Cara Menghilangkan Air yang Masuk ke Lubang Pengecas HP

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

Unduh PDF

Unduh PDF

Apa nan kudu dilakukan ketika ponsel basah terkena air? Metode paling andal untuk menghilangkan air nan masuk ke porta (port) pengecas ponsel adalah mematikan perangkat dan membiarkannya betul-betul kering. Walaupun ponsel basah bisa membikin Anda sangat khawatir, banyak ponsel pandai (smartphone) modern nan rapat dan tahan air. Namun, walaupun Anda mempunyai ponsel tahan air, Anda tetap kudu mengeringkan porta pengecas dan komponen lain secara penuh sebelum menyalakan ponsel alias mengecasnya. Lanjutkan membaca tulisan wikiHow ini untuk mengetahui langkah teraman menghilangkan air nan masuk ke dalam porta pengecas Android alias iPhone dan mencegah kerusakan lantaran air.

Hal nan Perlu Anda Ketahui

  • Langsung matikan dan keringkan ponsel menggunakan kain tanpa serat.
  • Letakkan perangkat di tempat nan mempunyai ventilasi baik dan biarkan mengering selama minimal 5 jam.
  • Untuk menghilangkan air nan masuk ke dalam ponsel, ketukkan ponsel ke tangan secara perlahan dengan porta pengecas menghadap ke bawah agar ainya menetes.
  • Jangan mempercepat pengeringan menggunakan beras. Sebagai gantinya, tempatkan ponsel di dalam ruangan nan telah dipasang kipas angin, dan/atau tempatkan beberapa kantong silika di dekat porta pengecas.
  1. Gambar berjudul Get Water Out of Charging Port Step 1

    1

    Matikan ponsel dengan segera. Walaupun ponsel Anda tahan air, langsung matikan perangkat nan basah. Tahan kemauan untuk menyalakan ponsel kembali sebelum porta pengecas, colokan headphone, dan komponen lain betul-betul kering.

    • Jika ada barang nan menancap pada ponsel ketika porta pengecas basah (misalnya kabel pengecas alias casing pengecas baterai), cabut juga semuanya.
    • Jika seluruh bagian ponsel basah (bukan hanya porta pengecasnya), keluarkan baki kartu SIM, kartu SIM, dan semua kartu memori eksternal. Apabila baterai pada perangkat Android Anda bisa dilepas, keluarkan baterainya sekarang juga.
  2. Gambar berjudul Get Water Out of Charging Port Step 2

    2

    Keringkan semua air nan terlihat menggunakan handuk tanpa serat. Lap semua bagian tablet alias ponsel dengan handuk nan kering, bersih, dan tanpa serat. Bahan nan bagus untuk keperluan ini adalah kain mikrofiber lantaran mempunyai daya serap nan tinggi dan mudah kering. Terus seka perangkat semampu Anda sampai semua air hilang.

  3. Gambar berjudul Get Water Out of Charging Port Step 3

    3

    Ketukkan ponsel ke tangan secara perlahan dengan porta pengecas menghadap ke bawah. Hadapkan porta pengecas ke bawah sebelum Anda mengetukkan perangkat ke tangan. Jika portanya dihadapkan ke atas, air bakal masuk lebih jauh ke dalam ponsel. Terus ketukkan ponsel ke tangan sampai semua air menetes keluar.[1]

  4. Gambar berjudul Get Water Out of Charging Port Step 4

    4

    Tempatkan ponsel di ruangan dengan ventilasi nan baik dan biarkan mengering. Metode terbaik mengeluarkan air dari porta pengecas adalah membiarkannya menguap sendiri. Sirkulasi udara nan baik bisa mengeringkan porta secara lebih cepat. Jadi, biarkan ponsel mengering sendiri di ruangan nan dilengkapi kipas angin, dehumidifier (alat penurun kelembapan), alias sumber udara bergerak lain.[2]

    • Jika tidak ada kipas angin, cobalah mengeringkan porta pengecas di dekat peralatan listrik nan mempunyai ventilasi pembuangan, misalnya di bagian belakang komputer alias televisi.[3] Jangan menggunakan aliran udara nan sangat panas (misalnya pengering rambut), alias menempatkan ponsel di dekat pemanas.
    • Jika memungkinkan, jagalah agar porta pengecas menghadap ke bawah saat Anda mengeringkannya.
  5. Gambar berjudul Get Water Out of Charging Port Step 5

    5

    Biarkan ponsel mengering selama setidaknya 5 jam sebelum Anda menyalakannya lagi. Apple menyarankan agar Anda membiarkan ponsel mengering selama 5 jam sebelum menyalakannya lagi alias menancapkan kabel pengecas ke porta Lightning.[4] Rekomendasi untuk perangkat Android bakal bervariasi, tetapi menunggu selama 5 jam sudah cukup lama untuk membikin porta pengecas ponsel betul-betul kering.

