Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Sedang Trending 7 bulan yang lalu

Mau jadi pembimbing bahasa arab? Bisa banget dong guys. Caranya mudah aja kok, Anda bisa memasuki bidang ini jika Anda mau menjadi guru. Nah, di bidang ini Anda nggak hanya sekadar belajar bahasa arab saja. Tapi Anda juga diberikan materi tentang bahasa arab dan juga tentang Al Qur’an dan hadist.

Duh, nggak usah lama-lama deh, mari kita simak ulasan di bawah ini ya.

Apa Itu Jurusan Pendidikan Bahasa Arab?

Jurusan pendidikan bahasa arab adalah bidang nan sangat erat dengan pelajaran bahasa arab. Kamu juga bakal lebih banyak belajar tentang linguistik, kesusasteraan, dan semua aspek pendidikan. Jadi bakal seru banget deh jika Anda belajar ini.

Btw nih, bidang bahasa arab ini cakupannya sangat luas lho. Kamu juga bakal diajari tentang pengetahuan kewirausahaan di bagian bahasa arab juga. Selain itu, Anda juga bisa menjadi translator bahasa arab lho ketika lulus nanti.

Mata Kuliah nan Dipelajari di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Selama menempuh pendidikan di bidang ini, Anda bakal menemui beberapa mata kuliah nan dipelajari di bidang ini antara lain:

  • Akhlak tasawuf
  • Filsafat ilmu
  • Tauhid
  • Ushul fiqh
  • Filsafat pendidikan islam
  • Sharf
  • Nahwu
  • Al kitabah
  • Al Qira’ah
  • Al Istama’ Wa Al Kalam
  • Manajemen pendidikan
  • Pengembangan kurikulum bahasa arab
  • Sosiolinguitik
  • Al Tarjamah Al Fauriyyah
  • Dll.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Ketika lulus nanti, Anda bakal terjun langsung ke beberapa pekerjaan ini:

  • Penerjemah
  • Dosen
  • Guru
  • Content Writer

Kampus dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Kampus mana saja sih nan menyediakan bidang ini? Berikut adalah listnya.

  1. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  2. Universitas Negeri Jakarta
  3. Universitas Negeri Semarang
  4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  5. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  6. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  7. dll

Selengkapnya
Sumber Informasi Seputar Pendidikan
Informasi Seputar Pendidikan