Jonathan Rea : Yamaha Dulu Musuh Sekarang Teman

Sedang Trending 7 bulan yang lalu

RiderTua.com – Minggu (5/11/23), Jonathan Rea merayakan 9 tahun berbareng Kawasaki di Kejuaraan Dunia Superbike. Hanya selang sehari kemudian alias tepatnya pada hari Senin, pembalap asal Irlandia Utara itu duduk satu meja dalam jamuan makan malam berbareng tim Pata Yamaha dengan ditemani oleh istrinya Tatia dan dua putranya Jack dan Tyler.

“Ini sungguh tidak bisa dipercaya, transisi nan terlalu sigap apalagi baginya, setelah bertahun-tahun berada di ‘genk’ hijau. Kami menjalani hari nan menyenangkan pada hari Senin. Senang sekali bisa mengenal pembalap nan pernah menjadi musuh kami dan keluarganya. Meski melelahkan, anehnya prosesnya menyenangkan. Ini adalah momen nan sangat real,” kata bos tim Pata Yamaha, Paul Denning.

Jonathan Rea - Toprak RazgatliogluJonathan Rea – Toprak Razgatlioglu

Jonathan Rea : Yamaha Dulu Musuh Sekarang Teman

Akhir musim seperti tahun ini jarang dinantikan. Dengan Toprak Razgatlioglu ke BMW dan Jonathan Rea ke Yamaha, dua dari tiga pembalap top superbike berganti tim. Sementara pembalap asal Turki itu kudu menunggu hingga 4 Desember, pembalap berumur 36 tahun itu sudah menunggangi motor barunya pada tes pramusim pertama pada hari Selasa dan Rabu minggu ini di Jerez.

Terlepas dari profesionalisme semua orang nan terlibat, kita tidak boleh lupa bahwa terutama dalam 4 tahun terakhir, telah terjadi persaingan nan kuat antara Rea dan pendahulunya di Yamaha, Toprak Razgatlioglu dan timnya. Mengatasi beberapa peristiwa negatif memerlukan kekuatan dan usaha.

“Tentu saja kami menjadi pesaing beratnya dalam beberapa tahun terakhir, terutama ketika Toprak datang kepada kami, tetapi juga sebelumnya dengan Alex Lowes dan Michael van der Mark. Hal ini pasti menimbulkan sejumlah permusuhan dan emosi bahwa kami bukanlah kawan terbaik lantaran nan mau kami lakukan hanyalah saling mengalahkan. Apalagi setelah peristiwa Toprak pada tahun 2021 dan apalagi setelahnya,” kata Denning.

Sebagai pengingat, pada balapan di Magny-Cours 2021, kemenangan Razgatlioglu dicabut di balapan Superpole setelah dia mencela Rea dan kru Kawasaki-nya. Namun perihal itu sudah berlalu dan Rea sekarang berbalik memuji tim Yamaha-nya dan juga terkesan dengan Yamaha R1.

Jonathan ReaJonathan Rea

Denning juga mengungkapkan bahwa dirinya telah mengusulkan tawaran kepada Jonathan Rea sebelumnya, saat dia belum menjadi juara bumi 6 kali dan pemenang Superbike 119 kali.

“Saya pernah mencoba merekrut Johnny ke Suzuki di BSB pada tahun 2007 dan kandas lantaran dia mengambil jalur nan berbeda saat itu. Tetapi itu tidak sia-sia baginya lantaran itu membawanya ke kejuaraan bumi dan sekarang dia berada di sini sebagai juara bumi 6 kali. Saya tidak meletakkan dendam padanya atas keputusannya saat itu,” pungkas Denning sembari tersenyum.

Post navigation

Selengkapnya
Sumber Informasi Otomotif Ridertua
Informasi Otomotif Ridertua