11 Tips Memulai Usaha Rental Mobil

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

Cuaca Indonesia dengan sinar mentari nan terik menjadikan sebagian orang memilih berjalan memakai mobil. Apalagi ketika mau pergi ke luar kota dan membawa banyak penumpang. Namun, tidak semua orang memilih dan bisa untuk beli mobil. Sehingga, membuka upaya persewaan mobil dinilai cukup menjanjikan.

Anda perlu tahu tips dan langkah memulai upaya persewaan mobil agar tidak berujung rugi. Jadi, mari simak tips berikut!

Cara Memulai Usaha Rental Mobil

Ketika memulai upaya apa pun, Anda perlu tahu gimana langkah memulai upaya tersebut agar rencana bisa melangkah dengan baik. Mulai dari memilih armada, merekrut karyawan, hingga melakukan promosi dan mengatur keuangan.

1. Membuat perencanaan usaha

Langkah pertama adalah merencanakan dengan matang. Tanpa perencanaan nan baik, Anda bakal kesulitan untuk mengambil langkah awal hingga langkah ke depannya. Sebaiknya lakukan perencanaan nan meliputi apa nan bakal dilakukan, gimana melakukannya, dan berapa biaya nan dibutuhkan untuk menjalankan upaya persewaan mobil ini. 

2. Menentukan tempat alias letak usaha

Usaha persewaan mobil butuh tempat alias kandang mobil untuk meletakkan mobil. Selain itu, tempat tersebut juga bisa berfaedah sebagai operasional bisnis. Sebaiknya tentukan letak nan mudah dijangkau dan strategis agar calon pengguna mudah menemukan letak Anda. Lokasi upaya nan dekat jalan besar juga mempermudah keluar masuknya mobil.

Baca juga: Kenali MPM Rent, Perusahaan Rental Terbesar di Indonesia

3. Memilih mobil

Salah satu perihal nan paling krusial dalam memulai upaya persewaan mobil adalah memilih armada mobil nan bakal dipakai. Anda perlu memilih mobil nan disukai banyak orang, contohnya MPV seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Selain nilai belinya terjangkau, perawatannya juga murah.

Sebaiknya hindari memakai mobil bekas. Sebab, performa mobil jejak tidak bakal sebaik mobil baru. Sehingga biaya perawatan justru bisa jadi membengkak. Selain itu, mobil baru juga biasanya tetap ada masa agunan nan mana pihak dealer bakal memberikan cuma-cuma biaya perawatan.

Salah satu tips dalam membeli mobil untuk upaya persewaan mobil adalah bekerja sama dengan diler resmi. Namun, jika Anda mau memakai mobil pribadi, pastikan untuk mencatat seluruh biaya operasional, mulai dari konsumsi BBM sampai perawatan. 

4. Mendaftarkan asuransi

Salah satu tips untuk melindungi aset Anda dan menjaga cash flow tetap kondusif adalah mendaftarkan mobil ke asuransi terpercaya. Asuransi adalah perihal krusial ketika menjalankan upaya persewaan mobil.

Asuransi bisa memberikan perlindungan saat terjadi kecelakaan, kerusakan unit, dan kehilangan. Selain mengasuransikan mobil, Anda juga bisa mendaftarkan pengemudi ke perusahaan asuransi.

5. Merekrut tenaga kerja berpengalaman

Tidak hanya upaya persewaan mobil, upaya apa pun butuh tenaga kerja nan kompeten dan berpengalaman. Carilah jasa supir, tenaga kerja administrasi, keuangan, hingga customer service nan kompeten. Merekrut tenaga kerja nan berilmu bisa meminimalisir beragam kesalahan nan mungkin muncul.

6. Mengurus legalitas

Jangan sepelekan legalitas alias surat izin usaha. Padahal, upaya nan terdaftar dan dapat izin resmi bisa membantu upaya Anda melangkah lebih baik. 

Baca juga: Mengenal Prima Armada Raya, Perusahaan Sewa Mobil Terbaik!

7. Melakukan promosi

Promosi adalah salah satu perihal krusial dalam berbisnis. Sebab, promosi bisa mendatangkan calon pengguna nan potensial. Jadi, lakukan promosi semaksimal mungkin agar upaya Anda laris.

