklix, sehingga Anda gak perlu membuang waktu lama untuk mengantre.

Selain itu, terdapat pilihan metode pembayaran secara online dengan beberapa ketentuan nan bisa Anda tanya langsung kepada Tim OtoBuddy melalui WhatsApp.

Untuk info lebih lanjut mengenai Otoklix for Business, silakan download aplikasi Otoklix. Anda juga bisa menghubungi Tim OtoBuddy melalui WhatssApp 0811-920-025.

Baca juga: Otoklix for Business Utamakan Respons Cepat untuk Masalah Mobil Klien

3. Melayani Pelanggan dengan Proaktif dan Solutif

Customer service sebagai gambaran visual perusahaan untuk pengguna kudu memperhatikan gimana langkah mereka bersikap dan berkomunikasi. 

Berkomunikasi pun bukan hanya komunikasi saat itu, melainkan berpikir gimana langkah mengelola komunikasi dengan pelanggan.

Oleh lantaran itu, saat pengguna mau mengutarakan komplain terhadap produk alias jasa perusahaan, maka orang pertama nan dihubungi adalah customer service. 

Saat mengatasi komplain alias masalah tersebut, CS kudu bersikap proaktif terhadap masalah nan dihadapi pengguna tersebut.

Mendengarkan dengan seksama apa masalah dan keluhan mereka, kemudian berinisiatif menawarkan support alias solusi terhadap keluhan tersebut.

4. Rutin Melakukan Survei dan Evaluasi Pelanggan

Tugas customer service nan terakhir adalah menghimpun info survei mengenai pertimbangan pengguna terhadap perusahaan, mulai dari sisi kualitas produknya hingga kepuasaan pengguna terhadap perilaku staf perusahaan.

Umpan kembali nan diberikan oleh pengguna tersebut bisa menjadi tolok ukur perubahan apa nan bakal Anda lakukan untuk mengembangkan upaya tersebut.

Demikianlah info tentang apa itu customer service, penghasilan nan didapatkan customer service hingga tugas dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Pertanyaan Seputar Apa Itu Customer Service :


Customer adalah perorangan alias golongan tertentu nan disebut sebagai pengguna alias konsumen, di mana mereka bakal melakukan transaksi berupa pembelian produk alias jasa nan Anda tawarkan. Maka bisa dikatakan customer service adalah jasa pengguna alias jasa konsumen untuk membantu pengguna memenuhi kebutuhannya.


Tugas customer service adalah menjelaskan dan mendeskripsikan produk alias jasa perusahaan kepada pengguna sedetail mungkin, memberikan pelayanan nan totalitas, melayani pengguna dengan proaktif dan solutif saat pengguna mendapatkan masalah hingga rutin melakukan survei dan pertimbangan kepuasan pelanggan.


Umumnya penghasilan customer service di Indonesia mulai dari Rp3,7 jutaan hingga Rp5 jutaan. Besarannya tergantung dari ketentuan perusahaan masing-masing dan aspek eksternal lain seperti pengalaman kerja dan bayaran minimum regional (UMR).

Selengkapnya
Sumber Info Bisnis Otoklix
Info Bisnis Otoklix