Tak cuma pakai garam, ini cara cuci kangkung agar bebas ulat dan warnanya tetap hijau saat dimasak

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
Tak hanya pakai garam, ini langkah cuci kangkung agar bebas ulat dan warnanya tetap hijau saat dimasak

YouTube/IDE USAHA

- Kangkung termasuk salah satu jenis sayuran berdaun hijau nan paling banyak dikonsumsi masyarakat. Selain mudah didapat, sayur kangkung juga bisa dibeli dengan nilai terjangkau. Nggak heran jika kemudian jenis sayuran ini kerap dipilih sebagai menu makan harian.

Pada dasarnya, kangkung bisa dimasak jadi beragam macam olahan. Namun salah satu menu nan jadi favorit banyak orang adalah tumis kangkung. Hanya dengan ramuan dasar sederhana, tumis kangkung menjadi sajian nan melezatkan.

Namun seperti halnya sayuran lain, kangkung nan hendak dimasak tentu kudu dicuci terlebih dahulu, ya. Bedanya, mencuci kangkung kudu dilakukan dengan proses nan lebih teliti. Karena jika tidak, (benih)penyakit seperti ulat nan terdapat di bagian dalam batang kangkung bisa ikut termasak alias apalagi dikonsumsi secara nggak sengaja.

Untuk menghindari perihal tersebut, sebagian orang biasanya bakal mencuci kangkung dengan garam. Penggunaan garam dipercaya dapat membantu meluruhkan (benih)penyakit seperti ulat nan terdapat di bagian dalam kangkung. Saat direndam dengan air garam, kotoran nan menempel juga bisa luruh.

Namun tahu nggak sih, proses pencucian kangkung ini juga berpengaruh ke hasil akhir masakannya, lho. Pasalnya, ada sebuah trik unik nan bisa diterapkan jika mau hasil masakan kangkung jadi tetap hijau elok dan menggugah selera.

Dilansir BrilioFood dari YouTube IDE USAHA pada Minggu (5/11), warganet ini hendak membikin tumis kangkung sederhana. Namun agar hasilnya elok seperti tumis kangkung ala resto, dia pun mengolahnya dengan langkah khusus.

(brl/lut)

Selengkapnya
Sumber Info Kuliner briliofood
Info Kuliner briliofood