Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan, Catat Poin Pentingnya!

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

Cari tahu contoh kuesioner kepuasan pengguna termasuk aktivitas upaya nan cukup krusial agar Anda dapat membikin kuesioner kepuasan pengguna sendiri untuk bisnis.

Kuesioner kepuasan pengguna ini berfaedah bukan hanya mengetahui produk alias jasa mana nan menjadi favorit pelanggan, melainkan juga bisa menjadi tolok ukur upaya untuk melakukan pembaruan upaya termasuk izin upaya jika saran dan kritik nan diajukan pengguna berangkaian dengan pelayanan karyawan.

Gak asal-asalan dapat membikin kuesioner kepuasan pelanggan. Harus ada format unik nan paten sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang. Oleh lantaran itu, mari simak contoh kuesioner kepuasan pengguna berikut ini dan langkah membuatnya.

Baca juga: Skill dan Tugas Customer Service Profesional

Pengertian Kuesioner Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pengguna adalah kondisi di mana pengguna merasa puas setelah membeli dan menggunakan produk alias jasa perusahaan Anda. Secara spesifik belum ada nan bisa mendeskripsikan gimana rasa puas nan dimaksud.

Akan tetapi, ada beberapa aspek nan dapat mempengaruhi kepuasan pengguna misalnya saja seperti kegunaan dan kualitas produk itu sendiri, nilai nan ditawarkan, komparasi produk dengan pesaing hingga merasa puas dengan pelayanan tenaga kerja perusahaan.

Berangkat dari sana maka bisa disimpulkan bahwa kuesioner kepuasan pengguna merupakan survey nan berisi pertanyaan nan ditujukan kepada pengguna untuk memberikan nilai terhadap produk dan pelayanan perusahaan.

Adapun 4 parameter sederhana nan bisa dijadikan tolok ukur kepuasan pengguna antara lain:

  • Pelanggan membeli dan menggunakan produk Anda secara terus-menerus
  • Pelanggan merekomendasikan produk kepada orang lain
  • Pelanggan mengungkapkan rasa puasnya secara langsung dengan memberikan review bagus
  • Pelanggan berekspektasi terhadap kemajuan produk alias jasa Anda.

Kenapa krusial membikin kuesioner alias survey kepuasan pelanggan? Karena Anda dapat meningkatkan kualitas produk dan pelayanan upaya sesuai dengan kebutuhan pengguna dan konsumen produk Anda secara langsung.

Dengan begitu, semakin Anda mempertimbangkan angan dan kebutuhan pengguna maka semakin besar rasa pengguna merasa didengar oleh perusahaan sehingga menciptakan rasa loyal pengguna dengan tetap menggunakan produk perusahaan Anda.

Baca juga: Panduan dan Cara Mengatasi Komplain Pasien di Rumah Sakit

Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan

Supaya Anda mendapatkan info nan jeli dan berpengaruh langsung terhadap peningkatan upaya alias produk Anda, maka dari itu Anda perlu mempertimbangkan format dan pertanyaan nan bakal diajukan kepada pelanggan. Berikut ini contoh-contoh kuesioner kepuasan pengguna berasas industrinya.

1. Contoh Kuesioner Kepuasan Konsumen terhadap Produk Makanan

Beberapa komponen krusial nan bisa Anda tanyakan kepada konsumen setelah mengonsumsi produk makanan perusahaan Anda ialah kualitas rasa makanan, nilai makanan, komparasi rasa dengan nilai nan ditawarkan, kreasi tata letak makanan alias kreasi bungkusan hingga pelayanan karyawannya.

