Motor Kompresi Tinggi Pakai BBM Tak Sesuai, Ini Jadinya

Sedang Trending 7 bulan yang lalu

Tidak bisa dipungkiri, nilai BBM saat ini semakin tinggi. Hal ini membikin pemilik motor enggan untuk menggunakan BBM nan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Bisa dilihat dari pemandangan di SPBU, motor-motor nan semestinya menggunakan bensin RON 92, antre di dispenser bensin dengan RON 90.

Perlu diketahui, motor-motor nan sekarang beredar di pasaran sebagian besar sudah menganut mesin dengan kompresi tinggi. Rata-rata rasio kompresinya sudah mencapai nomor 10, apalagi ada nan lebih. Dengan spesifikasi seperti ini, sudah semestinya mengkonsumsi bahan bakar berbobot alias tanpa timbal.

Penggunaan BBM nan sesuai kebutuhan rasio kompresi motor, bukan hanya memperpanjang usia motor. Performa pastinya bakal lebih baik lantaran sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Teorinya, motor dengan kompresi tinggi punya ledakan api nan besar, dengan kata lain panas. Bila dipaksakan dengan bensin oktan rendah, ditambah busi jenis panas, motor bak tersiksa jadinya. Jika dipaksanya secara terus menerus, membikin ledakan mesin terjadi sebelum waktunya alisa pre-ignition.

Motor dengan kompresi tinggi dan mengkonsumsi bahan bakar nan tidak sesuai, berpotensi terjadi penumpukan karbon di ruang bakar. Penumpukan karbon di ruang bakar dan klep membikin ruang bakar menjadi sempit dan mesin menjadi semakin panas. Bisa juga berujung pada kebocoran kompresi. Sebenarnya pabrikan sudah mengantisipasi perihal ini dengan mengaplikasi busi jenis dingin.

Sebagai patokan, motor dengan rasio kompresi 9-10, idealnya memakai bahan bakar dengan RON 90. Rasio kompresi 10-11, cocok memakai BBM dengan RON 92. Rasio kompresi 11-12, cocok dengan bahan bakar RON 95.

Baca juga : Motor Tak Mau Nyala, Kompresi Bisa Jadi Penyebabnya

Selain bahan bakar nan sesuai, pakai oli berbobot bisa menjadi kunci memperpanjang usia motor. Deltalube Sport SAE 5W-40 SYN For Motorcycle API SN/JASO MA2 adalah oli mesin sepeda motor kopling basah terbaik dari Deltalube saat ini. Deltalube Sport SAE 5W-40 SYN For Motorcycle API SN/JASO MA2 diformulasikan unik menggunakan base oil sintetik dengan paket aditif nan komplit dan sesuai. Deltalube Sport SAE 5W-40 SYN For Motorcycle API SN/JASO MA2 bisa mengeluarkan potensi terbaik dari mesin sepeda motor Anda.

Selengkapnya
Sumber Informasi Otomotif Deltalube
Informasi Otomotif Deltalube