Xendit adalah perusahaan financial technology nan menyediakan jasa payment gateway. Layanan ini menawarkan kemudahan dalam proses transaksi antara konsumen dan pelaku usaha. Dengan cara kerja payment gateway nan ditentukan, Xendit menjadi solusi pembayaran digital untuk semua bagian bisnis. Beberapa contoh penggunaan layanan payment gateway seperti Xendit adalah menyediakan metode pembayaran dengan integrasi mudah, menerima pembayaran melalui tautan alias QR code, mengatur pembayaran teragendakan alias berulang, dan menerima pembayaran offline dari kartu kredit, kartu debit, hingga QRIS. Xendit adalah startup Indonesia nan memulai kiprahnya pada 2015. Xendit pada awalnya datang sebagai aplikasi pembayaran online P2P. Satu tahun kemudian, Xendit mengubah konsentrasi dan meluncurkan produk payment gateway. Xendit mendapatkan lisensi payment gateway dari Bank Indonesia pada 2019. Sejak 2020 hingga sekarang, Xendit telah melakukan ekspansi ke sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Filipina, Malaysia, dan Thailand. Perusahaan ini pun sukses meraih pendanaan seri C dan seri D serta dinobatkan dengan status Unicorn. Beberapa perihal nan menjadi kelebihan payment gateway Xendit adalah mempunyai banyak pilihan pembayaran, menyediakan jasa support 24/7, mengantongi sertifikat keamanan internasional, dan menyediakan API untuk mengembangkan fitur pembayaran otomatis. Melacak pembayaran di akomodasi kesehatan mengenai dengan aspek transparansi keuangan. Jika seluruh transaksi finansial berkarakter jelas dan transparan serta tercatat dengan baik, pasien dan pengelola faskes tidak perlu menghadapi kebingungan maupun hambatan mengenai pembayaran biaya pelayanan kesehatan. Manfaat lain melakukan pencarian pembayaran di akomodasi kesehatan adalah untuk efisiensi operasional. Faskes dapat mengelola arus kas dengan lebih efektif, mulai dari pengelolaan inventaris medis, pembayaran kepada staf dan tenaga medis, serta perencanaan anggaran faskes nan lebih baik. Baca juga: Hal-Hal nan Perlu Diketahui Tentang Aplikasi Keuangan Faskes Sistem pencarian nan tepat dan jeli juga dapat mengurangi akibat penipuan dan penyalahgunaan. Sistem ini berfaedah untuk mendeteksi maupun mencegah penipuan serta penyalahgunaan dana, termasuk klaim asuransi nan berlebihan dan pembayaran ganda. Bagi pasien, adanya sistem nan mendukung pencarian pembayaran bakal meningkatkan nilai kepuasan terhadap jasa faskes. Pasien dapat dengan mudah melakukan verifikasi serta memahami biaya nan dikenakan sepadan dengan jasa nan diterima. Pembayaran nan jelas dan tercatat juga memudahkan pelaporan keuangan. Selain itu, dengan mempunyai sistem nan tepat, faskes mematuhi izin finansial dan kesehatan. Jadi, bukan hanya krusial untuk manajemen keuangan, tetapi untuk memastikan jasa kesehatan tetap berbobot hingga jangka panjang. SIMRS Trustmedis datang dengan beragam fitur nan membantu akomodasi kesehatan mengelola keberlangsungan operasionalnya, termasuk pengelolaan pembayaran transaksi pelayanan kesehatan pasien nan terintegrasi dengan Xendit. Berikut deretan fitur Trustmedis nan merupakan hasil kerjasama dengan payment gateway Xendit. Saat pasien hendak melakukan pembayaran atas jasa kesehatan (misalnya tindakan medis, obat, alias biaya konsultasi), SIMRS Trustmedis bakal mengenerate tagihan sekaligus link pembayaran Xendit nan kemudian dikirim ke pasien melalui email, chat, maupun SMS. Dengan langkah ini, pasien jadi lebih mudah untuk melakukan pembayaran, lantaran dapat dilakukan dari mana saja. Jika ada pasien nan mengambil terapi jangka panjang alias jasa berlangganan, Trustmedis bisa memfasilitasinya lewat fitur recurring payment dari Xendit. Integrasi antara Xendit dengan Trustmedis memungkinkan pasien untuk melakukan pembayaran down payment (DP) alias pelunasan ketika melakukan booking online. Masih bicara mengenai modul manajemen transaksi pembayaran pada Trustmedis, healtech solution ini juga punya nan namanya Modul Kasir untuk mengelola transaksi finansial lebih efisien dan akurat. Baca juga: Dapatkan 7 Manfaat Ini Jika Anda Menggunakan Software Kasir Faskes Pada menu Kasir Sentral Pasien misalnya. Pihak faskes dapat mencatat dan mengelola transaksi di kasir secara sentral. Selain itu, faskes juga dapat melakukan pencarian terhadap setiap pembayaran nan masuk. Hal ini berfaedah untuk memastikan integritas info finansial faskes. Tersedia pula menu Kasir Tagihan Pasien nan memungkinkan faskes melakukan penjadwalan pembayaran secara otomatis. Fitur ini juga bakal menampilkan notifikasi pembayaran sehingga manajemen finansial di akomodasi kesehatan tersebut dapat dikelola dengan lebih efisien. Trustmedis tidak hanya menyediakan jasa rekam medis elektronik (RME) nan terpadu, tetapi juga sistem pembayaran menggunakan payment gateway Xendit nan sudah terintegrasi dengan pengelolaan kasir di akomodasi kesehatan. Nah, jika Anda mau mengetahui lebih lanjut fitur-fitur nan tersedia di healtech solution Trustmedis, jadwalkan demo sekarang!Apa Itu Payment Gateway Xendit dan Kelebihannya
Pentingnya Melacak Pembayaran di Faskes
Integrasi Pembayaran dengan Xendit Melalui Fitur Trustmedis
Transaksi Pembayaran Tagihan Langsung dari
Pembayaran Berkala (Recurring Payment)
Pembayaran DP Pada Sistem Booking Online