7 Keterampilan Wajib Dimiliki Procurement Staff

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Seorang procurement staff sngat berkedudukan krusial bagi sebuah upaya lantaran merekalah nan mengidentifikasi sumber-sumber terbaik untuk persediaan. Mereka mencari vendor alias pemasok terbaik.

Mereka bertanggung jawab untuk membikin kesepakatan guna mendapatkan persediaan nan dibutuhkan sebuah perusahaan. Lalu, apa saja keahlian nan dibutuhkan bagi seorang procurement staff? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: 4 Perbedaan Procurement dan Purchasing

7 Keterampilan Procurement Staff

Berbagai Keterampilan Procurement Staff

Pada sebuah perusahaan, rpocurement staff sendiri bisa masuk ke dalam bagian Finance, Operation, ataupun mempunyai departemen sendiri ialah di bawah Procurement & Purchasing. 

Procurement staff menggunakan keahlian mereka untuk melakukan pembelian sebaik mungkin dan memberikan pengarahan kepada personil tim mereka.

Dengan keahlian mereka dapat memberikan akibat positif pada untung perusahaan dan juga bisa meningkatkan penghasilan mereka. Berikut ini adalah beberapa keahlian krusial bagi procurement staff.

1. Perhatian Terhadap Detail

Keterampilan ini mengharuskan seorang procurement staff untuk memperhatikan aspek-aspek mini dari sebuah proyek.

Ini adalah keahlian krusial lantaran mereka kudu menilai kualitas produk nan mereka peroleh untuk perusahaan, dan perhatian terhadap perincian memungkinkan mereka mengenali kesalahan alias perbedaan kecil.

2. Kemampuan Negosiasi

Negosiasi adalah keahlian komunikasi nan memungkinkan staff procurement untuk mendiskusikan nilai dan kualitas dengan vendor guna menemukan kesepakatan terbaik bagi perusahaan.

Keterampilan ini digunakan untuk mencapai kesepakatan nan memuaskan. Negosiasi adalah keahlian bergerak nan mencakup keahlian lain seperti mendengarkan secara aktif dan kepintaran emosional.

Baca Juga: Begini Tahapan dalam Proses Procurement!

3. Berpikir Analitis

Kemampuan ini memungkinkan seorang procurement mempertimbangkan semua aspek suatu produk, termasuk harga, kualitas, waktu pengiriman, dan jumlah dengan menggunakan pemikiran analitis.

Keterampilan ini membantu mereka menentukan vendor mana nan paling menguntungkan bagi perusahaan.

4. Kepemimpinan

Kepemimpinan

Keterampilan procurement staff ini krusial lantaran banyak dari mereka nan menduduki posisi manajemen alias pengawasan. Kepemimpinan adalah serangkaian keahlian kompleks nan mencakup komunikasi, kepercayaan diri, dan hatikecil bisnis.

Seorang pemimpin nan baik dapat memberikan pengarahan dan pengarahan kepada personil tim mereka, sekaligus menjadi panutan nan baik dan menyelesaikan tugas mereka sendiri tepat waktu.

5. Kemampuan Komunikasi

Procurement officer bakal selalu bekerja untuk menjalin komunikasi dengan beragam vendor, baik itu vendor baru maupun lama. Hal ini untuk menentukan vendor mana nan paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk itu, keahlian komunikasi sangat dibutuhkan dalam menjalin hubungan upaya nan baik untuk jangka panjang.

6. Pengelolaan Data

Pengelolaan Data

Semua info krusial nan mengenai dengan pengadaan suatu upaya menjadi tanggung jawab Procurement Staff, termasuk data-data mengenai pembelian. Untuk itu, seorang procurement kudu bisa mengelola info dan mempunyai keahlian komputer nan memadai.

Hal ini juga krusial untuk mempunyai hubungan  jangka panjang dengan pada vendor alias supplier serta mengelola inventaris di dalam perusahaan agar tertata dengan baik.

7. Kemampuan Menyusun Strategi

Dalam sebuah perushaan bakal ada banyak peralatan alias jasa nan dibutuhkan guna operasionalnya jangka panjang. Di sinilah seorang procurement berperan. Mereka kudu bisa menyusun strategi gimana barang-barang tersebut bisa diperoleh dnegan efektif dan efisien.

Seorang procurement dapat bekerja di beragam perusahaan dan organisasi. Beberapa da nan bekerja di dalam perusahaan dan badan usaha, sementara nan lain mungkin bekerja untuk pedagang grosir.

Mempelajari keahlian procurement staff dan tugasnya memang dapat menjadi tantangan, tetapi menemukan mentor di awal pekerjaan adalah langkah nan bagus untuk meningkatkan keahlian Anda dan mempelajari perincian tentang pekerjaan tersebut.

Referensi:

https://www.gainfront.com/blog/what-is-a-procurement-officer/

https://www.cips.org/procurement-and-supply-jobs/article/what-skills-are-required-to-work-in-a-procurement-role-

https://sg.indeed.com/career-advice/finding-a-job/what-does-procurement-officer-do

Selengkapnya
Sumber Gaya Hidup dan Wisata
Gaya Hidup dan Wisata