7 Jenis Olahraga yang Banyak Membakar Kalori, Apa Saja?

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

Melakukan aktivitas bentuk secara teratur dapat membantu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Happyfitters mau menurunkan berat badan alias mendapatkan tubuh nan langsing dan ideal? Ada beragam pilihan olahraga nan banyak membakar kalori nan bisa dipilih.

Penasaran aktivitas bentuk apa saja nan bisa membakar kalori dan lemak di dalam tubuh secara efektif? Simak info lengkapnya di bawah ini!

7 Olahraga nan Banyak Membakar Kalori

Berbagai jenis olahraga nan membakar banyak kalori, antara lain:

1. Lari 

Lari adalah jenis olahraga nan paling banyak membakar kalori. Jenis olahraga ini diketahui bisa mengurangi sebanyak 900-1500 kalori per jam, lho. Tidak heran, jika lari menjadi salah satu langkah efektif untuk menurunkan berat badan. Aktivitas lari ini menuntut kecepatan untuk membakar kalori dan lemak tubuh secara efektif.

Cobalah lakukan olahraga ini setiap pagi alias sore hari secara rutin. Namun, hindari melakukan lari saat malam hari, lantaran Happyfitters perlu beristirahat di malam hari.

Baca juga: Begini 5 Tips Jogging Agar Tidak Mudah Capek dan Cedera

2. Bersepeda

Jenis olahraga nan banyak membakar kalori selanjutnya, ialah bersepeda. Meski terlihat santuy dan menyenangkan, bersepeda rupanya bisa mengurangi sebanyak 850-1.000 kalori per jam. 

Terlebih ketika Happyfitters memilih jalur nan cukup menantang. Maka, daya nan dibutuhkan semakin besar, sehingga dapat membakar lebih banyak kalori. Tidak hanya membakar kalori, bersepeda juga dapat membantu mengencangkan kaki, menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker, serta meningkatkan kebugaran tubuh.

3. Lompat Tali

Apakah Happyfitters suka bermain loncat tali menggunakan karet gelang ketika tetap kecil? Lompat tali rupanya termasuk jenis olahraga nan bisa membakar kalori secara efektif. Jumlah kalori nan terbakar sekitar 750-850 kalori per jam, ketika Happyfitters melakukan loncat tali secara rutin.

Selain membakar kalori, loncat tali juga berfaedah untuk melatih kekuatan kaki, inti tubuh, postur, dan kardiovaskular. Sebagai pemula, Happyfitters bisa melakukan loncat tali selama 20-30 detik. Lalu, tingkatkan intensitas ini perlahan-lahan.

4. Berenang

Berenang merupakan jenis olahraga air nan efektif membantu Happyfitters untuk membakar kalori lebih banyak. Happyfitters bisa membakar kalori sebanyak 720 kalori untuk wanita dan 840 kalori untuk laki-laki saat memilih berenang. Cobalah untuk melakukannya di pagi hari, agar tidak terlalu terik dan membantu menyegarkan tubuh.

5. High Intensity Interval Training (HIIT)

High Intensity Interval Training (HIIT) juga termasuk jenis olahraga nan banyak membakar kalori. Olahraga ini memberikan banyak pilihan gerakan, nan bisa Happyfitters sesuaikan dengan keahlian dan kapabilitas tubuh. Melakukan HIIT dalam satu jam bisa membakar sebanyak 500-1500 kalori.

HIIT mempunyai aktivitas dengan intensitas nan tinggi maupun rendah dan memberikan jarak untuk pengulangan setiap gerakannya. Misalnya, Happyfitters mau melakukan aktivitas crunches sebanyak 20 kali. Happyfitters perlu waktu rehat sekitar 15 menit, lampau kembali melakukan aktivitas crunches set kedua dan seterusnya.

6. Pilates

Apakah Happyfitters pernah melakukan pilates? Olahraga nan kembali terkenal belakangan ini, termasuk jenis olahraga nan berasal dari pengembangan aktivitas yoga dan berfokus pada kekuatan otot. Melakukan pilates dalam satu jam bisa membantu Happyfitters membakar sebanyak 350-450 kalori, lho.

Baca juga: 5 Gerakan Yoga Sebelum Tidur untuk Menurunkan Berat Badan

7. Zumba

Zumba merupakan jenis olahraga aerobik nan bisa membantu Happyfitters untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Gerakan zumba dapat Happyfitters lakukan secara perseorangan di rumah maupun berbareng kelompok, dengan langkah bergerak aktif mengikuti alunan musik. 

Secara keseluruhan, zumba dapat membakar rata-rata 500-800 kalori dan mengurangi lemak tubuh secara menyeluruh.

Tertarik Mencoba Olahraga nan Banyak Membakar Kalori?

Pada intinya, beberapa aktivitas bentuk dapat membantu Happyfitters untuk membakar lemak dan kalori di tubuh. Contohnya lari, bersepeda, berenang, loncat tali, HIIT, pilates, dan zumba. Happyfitters bisa mencoba salah satunya di rumah, lho!

Selengkapnya
Sumber Tips Olahraga happyfit
Tips Olahraga happyfit