7 Cara Efektif Mengatasi Kaki Kram Karena Kelamaan Duduk

Sedang Trending 11 bulan yang lalu

Kaki kram adalah kondisi nan ditandai dengan nyeri dahsyat dan kontraksi otot nan tidak terkendali pada kaki. Kaki kram bisa terjadi lantaran beragam faktor, salah satunya adalah kelamaan duduk. Kelamaan duduk bisa menyebabkan aliran darah ke kaki terhambat, otot kaki menjadi tegang, dan keseimbangan elektrolit terganggu. Semua perihal ini bisa memicu kaki kram. Berikut ini langkah efektif mengatasi kaki kram nan bisa Anda coba, antara lain:

Baca Juga: Apa Efek Radiasi Laptop terhadap Kesehatan Kita?

Cara Efektif Mengatasi Kaki Kram Akibat Kelamaan Duduk

1. Berdiri dan Berjalan

Cara efektif mengatasi kaki kram adalah dengan berdiri dan melangkah sebentar. Hal ini bisa membantu melancarkan aliran darah, meredakan ketegangan otot, dan mengembalikan keseimbangan elektrolit. Berdiri dan melangkah juga bisa mencegah kaki kram terulang.

2. Peregangan Otot

Peregangan otot adalah langkah nan efektif untuk mengurangi nyeri dan kontraksi otot akibat kaki kram. Peregangan otot bisa dilakukan dengan langkah menarik jari-jari kaki ke arah tubuh, meluruskan kaki dan menekuk lutut, alias mengangkat tumit dan menekan jari-jari kaki ke lantai. Lakukan peregangan otot secara perlahan dan berkali-kali selama beberapa menit.

3. Cara Efektif Mengatasi Kaki Kram, Pijat alias Kompres Hangat

Pijat alias kompres hangat efektif merelaksasi otot nan kaku dan nyeri akibat kaki kram. Pijat alias kompres hangat bisa dilakukan dengan langkah menggosok alias menekan bagian nan kram dengan tangan, menggunakan minyak pijat alias lotion, alias menggunakan bantal pemanas alias botol air hangat. Lakukan pijat alias kompres hangat selama 10-15 menit.

4. Minum Air Putih alias Cairan Elektrolit

Minum air putih alias cairan elektrolit dapat mengembalikan kadar cairan dan elektrolit nan lenyap akibat kelamaan duduk. Cairan elektrolit bisa berupa air kelapa, saribuah buah, alias minuman olahraga. Minum air putih alias cairan elektrolit secara cukup dan teratur bisa mencegah dehidrasi dan kaki kram.

5. Konsumsi Makanan nan Mengandung Magnesium, Kalium, dan Kalsium

Magnesium, kalium, dan kalsium adalah mineral krusial nan berkedudukan dalam kegunaan otot dan saraf. Kekurangan mineral ini bisa menyebabkan kaki kram. Untuk mengatasi perihal ini, konsumsi makanan nan mengandung magnesium, kalium, dan kalsium secara cukup dan seimbang. Makanan nan mengandung magnesium antara lain bayam, alpukat, pisang, dan biji-bijian. Makanan nan mengandung kalium antara lain pisang, tomat, jeruk, dan ubi jalar. Makanan nan mengandung kalsium antara lain susu, keju, yoghurt, dan sayuran hijau.

6.  Mengatur Posisi Duduk

Mengatur posisi duduk nan nyaman dan ergonomis dapat mencegah kaki kram lantaran kelamaan duduk. Hindari duduk dengan menyilangkan kaki, menekuk dengkul terlalu lama, alias menempatkan barang di bawah kaki. Sesekali berdiri dan melangkah untuk melancarkan aliran darah dan meredakan ketegangan otot.

7. Cara Efektif Mengatasi Kaki Kram, Melakukan Pemanasan dan Pendinginan

Melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah beraktivitas bentuk terbukti mencegah kelelahan otot nan bisa menyebabkan kaki kram. Pemanasan dan pendinginan bisa dilakukan dengan langkah melakukan aktivitas ringan seperti berjalan, bersepeda, alias jogging selama 5-10 menit. Selain itu, lakukan peregangan otot secara perlahan dan berkali-kali untuk meningkatkan elastisitas otot.

Baca Juga: 7 Ide Traktiran Makanan untuk Rayakan Ulang Tahun di Kantor

Apa Penyebab Kaki Kram?

Kaki kram bisa terjadi kapan saja, baik saat sedang beraktivitas maupun saat sedang istirahat. Selain kelamaan duduk, kaki kram juga bisa disebabkan oleh beragam faktor, antara lain:

1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi nan ditandai dengan kekurangan cairan dalam tubuh. Dehidrasi bisa menyebabkan kadar elektrolit seperti natrium, kalium, dan magnesium menurun. Elektrolit adalah unsur nan berkedudukan dalam kegunaan otot dan saraf. Kekurangan elektrolit bisa menyebabkan kaki kram.

2. Kekurangan Mineral

Mineral adalah unsur nan dibutuhkan tubuh untuk menjalankan beragam proses biologis. Mineral nan krusial untuk kegunaan otot dan saraf antara lain magnesium, kalium, dan kalsium. Kekurangan mineral ini bisa menyebabkan kaki kram.

3. Kelelahan Otot

Kelelahan otot adalah penurunan keahlian otot untuk berkontraksi alias berelaksasi. Kelelahan otot bisa terjadi lantaran aktivitas bentuk nan berlebihan, kurang istirahat, alias stres. Kelelahan otot bisa menyebabkan kaki kram.

4. Gangguan Saraf

Gangguan saraf ditandai dengan kerusakan alias iritasi pada saraf nan mengirim sinyal ke otot. Gangguan saraf bisa terjadi lantaran cedera, infeksi, penyakit kronis, alias obat-obatan tertentu. Gangguan saraf bisa menyebabkan kaki kram.

Kaki kram lantaran kelamaan duduk adalah kondisi nan bisa diatasi dengan cara-cara di atas. Namun, jika kaki kram sering terjadi, sangat nyeri, tidak kunjung reda, alias disertai indikasi lain seperti bengkak, merah, panas, alias kesemutan, segera periksakan diri ke master untuk mendapatkan penanganan nan tepat.

Referensi:

  • https://www.alodokter.com/komunitas/topic/kenapa-ya-kakiku
  • https://www.alodokter.com/komunitas/topic/mudah-kram
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/duduk-bekerja-seharian-menyebabkan-3k-kramkebaskesemutan-saat-malam-atasi-dengan-ini
Selengkapnya
Sumber Gaya Hidup dan Wisata
Gaya Hidup dan Wisata