Cara Mengetahui Kenapa Instagram Stories Buram

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Unduh PDF

Cara mudah memperbaiki kualitas IG Story

Unduh PDF

Apakah IG Story Anda mendadak jadi buram? Terkadang, foto alias video terlihat bagus di kamera ponsel, tetapi jadi buram saat diunggah ke Story (Instagram Story). Untunglah, IG Story nan buram bisa diperbaiki dengan beberapa langkah mudah. Mungkin masalahnya terletak pada aplikasi instagram alias justru pada android, iPhone, alias iPad. Apa pun itu, tulisan wikiHow ini bakal membantu Anda mengetahui penyebab IG story buram.

Hal nan Perlu Anda Ketahui

  • Sambungkan perangkat ke Wi-Fi sebelum mengunggah IG Story untuk memastikan Anda mendapatkan kualitas terbaik.
  • Jika Anda memakai Android, buka aplikasi kamera bawaan untuk mengambil foto alias video, lampau unggah ke dalam IG Story.
  • Aktifkan pengunggahan kualitas tinggi dan matikan fitur Penghemat Data untuk memastikan bahwa Anda bisa mengunggah gambar alias video berbobot tertinggi menjadi IG Story.
  1. Gambar berjudul Why Are My IG Stories Blurry Step 1

    1

    Buruknya hubungan internet adalah salah satu argumen nan paling umum ditemukan di kembali foto IG nan buram. Ya, hubungan internet nan jelek dapat memengaruhi kualitas IG Story Anda maupun orang-orang lainnya dalam aplikasi Instagram. Pastikan Anda terhubung dengan Wi-Fi saat sedang posting dan memandang IG Story.

    • Kalau tampilan IG Story tersebut tetap buram meskipun Anda sudah terhubung dengan Wi-Fi, lakukan uji kecepatan untuk memeriksa kualitas sambungan internet.
    • Jika Anda mencurigai hubungan internet sebagai biang kerok masalah tampilan IG Story, coba nyalakan Mode Pesawat, lampau matikan. Tindakan ini terkadang bisa membantu perangkat Anda mencari lagi hubungan nan lebih kuat dan stabil.

    Iklan

  1. Gambar berjudul Why Are My IG Stories Blurry Step 2

    1

    Aplikasi IG nan sudah kedaluwarsa turut berkedudukan menyebabkan IG Story nan buram dan masalah lainnya. Kalau Anda belum memperbarui aplikasi Instagram, kunjungi App Store (iPhone/iPad) alias PlayStore (Android) untuk memeriksa pembaruannya.

  1. Gambar berjudul Why Are My IG Stories Blurry Step 3

    1

    Banyak pemakai Android menyadari bahwa hasil kamera IG tidaklah sebagus foto hasil jepretan aplikasi kamera. Di beberapa Android, penyebabnya adalah ketidakmampuan aplikasi IG untuk mengakses aplikasi kamera bawaan. Akhirnya, kamera IG mengambil "tangkapan layar" jendela bidik kamera dan hasil fotonya jelas berbobot lebih rendah. Jika Anda punya Android, gunakan kamera bawaan ponsel alias tablet untuk mengambil foto alias video rekaman, lampau unggah ke dalam IG Story. Hasilnya bakal lebih bagus daripada menggunakan kamera bawaan IG Story.

    Iklan

  1. Gambar berjudul Why Are My IG Stories Blurry Step 4

    1

    Membersihkan memori singgahan alias cache aplikasi IG dapat membantu memperbaiki IG Story nan buram di Android. Sayangnya, perihal ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna Android. Jika Anda pengguna iPhone dan percaya bahwa masalahnya terletak pada cache, Anda perlu memasang ulang Instagram. Untuk membersihkan cache IG di Android:

    • Buka Setting Android.
    • Ketuk Apps alias Apps & notifications, tergantung jenis Android Anda.[1]
    • Ketuk Instagram. Jika Anda tidak melihatnya, pertama-tama ketuk All Apps.
    • Ketuk Storage alias Storage & cache.
    • Ketuk Clear cache dan konfirmasikan.
  1. Gambar berjudul Why Are My IG Stories Blurry Step 5

    1

    Perhatikan apakah IG baik-baik saja dan melangkah normal. Kalau IG Story Anda buram, bisa jadi masalahnya justru pada aplikasi pada Instagram, bukan Anda. Aplikasi IG nan bermasalah menyulitkan Anda mengunggah alias menikmati IG Story apa pun secara utuh. Beberapa tempat nan perlu Anda periksa untuk mengetahui kondisi aplikasi IG dan pembaruan statusnya:

    • Akun resmi IG di X (dulu Twitter): https://twitter.com/Instagram
    • Down Detector: https://downdetector.com/status/instagram/
    • Anda juga bisa memanfaatkan kolom pencarian di X dengan kata "Instagram" untuk mengetahui apakah pengguna lain juga mengalami masalah serupa.

