Kemenkes Himbau Fasyankes Untuk Integrasi SATUSEHAT

Sedang Trending 10 bulan yang lalu

Upaya untuk menyederhanakan proses integrasi info pelayanan kesehatan dengan SATUSEHAT rupanya dihadapkan pada beragam kendala. Salah satunya adalah banyaknya aplikasi kesehatan nan dikembangkan oleh pemerintah pusat, daerah, dan pihak swasta, nan menjadi tantangan dalam mengintegrasikan sistem info kesehatan. Selain itu, persoalan lain dalam digitalisasi kesehatan muncul ketika banyak data kesehatan nan tetap disimpan secara manual.

Di beberapa daerah, info kesehatan tetap diarsipkan menggunakan arsip kertas dan belum terhubung dalam corak digital. Sebagian besar akomodasi pelayanan kesehatan di Indonesia, ialah lebih dari 80%, tetap belum menggunakan teknologi digital. Akibatnya, info kesehatan tersebar dan terfragmentasi dalam beragam aplikasi sektor kesehatan nan berbeda-beda.

Maka dari itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, melalui Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI bekerja sama dengan Digital Transformation Office (DTO). Bertujuan untuk bekerja sama dalam melakukan sosialisasi kepada semua pengelola Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) membujuk mereka agar segera mendaftarkan faskesnya. Sebagai langkah awal dalam upaya meningkatkan jumlah Fasyankes nan nantinya bakal integrasi dengan SatuSehat.

3 Alasan Kenapa Fasyankes Harus Integrasi dengan SATUSEHAT

Pengoptimalan Proses Pelayanan pada Faskes

Nantinya semua proses registrasi akomodasi jasa kesehatan dapat diakses dalam satu portal oleh Dinkes wilayah terkait. Masyarakat juga dapat mengakses secara langsung status dari tiap-tiap Fasyankes. Sehingga masyarakat bakal mendapatkan pembaharuan mengenai status registrasinya secara real-time. 

Selain itu, dengan adanya integrasi ini petugas admisi bakal dimudahkan pada saat proses pengisian data. Dimana perihal ini juga bakal mengurangi resiko redudansi data. Data input individual dapat dilakukan penginputan info profil satu kali. Lalu untuk info nan berkarakter spesifik, unik, dan tentatif bakal dilakukan pada setiap kali ada keperluan.

Meminimalisir Terjadinya Kesalahan Tindakan Medis

Sejumlah masalah nan timbul akibat kurangnya integrasi sistem info kesehatan antara lain underreporting dan kelengkapan info nan rendah. Kondisi ini bakal berakibat pada kualitas info nan telah terkumpul. Keputusan-keputusan dalam bagian kesehatan nan diambil tanpa didasarkan pada info nan berbobot dapat memberikan akibat negatif terhadap kesehatan masyarakat.

Memudahkan Akses Data Kesehatan

Dengan adanya platform nan menyediakan info kesehatan pribadi secara komplit dan terintegrasi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Memungkinkan pengguna untuk memandang laporan kesehatan pribadi mereka dan menerima rekomendasi unik untuk menjaga kesehatan mereka secara optimal. Dengan tetap memperhatikan keamanan info nan bakal dijamin oleh Kemenkes RI.

Baca Juga : Regulatory Sandbox (Definisi & Langkah Penerapnnya)

Trustmedis Mudahkan Proses Integrasi Faskes dengan SATUSEHAT

Kemenkes RI menyebut agar Fasyankes dapat terintegrasi dengan SATUSEHAT, pastikan bahwa Fasyankes sudah terdaftar di Kemenkes melalui link https://registrasifasyankes.kemkes.go.id/ alias https://dfo.kemkes.go.id/login.

Selain itu, Kemenkes menghimbau kepada seluruh Fasyankes untuk sudah menggunakan Rekam Medis Elektronik nan sesuai dengan standar integrasi SATUSEHAT. Juga sudah terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dari Kominfo. Kemenkes membebaskan para pemilik Fasyankes untuk mengembangkan sistem sendiri alias menggunakan vendor penyedia sistem Rekam Medis Elektronik.

Kami dari Trustmedis mau membantu Anda dalam melakukan integrasi Fasyankes ke dalam ekosistem SATUSEHAT. Anda tidak perlu membikin sistem dari awal lantaran tentunya tidak hanya menyantap waktu, tetapi juga memerlukan biaya nan tidak sedikit. Mengingat bahwa tenggat waktu nan diberikan oleh pemerintah adalah hanya sampai 31 Desember 2023 ini.

Sistem Rekam Medis Elektronik dari Trustmedis sudah terstandar dari Kemenkes dan tersertifikasi oleh SATUSEHAT. Selain itu, sistem kami juga sudah mempunyai sertifikasi keamanan dari ISO 27001 dan FHIR HL7. Kami juga bakal mendampingi Anda selama proses penerapan berjalan hingga sukses terintegrasi dengan SATUSEHAT.

Klik link nan ada dibawah ini untuk ajukan demo GRATIS segera!

Baca Juga : 3 Poin Penting UU Kesehatan Terbaru 2023

Referensi :

Kemenkes Ajak Fasyankes Segera Lakukan Registrasi Rekam Medis Elektronik

Kemenkes RI. 2021. Cetak Biru : Strategi Transformasi Kesehatan 2024. Jakarta. Kemenkes RI.

Selengkapnya
Sumber Solusi Kesehatan trustmedis
Solusi Kesehatan trustmedis