Cara offline maupun online bisa dilakukan. Misalnya memasang banner di sekitar letak usaha, membagikan selebaran, membikin website, mendaftar Google Bisnis, promosi melalui media sosial, apalagi menggunakan fitur iklan berbayar alias endorse influencer di sosial media.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan promosi awal berupa potongan nilai alias bingkisan ke penyewa pertama.

8. Mengelola keuangan

Usaha persewaan mobil dan duit pribadi bisa tercampur begitu saja. Jadi, pembukuan nan baik tentu penting. Sebaiknya lakukan pembukuan alias pencatatan menggunakan perangkat lunak untuk memudahkan pengoperasian.

Anda bisa melakukan pembukuan sederhana sebagai langkah awal. Catat transaksi nan masuk dan keluar, usahakan selalu melampirkan bukti kuitansi alias faktur. 

9. Berikan pelayanan nan baik

Salah satu kunci suksesnya upaya persewaan mobil adalah pelayanan nan baik. Jadi, usahakan untuk selalu melayani pengguna dengan ramah dan menjaga hubungan nan baik. Bisa jadi pengguna Anda bakal menjadi loyal dan selalu kembali menyewa mobil di tempat Anda.

10. Membangun relasi dan jaringan 

Membangun relasi dan jaringan berfaedah untuk mendapatkan banyak kepercayaan dari investor. Jaringan dan relasi nan makin luas memberikan kesempatan kepada Anda untuk mengembangkan usaha. Bisnis Anda jadi makin sigap bergerak maju.

Cara membangun relasi dan jaringan adalah berasosiasi dengan beberapa organisasi dan asosiasi upaya persewaan mobil nan ada di wilayah Anda. Anda bisa mengikuti agenda nan diadakan organisasi dan berkedudukan aktif. Selain dapat relasi, Anda juga tentu bakal mendapat banyak pengetahuan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Sewa Mobil di Jakarta beserta Estimasi Harganya

11. Mengantisipasi tindak penipuan

Salah satu nan perlu diantisipasi dalam menjalankan upaya persewaan mobil adalah penipuan pencurian mobil. Mobil merupakan peralatan mewah, tidak heran banyak oknum nan mengincar untuk mencuri mobil dengan dalih menyewa mobil.

Tindakan pidana nan bisa dilakukan berupa menyerahkan arsip tiruan kepada persewaan mobil. Dengan arsip palsu, oknum bakal leluasa melakukan tindak kejahatan, ialah mencuri mobil.

Jadi, perhatian dengan lebih saksama terhadap arsip nan diberikan pelanggan. Anda kudu mengerti membedakan arsip original dan palsu, apalagi jika pengguna tersebut mau menyewa mobil tanpa sopir. 

Agar performa armada di upaya persewaan mobil Anda tetap terjaga dan bisa memuaskan pelanggan, Anda perlu melakukan perawatan rutin di bengkel.

Servis mobil operasional lebih mudah dan lebih untung dengan Otoklix for Business. Otoklix for Business bisa membantu Anda dalam manajemen pencatatan dan penjadwalan servis mobil. Selain itu, harganya lebih irit 30% dibandingkan bengkel resmi. Ada agunan 14 hari juga, sehingga Anda bebas cemas ada biaya tambahan jika ada kerusakan lagi setelah diservis.

Pertanyaan Seputar Usaha Rental Mobil


Seperti upaya lainnya, upaya persewaan mobil butuh izin upaya untuk beroperasi. Caranya bisa mengurus surat ke lembaga nan berkaitan. Tidak adanya surat izin bakal membikin konsumen kurang percaya dan menganggap persewaan mobil tersebut tipu-tipu.


Sewa mobil lepas kunci biasanya mensyaratkan arsip berupa: NPWP, KTP, SIM, KK, kartu pengenal tempat bekerja, fotokopi pajak bumi dan bangunan, rekening listrik dan telepon. Ada pula nan meminta agunan berupa BPKB kendaraan sepeda motor atas nama pribadi.


Mobil family seperti Toyota Avanza alias Daihatsu Xenia biasanya mematok biaya sewa sekitar Rp350 ribuan untuk transmisi manual dan Rp400 ribu untuk transmisi otomatis.

Selengkapnya
Sumber Info Bisnis Otoklix
Info Bisnis Otoklix