    Iklan

  1. Gambar berjudul Why Are My IG Stories Blurry Step 6

    1

    Aktifkan "Upload at highest quality" untuk memastikan IG Story Anda bisa terunggah apa adanya. Jika Anda tidak mengatur IG untuk mengunggah dengan kualitas terbaik, tentunya kualitas IG Story Anda bakal turun saat hubungan internet buruk. Unggahan berbobot tinggi diaktifkan dengan cara:

    • Ketuk ikon profil Anda di perspektif kanan bawah Instagram.
    • Ketuk menu tiga baris dan pilih Settings (Pengaturan).
    • Ketuk Account (Akun).
    • Ketuk Data usage (Penggunaan Data Seluler).
    • Kalau tombol "Upload at highest quality" (Unggah dalam kualitas tertinggi) dalam kondisi mati, ketuk untuk menghidupkannya. Setelah Anda mengaktifkan pengaturan ini, IG tak bakal lagi menekan resolusi konten Anda sekalipun dalam hubungan nan buruk.
    • Anda juga perlu tahu bahwa pengunggahan IG Story bakal butuh waktu lebih lama mengingat ukurannya nan lebih besar.
  1. Gambar berjudul Why Are My IG Stories Blurry Step 7

    1

    Ketika Data Saver aktif, IG Story Anda bakal buram saat diunggah dengan info seluler. FItur ini memang didesain untuk membantu Anda meminimalkan penggunaan info seluler di Instagram, nan memang berfaedah jika info Anda terbatas. Jika info Anda benar-benar tidak terbatas, matikan saja fitur ini untuk memastikan Anda bisa selalu mengunggah IG Story nan bening dan jelas dari letak mana pun. Begini caranya:

    • Ketuk ikon profil di perspektif kanan bawah Instagram.
    • Ketuk menu tiga baris dan pilih Settings (Pengaturan).
    • Ketuk Account (Akun).
    • Ketuk Data usage (Penggunaan Data Seluler).
    • Jika "Use less cellular data" (Gunakan Data Lebih Sedikit) belum diaktifkan, geser untuk memfungsikannya.

    Iklan

  1. Gambar berjudul Why Are My IG Stories Blurry Step 8

    1

    Instagram membatasi besar unggahan hingga 30MB untuk foto dan 4GB untuk IG Story. Jika kamera nan Anda gunakan berbobot sangat tinggi, bisa jadi hasilnya juga terlalu tinggi untuk ukuran IG Story. Ketika foto alias video Anda melampaui pemisah tersebut, IG bakal mengompresinya. Alhasil, IG Story Anda jadi buram.[2] Anda bisa memperbaiki masalah ini dengan menurunkan ukuran foto dan video sebelum mengunggahnya.

    • Untuk kualitas terbaik, IG menyarankan video diunggah vertikal (seperti nan ditambahkan ke IG Story) pada resolusi 1080 x 1920 px dan 30 fps.[3]
  1. Gambar berjudul Why Are My IG Stories Blurry Step 9

    1

    Batasi jumlah musik dan stiker dalam IG Story. IG memang menawarkan banyak pilihan menarik untuk membantu Anda membikin Story sesuai keinginan. Namun, menambahkan terlalu banyak lonceng dan peluit ke dalam Story dapat membatasi kualitas gambar dan menghasilkan gambar nan buram. Cobalah hanya meletakkan sedikit stiker alias lagu pada Story Anda.

    Iklan

  1. Gambar berjudul Why Are My IG Stories Blurry Step 10

    1

    Utak-atik pengaturan kamera ponsel Anda. Saat menggunakan aplikasi Camera di Android ataupun iPhone, bisa jadi ada beberapa pengaturan nan punya andil menyebabkan hasil foto jadi buram. Jika ini masalahnya, tentu saja Anda dapat menandainya ketika memandang foto-foto dalam galeri ponsel.

    • Artikel wikiHow ini bakal membantu Anda mendapatkan foto terbaik dengan kamera ponsel!
  1. Gambar berjudul Why Are My IG Stories Blurry Step 11

    1

    Hapus dan pasang ulang aplikasi Instagram. Jika dari sekian saran kami di atas belum juga bisa mengatasi masalah buramnya IG Story, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk mencopot dan memasang ulang aplikasi tersebut di ponsel ataupun tablet. Memang tidak ada agunan langkah itu bakal berhasil, tetapi Anda bakal mendapatkan salinan aplikasi nan bersih, sehingga membuka kemungkinan bisa menyelesaikan masalah-masalah mengenai kualitas.

    Iklan

Halaman ini telah diakses sebanyak 279 kali.

Apakah tulisan ini membantu Anda?

Selengkapnya
Sumber wikihow
wikihow