Apa Itu Pitcher? Kenali Tugas dan Perannya pada Baseball!

Sedang Trending 7 bulan yang lalu

Dalam permainan baseball alias softball, tentu terdapat beberapa pemain dengan peran nan berbeda-beda, bukan? Contohnya adalah seorang pitcher. Namun, beberapa orang mungkin belum memahami apa itu pitcher, dan apa kegunaan peran tersebut dalam olahraga baseball alias softball.

Ketahui selengkapnya melalui penjelasan berikut ini, ya.

Apa Itu Pitcher?

Jika Anda mau mencoba olahraga ini, wajib hukumnya untuk mengetahui apa nan dimaksud dengan pitcher dalam permainan softball. Pasalnya, pitcher merupakan posisi nan penting, karena dia bekerja untuk melempar bola ke arah pemukul. Itulah sebabnya, pitcher juga sering orang-orang sebut sebagai pelempar bola. 

Permainan softball alias baseball hanya dapat berjalan andaikan seorang pelempar bola telah melemparkan bola ke arah pemukul alias batter. Seorang nan berkedudukan sebagai batter wajib memukul bola nan pitcher lempar, dan pemukul mempunyai kesempatan memukul bola sebanyak empat ball.

Apa saja Tugas Seorang Pitcher?

Selain mengetahui apa itu pitcher, tentu sekarang Happyfitters bertanya-tanya, apakah seorang pelempar bola hanya bekerja untuk melempar bola? Jawabannya adalah tidak. Meskipun melempar bola merupakan spesialisasinya, tetapi dia juga wajib melakukan empat tugas lainnya.

  • Membantu pemain lain di area belakang home plate.
  • Mengawasi base pertama ketika penjaga base pertama bekerja mengambil bola.
  • Menjaga base kedua serta ketiga.
  • Membantu mengawasi belakang lemparan ke arah home plate.

Dari sejumlah tugas nan kudu dia lakukan tersebut, tentu dia wajib mempunyai stamina nan prima, apalagi kudu lebih baik dari pemain lainnya. Sebab, pelempar bola kudu bisa mempertahankan permainannya sejak inning pertama hingga inning terakhir, sehingga wajib baginya untuk konsentrasi dan teliti saat permainan.

Dimana sih Posisi Pelempar Bola?

Selain arti dari apa itu pitcher beserta tugasnya, Happyfitters juga kudu mengerti posisinya saat permainan berlangsung. Pelempar bola wajib berada pada posisi nan telah ditentukan. Permainan softball mengharuskan pelempar menginjakkan kakinya di atas pitcher plate nan berukuran 60×15 cm.

Sementara itu, sasaran pitcher adalah menghasilkan lemparan bola hingga menyentuh strike zone. Strike zone merupakan area nan terletak di antara dengkul batter hingga area tengah punggungnya. Oleh karena itu, lemparannya hanya dapat Anda katakan sah andaikan pitcher melempar tepat menuju area tersebut.

Baca Juga: Mau Jago Main Voli? Hindari 18 Kesalahan dalam Bermain Voli Ini!

Latihan Menjadi Seorang Pelempar Bola

Nah, untuk dapat menjalankan tugas sebagai seorang pelempar bola, Anda wajib melakukan enam langkah berikut ini.

  • Pertama, berdirilah tegak dan fokuskan pandangan ke arah batter.
  • Lalu, letakkan bola di tangan kanan dan glove di tangan kiri.
  • Pegang bola di depan tubuhmu, kemudian injak pitcher plate ketika siap melempar bola.
  • Posisikan tangan untuk memegang bola sedemikian rupa hingga bisa Anda putar 360 derajat ke belakang.
  • Lepaskan bola saat posisi telah sejajar dengan pinggul.
  • Terakhir, langkahkan kedua kakimu ke depan, dan jadikan berat badan bertumpu pada kaki bagian depan agar tenaga dapat terkerahkan dengan baik saat melempar bola.

Baca Juga: Teknik Dasar Tenis Lapangan: Panduan Lengkap untuk Pemula

Sudah Paham Tugas dan Peran Pitcher?

Dari penjelasan mengenai apa nan dimaksud dengan pitcher beserta tugas dan posisinya, apakah sekarang Anda mengerti langkah awal menjadi seorang pelempar bola?

Memang, sebagai seorang pelempar bola, Anda kudu menyiapkan diri lantaran perannya sangat krusial dan memerlukan banyak tenaga saat permainan berlangsung. Namun, andaikan Anda mempunyai tekad kuat dan bisa melakukan langkah seperti nan telah tertulis sebelumnya, tentu Anda bisa melakukannya.

Untuk itu, Happyfitters pasti bakal memerlukan topi musim panas agar bisa terhindar dari panasnya sinar mentari saat sedang bermain softball. Kamu juga tak perlu cemas saat mencarinya, karena Happyfit sudah menyediakannya unik untukmu. 

Dengan fitur waterproof dan bisa menyerap keringat dengan baik, tentu Happyfitters bakal bisa bermain softball dengan nyaman. Apalagi, desainnya telah sesuai untuk beragam ukuran kepala berbeda, lho! Jadi, pastikan menggunakan Basic Summer Hat dari Happyfit untuk performa terbaik, ya!

Selengkapnya
Sumber Tips Olahraga happyfit
Tips Olahraga happyfit