Unduh PDF
Unduh PDF
Apakah layar ponsel menjadi gelap, padahal ponsel tetap menyala? Layar hitam alias BSOD (black screen of death) bisa sangat menjengkelkan lantaran layar menjadi gelap dan tidak merespons. Sebelum membawanya ke tukang servis ponsel, cobalah menjalankan pedoman sederhana ini agar ponsel berfaedah kembali. Baca terus tulisan wikiHow ini untuk mengetahui hal-hal nan membikin layar ponsel menjadi hitam ketika perangkat tetap menyala, dan langkah mengatasinya.
Hal nan Perlu Anda Ketahui
- Layar hitam ketika ponsel menyala terjadi lantaran ada galat pada aplikasi, masalah baterai, alias masalah mekanis di layar ponsel.
- Pada Android, tekan dan tahan tombol daya dan volume bawah selama 7 hingga 10 detik untuk memulai ulang perangkat secara paksa (force restart).
- Pada iPhone, mulai ulang perangkat secara paksa dengan menekan dan melepas tombol volume atas, menekan dan melepas tombol volume bawah, kemudian menekan dan menahan tombol samping.
-
1
BSOD terjadi ketika layar perangkat menjadi hitam, tetapi ponsel sebenarnya tetap menyala. Layar iPhone alias Android mungkin menjadi hitam pekat, alias hitam dengan semburat sinar pada latar belakang. Kondisi ini biasanya membikin ponsel betul-betul tidak merespons, dan layar sentuh alias tombol volume dan daya menjadi tidak berfungsi.
- Pada Android, mungkin Anda bakal memandang LED notifikasi tetap berkedip alias apalagi mendengar suara, nan menunjukkan bahwa ponsel tetap menyala.
- Pada iPhone, mungkin ponsel bakal terasa panas ketika disentuh, padahal layarnya gelap.
- Ponsel terkadang menunjukkan beberapa indikasi sebelum layarnya berubah hitam. Sebagai contoh, ponsel menjadi macet, memulai ulang (restart) sendiri, sangat lambat, alias bermasalah.
-
2
Penyebab
- Baterai alias pengecasnya bermasalah.
- Sistem operasi belum diperbarui.
- Ada aplikasi nan rusak alias bermasalah.
- Malware dan virus. Kondisi ini kemungkinan besar terjadi andaikan Anda telah me-root perangkat Android, alias men-jailbreak iPhone, alias baru memasang berkas APK.
- Masalah mekanis.
Iklan
-
1
Mulai ulang ponsel secara paksa. Apabila layar ponsel menjadi gelap dan tidak bisa merespons sentuhan dan tekanan tombol, mulai ulang perangkat secara paksa dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini:
-
Android: Tekan dan tahan tombol daya selama 7 hingga 10 detik, alias sampai ponsel mati. Apabila langkah ini gagal, tekan dan tahan tombol volume bawah dan daya secara berbarengan selama kira-kira 10 detik.[1]
- Cara lain, andaikan baterai pada ponsel Android bisa dilepas, cobalah mengeluarkan baterai dan biarkan selama beberapa detik.
-
iPhone:
- iPhone 8 dan nan lebih baru (termasuk iPhone SE generasi kedua dan ketiga): Tekan dan lepaskan volume atas, tekan dan lepaskan volume bawah, kemudian tekan dan tahan tombol samping. Setelah logo Apple muncul, Anda bisa melepaskan tombol samping.[2]
- iPhone 7 dan 7 Plus: Tekan dan tahan volume bawah dan tombol samping secara bersamaan. Setelah logo Apple muncul, Anda bisa melepaskan semua tombol.
- iPhone 6S, iPhone SE generasi pertama, dan nan lebih lama: Tekan dan tahan tombol Home dan tombol atas alias samping secara bersamaan. Lepaskan tombol jika Anda memandang logo Apple di layar ponsel.
-
Android: Tekan dan tahan tombol daya selama 7 hingga 10 detik, alias sampai ponsel mati. Apabila langkah ini gagal, tekan dan tahan tombol volume bawah dan daya secara berbarengan selama kira-kira 10 detik.[1]
-
2
Isilah daya ponsel selama setidaknya 30 menit. Apabila ponsel tidak bisa dimulai ulang secara paksa alias layarnya tidak hidup, hubungkan ponsel ke pengecas dan isilah dayanya selama sekitar 30-60 menit sebelum Anda mencoba kembali.
- Jika tetap gagal, biarkan baterainya terkuras habis, lampau isi ulang dayanya.
-
3
Cobalah menekan bagian samping ponsel. Jika ponsel dan layar tidak terhubung dengan baik, mungkin Anda bisa menghubungkannya lagi untuk sementara dengan menekan bagian samping, bagian atas, dan bagian bawah ponsel secara perlahan.
- Jika tindakan ini bisa mengatasi masalah, mungkin hubungan ke layar ponsel terputus alias mengalami korsleting sehingga layar tidak mendapatkan daya. Jika perihal ini terjadi, Anda kudu membawa ponsel ke jasa perbaikan profesional.
