Loki Season 2 (Episode 4) Review: Heart of the TVA

Sedang Trending 7 bulan yang lalu

Setelah berpetualang di pameran bumi Chicago pada 1893, Loki, Mobius, dan Sylvie akhirnya kembali ke TVA membawa Victor Timely. Sementara Renslayer dan Miss Minutes terdampar di End of Time. “Loki Season 2” sejauh ini tetap konsentrasi dengan objektif mereka untuk menyelamatkan multiverse dengan memperbaiki Temporal Loom. Dimana menjadi tugas nan susah ketika Sylvie telah membunuh He Who Remains.

Kali ini Loki berbareng kawan-kawan TVA-nya mendapatkan kesempatan kedua dengan sukses membawa Victor Timely ke TVA. Mereka juga percaya bahwa variant satu ini terlihat lebih manusiawi dan tidak berbahaya.

Sama seperti bagian sebelumnya, Episode 4, ‘Heart of the TVA’ menjadi bagian nan ringkas dengan letak nan konsentrasi di TVA saja dari awal hingga akhir. Semua karakter krusial juga berkumpul di satu tempat. Loki dan kawan-kawan berupaya memperbaiki sistem, sementara Renslayer berbareng Miss Minutes belum menyerah untuk menguasai TVA.

Loki Season 2 (Episode 4) Review

Kolaborasi O.B, Victor Timely, dan Casey Memperbaiki Temporal Loom

Pertemuan Casey dengan O.B. sebagai sesama kutu kitab TVA menjadi momen kocak nan menetralisir ketegangan dalam serial ini. Perjumpaan serupa kembali terulang ketika O.B. berjumpa dengan Victor Timely. Sepanjang “Loki” Season 2, O.B. mendadak terkenal sebagai penulis dari kitab pedoman TVA.

Ketika O.B. menyatakan bahwa bukunya terinspirasi oleh He Who Remains, sementara Victor sebagai variant He Who Remains terinpirasi oleh kitab O.B., di sini konsep timeloop mulai disebutkan. Akhirnya, tiga kutu kitab waktu; O.B., Victor Timely, dan Casey pun bekerja-sama untuk memperbaiki Temporal Loom. O.B. juga mereset sistem keamanan di TVA lantaran mendeteksi kehadiran Miss Minutes.

Mengatahui bahwa Renslayer dan Miss Minutes sedang berada di TVA, Loki dan Sylvie nan bisa menggunakan kekuatan sihir mereka pun berupaya menangkap mereka.

Renslayer dan Miss Minutes Berhasil Menyusup ke TVA

Episode sebelumnya ditutup dengan pernyataan dari Miss Minutes nan membikin kita semua penasaran. Apa rahasia nan disimpan olehnya tentang He Who Remains dan Renslayer. Miss Minutes pun menunjukan bahwa selama ini Renslayer telah berbincang dengan He Who Remains, mengunjunginya di End of Times. Melaporkan progres di TVA dan menerima tugas, hanya untuk kemudian dihapus ingatannya oleh He Who Remains. Membuat Renslayer sadar bahwa hanya dia nan selama ini melakukan semuanya sendiri sementara He Who Remains berdiam duduk tenang.

Ambisi Renslayer untuk menguasai TVA pun semakin bulat. Hal pertama nan dia lakukan adalah berjumpa dengan Dox dan pasukannya nan sedang dikurung berbareng X-5 namalain Brad. Renslayer menawarkan mereka untuk membantunya menguasai TVA dengan hadiah mereka bisa kembali ke kehidupan original mereka di Sacred Timeline. Namun hanya X-5 nan bersedia meski terlihat berat hati. Sementara Dox berbareng pasukannya lebih memilih untuk menerima akibat terburuk dengan meninggal dalam kotak. Ini menjadi salah satu segmen nan cukup “brutal”.

