kini semakin banyak sepeda motor nan menggunakan sistem pendinginan cairan namalain radiator. Sepeda motor nan menggunakan pendinginan radiator biasanya didesain untuk performa. Motor dengan radiator punya kelebihan dari suhu mesin nan lebih stabil, sehingga performa mesin bisa lebih terjaga. Namun motor dengan radiator juga perlu perawatan extra. Salah satu komponen nan perlu diperhatikan adalah tutup radiator. Jika komponen ini rusak, sistem pendinginan motor pasti jadi kacau dan bisa berujung pada overheat.
Tutup radiator berfaedah sebagai katup nan mengatur tekanan dari sistem pendinginan mesin. Jika suhu mesin meningkat, tekanan cairan coolant akan meningkat dan kudu dialihkan. Pada tekanan tinggi, katup pada tutup radiator bakal terbuka dan mengalirkan coolant ke tangki reservoir. Saat suhu sudah normal, cairan coolant dari tabung reservoir bakal kembali ke radiator.
Jika tutup radiator rusak, tentu bisa berbahaya. Tekanan tinggi dari coolant tidak bisa dilepaskan, sehingga bisa menimbulkan masalah. Mulai dari overheat hingga kebocoran di sistem pendinginan lantaran tekanan nan terlalu tinggi. Kerusakan tutup radiator biasanya terjadi pada per nan lemah alias karet nan bocor. Berikut adalah ciri-ciri tutup radiator motor rusak.
Jika per tutup radiator nan lemah, ciri-cirinya adalah tabung reservoir nan mudah sekali penuh. Hal itu lantaran per tidak bisa menahan tekanan dari cairan coolant. Jadi jika ada kenaikan tekanan sedikit saja, cairan coolant bakal langsung dialurkan ke tabung reservoir. Jika dibiarkan, cairan radiator bakal mudah lenyap lantaran terlalu banyak nan dibuang ke tangki reservoir. Jika tangki reservoir penuh, maka cairan coolant bakal dibuang ke luar.
Baca Juga : Fungsi Tutup Radiator Motor Kerap Dilupakan, Padahal Bisa Bikin Overheat
Jika karet radiator nan rusak, maka cairan radiator bakal bocor lewat tutup radiator. Karet radiator rusak biasanya akibat sobek alias kempes. Jika terdapat kerusakan di sektor per alias karet, tutup radiator kudu segera diganti. Jika ganti, kita wajib membeli dengan tekanan nan sama. Jangan sekali kali membeli tutup radiator dengan tekanan nan berbeda dari standar bawaan mobil.