Jurusan Software Engineering, Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Sedang Trending 7 bulan yang lalu

Maukuliah.id – Kamu suka musik gak? Suka dengerin dan bikin musik? Pengen jadi DJ? Atau Anda mau mahir menggunakan perlengkapan sound system? Sekarang Anda bisa mempelajarinya secara umum di kampus nan menyediakan program studi Audio Engineering.

Penasaran gak, seperti apa sih bidang ini, apa saja nan dipelajari, gimana prospek kerja setelah lulus dan dimana kampus nan menyediakan bidang ini di Indonesia? Yuk simak semuanya disini.

Apa Itu Jurusan Audio Engineering?

Jurusan Audio Engineering adalah bidang nan mempelajari segala sesuatu berangkaian dengan keteknikan audio untuk musik, film, dan televisi, seperti mixing dan mastering menggunakan software pengolahan audio, menggunakan dan mengatur hardware audio studio, teknologi musik digital, teknik recording dan editing audio.

Program studi ini baru tersedia di beberapa lembaga penyelenggara pendidikan audio dan musik di Indonesia dan umumnya hanya berupa program kursus singkat, hanya beberapa pula nan menyelenggarakan program diploma dan sarjana untuk prodi ini.

Mata Kuliah nan Dipelajari di Jurusan Audio Engineering

Jurusan ini ada banyak mata kuliah mengenai pemrosesan bunyi nan bakal Anda pelajari. Tidak hanya itu, bidang ini juga bakal mengajarkan Anda tentang proses olah sinyal untuk mendapatkan bunyi nan berkualitas. Berikut ini adalah beberapa mata kuliah nan diajarkan di bidang Audio Engineering;

  • Communication Skill
  • Principle of Sound and Sound Production
  • Audio Technology
  • Fundamentals of Digital Audio
  • Signal Processing and Aural Perception
  • Studio Production
  • Electronic Music Production
  • Acoustic and Live Sound Production
  • Audio Post Production
  • Managing Record Company

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Audio Engineering

Prospek kerja dari lulusan bidang Audio Engineering begitu tinggi. Lulusan bidang ini juga begitu dibutuhkan dalam banyak bidang. Berikut ini beberapa prospek kerja dari bidang ini.

  • Audio Engineer

Profesi seorang audio engineer mungkin belum terlalu ramai diperbincangkan di Indonesia, dibandingkan dengan pekerjaan lain seperti bankir misalnya. Namun, pekerjaan ini begitu dibutuhkan, terutama untuk melakukan proses bunyi dalam studio, baik studio televisi maupun studio rekaman. Gaji seorang audio engineer ini juga tergolong sangat besar.

  • Konsultan Audio

Seorang lulusan dari bidang Audio Engineering juga dibekali dengan pengetahuan mengenai proses sinyal suara. Hal ini juga dibutuhkan dalam bagian bangunan bangunan, terutama jika sedang dalam perancangan pembangunan sebuah ruang rapat suara. Kamu bisa menjadi seorang konsultan nan memberikan pengetahuan Anda tentang semua perihal nan berangkaian dengan audio untuk membantu pembuatan ruang rapat suara.

  • Produser Suara

Seorang lulusan bidang ini juga mempunyai keahlian nan sangat cukup untuk menjadi seorang produser suara. Produser bunyi memang tetap belum terlalu terkenal dibandingkan sebagai seorang musisi alias artis. Namun, keberadaan produser bunyi ini sangat diperlukan oleh para musisi alias artis. Seorang produser bunyi nan ahli hingga sekarang tetap langka di Indonesia.

Kampus dengan Jurusan Audio Engineering

Sampai sekarang belum banyak universitas nan mempunyai bidang ini secara khusus. Kebanyakan bidang ini tetap menempel pada bidang lainnya. Beberapa universitas nan mempunyai bidang ini secara unik antara lain:

  1. SAE Indonesia
  2. Institut Kesenian Jakarta Institut Teknologi Bandung (ITB)

Selengkapnya
Sumber Informasi Seputar Pendidikan
Informasi Seputar Pendidikan