Berikut ini contoh kuesioner kepuasan konsumen terhadap produk makanan sigap saji, antara lain sebagai berikut:

  • Apakah kreasi bungkusan produk makanan sigap saji rapi? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah nilai makanan terjangkau dan sebanding dengan rasanya? Jawaban: Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah rasa makanan tersebut enak? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah pelayanan tenaga kerja perusahaan sopan, ramah dan memuaskan? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah Anda bakal merekomendasikan produk ini kepada orang lain? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju

2. Contoh Survey Kepuasan Pelayanan terhadap Pelanggan Belanja Online

Industri e-commerce nan sedang maju saat ini juga tetap perlu membikin survey kepuasan pelanggan. Khusus shopping online, poin krusial nan umum ada di survey kepuasan pengguna antara lain komentar tentang kualitas produk, nilai produk, komparasi antara nilai dan kualitas produk hingga pelayanan customer service dan security tim ekspedisi.

Berikut ini contoh survey kepuasan pelayanan terhadap pengguna shopping online, antara lain sebagai berikut:

  • Apakah nilai produk sesuai dengan kualitas? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah produk nan Anda terima merupakan peralatan original berbobot terbaik? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah customer service memberikan info dan pelayanan dengan tepat dan benar? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah promo nan toko tawarkan menarik? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah Anda bakal merekomendasikan produk dan toko kami kepada orang lain? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju

3. Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Jasa Aplikasi

Sementara itu, contoh kuesioner kepuasan pengguna terhadap pelayanan jasa adalah jasa penyedia aplikasi sesuai dengan kemajuan teknologi dan sistem digitalisasi saat ini.

Adapun poin-poin nan umum ada pada kuesioner kepuasan pengguna jasa aplikasi ialah mengenai fitur nan ada pada aplikasi, apakah aplikasi tersebut user friendly, hingga gimana tampilan user alias user interface (UI).

Berikut ini contoh kuesioner kepuasan pengguna terhadap pelayanan jasa aplikasi, antara lain sebagai berikut:

  • Apakah aplikasi ini mudah dipelajari dan digunakan? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah tampilan user interface aplikasi ini mudah dipahami? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah aplikasi ini dapat memudahkan pekerjaan Anda? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju
  • Apakah Anda bakal merekomendasikan aplikasi ini kepada orang lain? Jawaban : Setuju/Kurang Setuju/Tidak Setuju

Baca juga: Otoklix for Business Utamakan Respons Cepat untuk Masalah Mobil Klien

Demikianlah contoh kuesioner kepuasan pengguna sesuai industrinya nan bisa Anda ikuti contoh formatnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jika perusahaan Anda sedang mencari bengkel unik nan bisa merawat dan memelihara mobil operasional perusahaan, Anda bisa mempercayakannya kepada Bengkel Otoklix.

Bengkel Otoklix mempunyai program unik Otoklix for Business nan diperuntukkan unik untuk pengguna perusahaan nan perlu merawat seluruh kendaraan operasional perusahaannya.

Untuk info lebih lanjut mengenai Otoklix for Business, silakan download aplikasi Otoklix. Anda juga bisa menghubungi Tim OtoBuddy melalui WA 0811-920-025.

Pertanyaan Seputar Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan :


Kuesioner kepuasan pengguna merupakan survey nan berisi pertanyaan nan ditujukan kepada pengguna untuk memberikan nilai terhadap produk dan pelayanan perusahaan.


Indikator kepuasan pengguna antara lain pengguna membeli dan menggunakan produk Anda secara terus-menerus, pengguna merekomendasikan produk kepada orang lain, pengguna mengungkapkan rasa puasnya secara langsung dengan memberikan review bagus, dan pengguna berekspektasi terhadap kemajuan produk alias jasa Anda.


Beberapa komponen krusial nan bisa Anda tanyakan kepada konsumen setelah mengonsumsi produk makanan perusahaan Anda ialah kualitas rasa makanan, nilai makanan, komparasi rasa dengan nilai nan ditawarkan, kreasi tata letak makanan alias kreasi bungkusan hingga pelayanan karyawannya.

Selengkapnya
Sumber Info Bisnis Otoklix
Info Bisnis Otoklix