Mengapa Kita Harus Membela Palestina?

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

– Terkait pertanyaan kenapa kita kudu memihak Palestina? Sejatinya ada banyak argumen kenapa kita kudu memihak Palestina. Sebagaimana dikutip dari website Bincangmuslimah.com, setidaknya ada 4 argumen kenapa kita kudu memihak Palestina.

Tak bisa dipungkiri, begitu banyak keistimewaan nan dimiliki Palestina. Keistimewaan ini juga melatarbelakangi keharusan bagi kita, khususnya umat Islam untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, tempat Masjid al-Aqsha. Sejatinya, Masjid al-Aqsha merupakan masjid nan sangat bersejarah. Masjid ini merupakan tempat nan menjadi titik akhir Isra’ dan titik awal Mi’raj Rasulullah. Sebagaimana nan diabadikan di dalam Q.S. Al-Isra’ [17]:1:

سُبۡحَٰنَ ٱلَّذِيٓ أَسۡرَىٰ بِعَبۡدِهِۦ لَيۡلٗا مِّنَ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ إِلَى ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡأَقۡصَا ٱلَّذِي بَٰرَكۡنَا حَوۡلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنۡ ءَايَٰتِنَآۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡبَصِيرُ

Artinya: “Maha Suci Allah nan telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari masjid al-haram ke masjid al-Aqsha nan telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Kedua, tempat Baitul Maqdis. Palestina adalah tempat Baitul Maqdis berada.  Sebagian riwayat menyebut bahwa Baitul Maqdis adalah Masjid al-Aqsha. Baitul Maqdis adalah tempat berhistoris lantaran merupakan kiblat pertama umat Islam sebelum dipindahkan ke Makkah.

Ketiga, tempat diutusnya para Nabi. Palestina merupakan tempat diutusnya nabi-nabi Allah, terutama nan diutus untuk kaum Bani Israil. Di negeri inilah mereka menyebarkan nilai-nilai ketauhidan kepada masyarakat. Seperti Nabi Ya’qub a.s., Nabi Yusuf a.s., Nabi Sulaiman a.s., dan Nabi Isa a.s.

- Advertisement -Allo Fresh

Keempat, Palestina didoakan keberkahannya oleh Rasulullah saw. Palestina termasuk area negeri Syam nan pernah didoakan keberkahannya oleh Rasulullah saw. Sebagaimana sabda beliau nan diriwayatkan oleh Ibn Umar:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ: اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي شَامِنَا وَفِي يَمَنِنَا

Artinya: “Dari Ibnu Umar dia berbicara bahwa Rasulullah saw. bersabda, Ya Allah berkahilah kepada kami pada negeri Syam kami dan Yaman kami.”

Itulah empat argumen kenapa kita kudu mendukung kemerdekaan Palestina. Beberapa argumen ini dasarnya mempunyai satu kesimpulan. Palestina merupakan aset sejarah Islam nan kudu dijaga dan dimuliakan. Penduduk Palestina sudah berjuang keras untuk mempertahankan tanah air mereka agar panji Islam tetap tegak dan tidak dirobohkan oleh kerakusan bangsa lain.

Selain itu, kita kudu memihak Palestina lantaran nan terjadi saat ini sudah melanggar hak-hak mereka. Mereka dijajah di negeri mereka sendiri. Kehidupan mereka terancam setiap saat. Oleh lantaran itu, sebagai manusia nan mempunyai hati nurani sudah semestinya kita memihak Palestina agar kebenaran tetap menjadi pemenang. Konflik tidak lagi berkecamuk.

Lebih dari itu, kita dan Palestina mempunyai ikatan persaudaraan nan lebih kuat dari pada kemanusiaan. Karena kita dan mereka adalah kerabat seiman nan digambarkan Rasulullah untuk saling membantu dan menguatkan.

Save Palestine.

Selengkapnya
Sumber Info Seputar Islam bincangsyariah
Info Seputar Islam bincangsyariah