Renslayer kemudian sempat menculik Victor Timely, namun sukses direbut kembali ketika Sylvie memperdaya X-5 dengan kekuatannya, untuk ‘memangkas’ Renslayer. Sementara Miss Minutes sudah sukses dilumpuhkan ketika sistem di-reset oleh O.B.

Mengapa Loki ‘Memangkas’ Dirinya Sendiri?

Salah satu segmen krusial dan mind-blowing buat nan tidak kepikiran sebelumnya, adalah ketika Loki berjumpa dengan Loki dari masa lalu, kemudian ‘memangkas’-nya di depan Sylvie nan baru membuka pintu elevator. “Aku berjanji padamu ini semua bakal jelas”, ucap Loki pada Sylvie nan sempat terkejut.

Kembali ke bagian 1, segmen serupa terjadi dari perspektif pandang Loki masa lampau nan terpental ke masa depan. TVA nan tampak sedang tidak stabil, Sylvie di elevator, dan dering telpon nan tidak sempat dia angkat. Loki mengalami time-slipping, dia seperti mengalami glitching. Eksistensinya di masa lampau dan masa depannya sedang tidak sinkron (efek samping kembali dari End of Time setelah He Who Remains mati). O.B. sendiri nan memberikan petunjuk pada Loki di Episode 1 menyebut bahwa pada titik tertentu, dia kudu membunuh dirinya sendiri.

Jadi, sebetulnya jawabannya  cukup sederhana. Loki ‘memangkas’ dirinya sendiri untuk menyelaraskan eksistensinya. Hanya dengan ini eksistensinya sebagai Loki bisa berlanjut. Kita sedang berada di akhir waktu pada titik ini dari perspektif Loki nan sudah kita ikuti dari Episode 1. Kembali lagi pada konsep timeloop nan sempat diucapkan di awal-awal Episode 4 oleh O.B.

Kemana Loki Season 2 bakal Berlanjut pada Titik Ini?

Menjadi akhir nan tidak terduga bahwa nampaknya Loki berbareng kawan-kawannya rupanya tetap kandas dalam mempertahankan Temporal Loom nan meledak. Untuk memperbaiki Loom, seseorang kudu keluar dan terpapar radiasi nan sekarang semakin kuat. Cukup serupa dengan ketika Mobius melakukan aksinya di Episode 1 untuk menyelamatkan Loki.

Kali ini Loki nan menawarkan diri untuk mendekati Loom. Namun kemudian Victor Timely sendiri nan mengusulkan diri untuk mengeksekusi misi rawan tersebut. Namun kemudian berhujung dengan Victor nan hancur menjadi spaghetti lantaran paparan radiasi nan sudah terlalu kuat. Dengan matinya Victor Timely dalam misi tersebut, Loki, Sylvie, dan segenap pekerja TVA pun tak tahu apa nan kudu dilakukan sembari memandang Loom meledak di mata mereka.

“Loki” Season 2 tetap mempunyai dua bagian terakhir, meski bagian kali ini sudah terlihat seperti akhir dari keseluruhan timeline. Pertama, bisa jadi timeloop ini telah menjadi bagian dari rencana He Who Remains namalain Kang the Conqueror. Kita juga tetap perlu mengingat sejatinya Loki seperti ditakdirkan sebagai God of Mischief, selalu membikin segalanya kacau meskipun dia sekarang mengusahakan nan terbaik. Masih belum terbaca juga gimana akhir dari TVA dengan kegagalan memperbaiki Temporal Loom pada Episode 4 ini.

Kedua, dengan Loom nan hancur, mungkin karakter-karakter dalam “Loki” bakal terlempar ke beragam timeline berbeda. Bisa jadi kembali ke timeline original mereka masing-masing, mengingat mereka semua sebetulnya variant, manusia nan mempunyai kehidupan di Sacred Timeline.

Loki Season 2 (Episode 1) Review: Ouroboros

Loki Season 2 (Episode 2) Review: Breaking Brad

Loki Season 2 (Episode 3) Review: 1893

Selengkapnya
Sumber cultura
cultura