Tanpa kopi dan garam, ini trik merebus jengkol agar makin empuk dan bebas bau pakai 1 bahan dapur

Sedang Trending 7 bulan yang lalu
Tanpa kopi dan garam, ini trik merebus jengkol agar makin lembek dan bebas aroma pakai 1 bahan dapur

YouTube/Dapur Evinda

- Jengkol dikenal sebagai bahan makanan nan mempunyai aroma tak sedap. Aroma menyengat ini berasal dari kandungan masam amino pada jengkol nan membentuk sulfur.

Meskipun begitu, banyak orang tetap doyan mengonsumsi jengkol. Pasalnya, tekstur jengkol nan sudah diolah lembek punya daya tarik tersendiri. Selain itu, rasanya juga lezat jika jengkol diolah dengan tepat.

Sayangnya, mengolah jengkol ini jadi pekerjaan nan susah-susah gampang. Terlebih jika mau menghilangkan aroma tak sedap dan membikin teksturnya lebih empuk. Alih-alih lezat, jika salah trik, jengkol justru lebih aroma alias apalagi teksturnya tetap keras saat dikonsumsi.

Lantas untuk mengatasi perihal tersebut, biasanya jengkol bakal direbus dengan bahan khusus. Salah satu bahan nan digunakan adalah kopi bubuk. Aroma wangi pada kopi bakal membantu memudarkan aroma tak sedap jengkol. Namun selain kopi, ada juga nan menambahkan bahan lain, ialah garam. Kalau ramuan dapur satu ini digunakan untuk membantu mengempukkan jengkol saat direbus.

Namun selain dengan kopi dan garam, sebenarnya ada trik lain nan bisa diterapkan saat merebus jengkol. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Dapur Evinda. Melalui salah satu video nan diunggah, dia justru mengandalkan bahan lain untuk mengempukkan sekaligus menghilangkan aroma jengkol.

(brl/lut)

Selengkapnya
Sumber Info Kuliner briliofood
Info Kuliner briliofood