7 langkah meningkatkan jenjang karir ialah mengidentifikasi perkembangan posisi dalam bagian pekerjaan, dimulai dengan peran tingkat awal dan berhujung pada tingkat tertinggi. Beberapa perusahaan menggunakan jenjang karir nan jelas untuk perseorangan dalam peran tertentu.
Ketika sebuah organisasi mempekerjakan tenaga kerja baru, tenaga kerja baru tersebut dapat menerima sketsa digital alias bentuk nan menunjukkan perkembangan posisi potensial.
Diagram ini dapat menunjukkan posisi saat ini, nan mungkin berada di dekat ujung bawah garis vertikal dengan peran nan dapat mereka tempuh saat mereka memperoleh pengalaman dan keahlian baru.
7 Cara Meningkatkan Jenjang Karir
1. Ketahui apa nan Anda inginkan
7 langkah meningkatkan jenjang karir ialah ketahui apa nan Anda inginkan lantaran bakal lebih mudah jika Anda mempunyai pendapat nan jelas tentang di mana Anda mau berada dan apa nan mau Anda capai. Apakah Anda tertarik untuk memimpin tim? Apakah Anda mau menangani proyek-proyek besar? alias apakah Anda tertarik mempelajari lebih lanjut tentang pemrograman alias pemasaran digital?
Hal nan kudu Anda lakukan adalah membikin profil pekerjaan Anda sendiri. Tinjau riwayat akademik dan pekerjaan Anda dan buat daftar aktivitas nan paling Anda sukai. Proyek, mata pelajaran, peran, dan pekerjaan apa nan menurut Anda paling memuaskan?
Kemudian, kenali kekuatan Anda nan membikin Anda menyelesaikan aktivitas ini. Dari sini, Anda kemudian dapat mengidentifikasi dengan lebih baik apa nan mau dicapai dari pekerjaan Anda.
2. Tetapkan tujuan
7 langkah meningkatkan jenjang karir nan kedua ialah menetapkan tujuan. Setelah melakukan penilaian diri, Anda kudu mempunyai pendapat nan lebih jelas saat menetapkan tujuan karir Anda.
Tetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Sasaran jangka pendek adalah pencapaian mini nan lebih mudah ditetapkan dan dicapai.
Tujuan jangka panjang memberi Anda gambaran nan lebih besar tentang tujuan akhir Anda dalam pekerjaan Anda. Tujuan jangka pendek Anda adalah tonggak mini nan lebih mudah dicapai, nan secara berjenjang bakal menuntun Anda untuk mencapai tujuan jangka panjang Anda.
3. Membuat rencana
Sama seperti menetapkan tujuan, membikin rencana itu penting. Hal ini berfaedah sebagai peta jalan untuk mencapai tujuan karir Anda dan memungkinkan Anda untuk tetap bertanggung jawab atas apa nan Anda anggap krusial untuk kesuksesan. Tanpa rencana, tidak ada patokan untuk mengukur kemajuan Anda.
4. Tingkatkan nilai Anda
Selain hanya melakukan peran dan tanggung jawab Anda sendiri, teruslah berupaya untuk meningkatkan diri Anda. Tingkatkan keahlian dan dapatkan pengetahuan baru.
Ikuti kursus sertifikasi, ikuti pemimpin industri dan dapatkan info terbaru tentang pengetahuan apa nan relevan di tempat kerja. Semakin banyak pengetahuan nan Anda peroleh, semakin berbobot Anda bagi organisasi Anda.
Baca juga: Pengembangan Diri Strategi Kunci Menggapai Kesuksesan
5. Keluar dari area nyaman
Untuk menaiki tangga pekerjaan Anda, krusial untuk tidak menetap. Anda kudu terus meninjau posisi Anda saat ini dan mencari kesempatan untuk kemajuan. Misalnya, saat Anda berada di bagian pemasaran tetapi percaya bahwa Anda bakal melakukan penjualan nan lebih baik, Anda kudu mengambil langkah menyamping.
Hal ini bakal memperluas dan meningkatkan pengalaman Anda. Penting untuk mengeksplorasi peran lain di tempat kerja saat ini untuk memposisikan diri Anda dengan lebih baik untuk kemajuan.
6. Membangun networking
Karier berkembang berasas lingkaran sosial Anda. Luangkan waktu untuk mengenal atasan, manajer, dan kolega Anda. Menghadiri konvensi dan aktivitas perusahaan.
Bersikaplah ramah dan membantu, serta rukunlah dengan kolega Anda. Anda apalagi dapat menjangkau orang-orang dengan pekerjaan serupa di organisasi lain untuk memahami tren industri.
Mempertahankan dan memelihara hubungan ini bisa menjadi langkah strategis dalam bergerak untuk pekerjaan Anda. Anda juga dapat mencari seorang mentor di tempat kerja nan bakal menyarankan Anda untuk menaiki tangga pekerjaan Anda dan mendapatkan perhatian nan tepat.
7. Jadilah seorang pemimpin
Saat Anda merencanakan jalur pekerjaan Anda, bakal sangat membantu untuk menantang diri sendiri dan mengambil proyek. Anda dapat berbincang dalam rapat, menghasilkan wawasan dan buahpikiran segar, memberikan presentasi.
Jadilah orang nan menjadi jagoan organisasi Anda saat mereka menghadapi tantangan. Jika Anda mau naik dan menaiki tangga pekerjaan Anda, berusahalah untuk keluar dari area nyaman Anda.
Anda dapat memandang pemimpin dan kolega Anda dari posisi nan lebih tinggi dari Anda dan memikirkan apa nan mereka lakukan dengan baik. Belajarlah dari mereka dan tiru mereka dengan cara-cara nan mereka kuasai.
Dalam pekerjaan Anda, mempunyai visi dan tujuan untuk diusahakan memudahkan Anda untuk menaiki tangga karier. Mengikuti strategi bakal memungkinkan Anda untuk lebih memahami apa nan mau Anda capai dari pekerjaan Anda dan memanfaatkannya sebaik mungkin.