-
4
Lepaskan dan pasang kembali baterai, kartu SIM, dan kartu SD (pada Android). Baterai internal pada kebanyakan perangkat Android baru biasanya tidak bisa dilepas. Jika baterainya dapat dilepas, Anda bisa melakukannya sekarang. Keluarkan juga kartu SIM dan kartu SD (apabila ada). Pasang kembali semuanya dan cobalah menyalakan kembali ponsel.
-
5
Bersihkan porta (port) pengecas dan isilah daya ponsel. Pengisian daya nan bermasalah merupakan salah satu perihal nan sering menyebabkan layar hitam. Apabila ponsel tidak bisa mengisi daya dengan benar, cobalah membersihkan porta pengecas dengan sikat nan bersih, kering dan berbulu lembut (misalnya sikat gigi nan tetap baru). Selanjutnya, tancapkan kembali kabel pengecas dan isilah daya ponsel.
-
6
Pastikan tombol ponsel tidak macet. Ketika membersihkan porta pengecas, periksa juga tombol daya dan volume apakah macet alias tidak. Jika tombolnya macet, cobalah membersihkannya dengan cotton bud alias kain mikrofiber.
- Apabila tombolnya lengket, Anda bisa membersihkannya menggunakan tisu basah nan mengandung alkohol alias kain mikrofiber nan telah dibasahi alkohol 70%. Pastikan ponsel betul-betul telah mati. Jangan menyalakan ponsel jika belum kering.
-
7
Lakukan but (boot) pada ponsel untuk masuk ke safe mode (Android). Jika ada aplikasi nan membikin layar ponsel menjadi hitam saat tetap menyala, Anda bisa menempatkan ponsel ke safe mode sehingga perangkat hanya memuat hal-hal nan dibutuhkan agar bisa berfungsi. Aplikasi pihak ketiga tidak bisa memengaruhi ponsel jika Anda menjalankannya dalam safe mode:[3]
- Apabila ponsel tetap menyala: Tekan dan tahan tombol daya dan volume atas, lampau sentuh Restart alias Power Off.
- Jika ponsel mati: Tekan tombol daya. Ketika muncul animasi, tekan dan tahan volume bawah sampai animasinya berhenti.
- Ketika masuk dalam Safe Mode, Anda bisa memperbarui aplikasi melalui Play Store, serta sistem operasi Android ponsel.
- Anda juga bisa menghapus aplikasi nan baru dipasang dan membikin masalah ini muncul. Apabila ada aplikasi nan dipasang menggunakan berkas APK, Anda juga kudu menghapusnya.
-
8
Hapus tembolok (cache) partisi ponsel (Android). Untuk menghapus tembolok partisi pada ponsel Android, Anda kudu menyetel ponsel ke recovery mode (modus pemulihan) terlebih dahulu. Cara melakukannya bakal berbeda-beda, tergantung model ponsel nan digunakan. Setelah itu, jelajahi menunya menggunakan tombol volume atas alias bawah. Pilih opsi untuk menghapus tembolok partisi, lampau tekan tombol daya.
- Pada umumnya, Anda bisa masuk ke recovery mode dengan mematikan perangkat, kemudian menekan dan menahan tombol volume bawah dan daya secara berbarengan ketika ponsel melakukan but. Beberapa ponsel mungkin mengharuskan Anda untuk menggunakan tombol volume atas, volume bawah, dan daya, alias volume atas/bawah, Home, dan daya.
-
9
Perbarui sistem operasi dan aplikasi (untuk iPhone). Setelah layar ponsel berfaedah lagi, periksa dan pasang pembaruan aplikasi melalui App Store. Anda bisa memperbarui iOS melalui Settings.
-
10
Lakukan factory reset pada ponsel. Tindakan ini bakal menghapus seluruh info nan ada di ponsel dan mengembalikannya ke kondisi semula (saat kali pertama Anda membelinya). Jika memungkinkan, cadangkan (backup) semua info pada ponsel sebelum Anda melakukan factory reset (mengembalikan perangkat ke setelan pabrik). Lakukan salah satu langkah di bawah ini untuk melakukan factory reset:
- Android: Buka Settings dan sentuh System alias General Management. Setelah itu, sentuh Reset > Reset all info (factory reset) > Reset Phone.
- iPhone: Buka Settings, lampau sentuh General > Transfer or reset iPhone > Erase all content and Settings dan ikuti petunjuk nan diberikan.[4]
Iklan
-
1
Jika pedoman di tulisan ini tidak sukses membikin ponsel berfaedah kembali, Anda kudu membawanya ke jasa perbaikan profesional. Apabila Anda membeli ponsel dari penyedia jasa seluler, hubungi mereka untuk mencari tahu apakah ponsel tetap dalam masa garansi. Jika menggunakan iPhone, Anda bisa meminta agenda perbaikan di https://support.apple.com/iphone/repair.
Halaman ini telah diakses sebanyak 5.932 kali.