    • Jangan terburu-buru menyalakan ponsel untuk mencegah kerusakan.
    • Setelah porta pengecas dibiarkan mengering dalam waktu nan lama, nyalakan ponsel dan perhatikan apakah ada peringatan "Liquid Detected" (terdeteksi cairan). Jika peringatan ini muncul, segera matikan ponsel, dan tunggu beberapa jam lagi sampai ponsel betul-betul kering.
    • Jangan memilih "Emergency Override" nan bakal membiarkan ponsel basah mengisi daya. Tindakan ini bisa merusak ponsel.
    • Jika ponsel terendam, mungkin bakal ada banyak air nan masuk dan tidak terlihat. Biarkan ponsel mengering selama 24-48 jam jika kondisinya sangat parah.
  6. Gambar berjudul Get Water Out of Charging Port Step 6

    6

    Percepat proses pengeringan. Apabila tetap ada air di dalam porta pengecas, Anda bisa mencoba beberapa langkah lain:

    • Jika ponsel tidak bisa kering, walaupun Anda telah membiarkannya dalam waktu nan sangat lama, tempatkan beberapa kantong gel silika di sekitar bagian bawah ponsel untuk menyerap cairan. Anda juga bisa memasukkan ponsel ke dalam wadah nan bisa ditutup rapat berbareng beberapa kantong silika (setelah membiarkan ponsel mengering sendiri) untuk menyerap lebih banyak cairan.
    • Gunakan semprotan udara bertekanan tinggi untuk mengeluarkan air nan tersisa di dalam porta pengecas. Semprotkan udara bertekanan secara lembut dan singkat, nan dilakukan hanya satu alias dua kali dalam jarak beberapa sentimeter.[5]

    Iklan

  1. Gambar berjudul Get Water Out of Charging Port Step 7

    1

    Jangan menempatkan ponsel di bawah paparan sinar mentari langsung untuk mengeringkannya. Tidak masalah jika Anda mengeringkan ponsel di luar ruangan ketika cuaca sedang panas, tetapi jangan menempatkannya di suhu nan ekstrem. Menjemur ponsel di bawah sinar mentari langsung bisa membikin perangkat tersebut terlalu panas (overheat) dan mengalami kerusakan nan lebih parah.

  2. Gambar berjudul Get Water Out of Charging Port Step 8

    2

    Jangan menempatkan ponsel di dalam beras. Walaupun air nan terdapat di dalam porta pengecas susah dikeluarkan, menempatkan ponsel di dalam butiran beras tidak bakal mempercepat pengeringan.[6] Selain itu, debu alias partikel mini beras bisa masuk ke dalam porta pengecas dan lubang lain, nan akhirnya menyebabkan kerusakan.

    • Sebagai gantinya, gunakan kantong gel silika. Partikel lembut silika nan dikemas di dalam kantong tidak bakal bisa masuk ke dalam ponsel dan merusaknya.
  3. Gambar berjudul Get Water Out of Charging Port Step 9

    3

    Hindari memasukkan barang asing ke dalam porta pengecas. Memasukkan sesuatu ke dalam porta pengecas ponsel adalah tindakan jelek lantaran bisa mendorong cairan masuk lebih dalam. Cotton bud, tusuk gigi, alias tisu bisa merusak porta pengecas.

  4. Gambar berjudul Get Water Out of Charging Port Step 10

    4

    Jangan menggunakan pengering rambut. Panas nan dihasilkan pengering rambut bisa merusak onderdil elektronik di dalam perangkat Android alias iPhone. Jika air nan tersisa di dalam porta pengecas tetap banyak setelah Anda melakukan langkah-langkah di tulisan ini, Anda bisa meniup lubang porta secara lembut dengan mulut. Namun, jangan sampai ludah Anda masuk ke dalam porta. Anda juga bisa menggunakan semprotan udara bertekanan secara lembut.

    Iklan

  1. Gambar berjudul Get Water Out of Charging Port Step 11

    1

    Ada beberapa tanda nan menunjukkan bahwa ponsel telah basah dalam waktu nan lama dan mengalami kerusakan secara terus-menerus. Apabila ponsel menunjukkan salah satu tanda di bawah ini (setelah Anda mengeluarkan air di porta pengecas), lebih baik Anda membawanya ke jasa perbaikan ponsel:

    • Porta pengecas mengalami korosi.
    • Ponsel tidak menyala, alias menyala tetapi layarnya tetap gelap.
    • Ponsel mudah panas, nan menandakan baterainya sudah rusak terkena air.
    • Speaker mengeluarkan bunyi aneh, misalnya salah satunya berfaedah dan nan lain tidak.
    • Layar seperti berkabut dan tidak dapat dihilangkan.
    • Ponsel menampilkan pesan "No SIM Card" (tidak ada kartu SIM), walaupun Anda telah memasangnya.
  • Anda bisa mengecas perangkat Android alias iPhone tanpa menggunakan kabel, alih-alih memakai pengecas berkabel sebelum portanya kering.[7]

Iklan

Halaman ini telah diakses sebanyak 12.479 kali.

Apakah tulisan ini membantu Anda?

Selengkapnya
Sumber wikihow
wikihow