Apa Itu Personal Branding? Definisi, Tujuan, Manfaat, & Cara

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Dalam bumi kerja, terutama nan berasosiasi dengan bisnis, Anda mungkin sering kali mendengar istilah Personal Branding. Hal ini sering kali dikaitkan dengan kesuksesan karir seorang perseorangan hingga kesuksesan suatu upaya alias instansi. Apa itu individual branding? Mengapa itu perlu dilakukan untuk menunjang kesuksesan? Bagaimana langkah melakukannya? Berikut pembahasannya.

Personal Branding

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding merupakan suatu proses membangun gambaran diri nan positif dan otentik di mata publik. Aktivitas ini merupakan upaya nan disengaja untuk mempengaruhi alias menciptakan persepsi publik tentang perseorangan alias lembaga dengan memposisikan pelaku sebagai otoritas dalam industrinya, sehingga meningkatkan kredibilitas, dan menjadikannya lebih menonjol dari para competitor.

Tujuan Personal Branding

Personal branding bermaksud untuk meningkatkan daya tarik pelaku di hadapan publik. Secara spesifik, tujuan individual branding adalah sebagai berikut:

1. Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan

Dengan melakukan individual branding, Anda dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap hal-hal nan berasal dari Anda baik berupa kata-kata, produk, dan lain-lain. Misalnya sebagai narasumber, pendapat Anda bakal dianggap lebih benar, alias dalam segi bisnis, produk nan Anda jual bakal dianggap lebih berkualitas.

2. Membuat Diri Lebih Menonjol

Personal branding nan sukses bakal membikin pelakunya terlihat lebih menonjol daripada competitornya. Pelaku bakal lebih disadari dalam bagian nan digeluti.

3. Menyampaikan Visi

Melakukan individual branding bisa sekaligus mempublikasikan pendapat, tujuan, alias visi Anda dalam beraktivitas di bagian nan Anda geluti. Nilai-nilai nan Anda miliki bisa tersampaikan kepada audience alias komsumen Anda.

Manfaat Personal Branding

Jika Anda sudah mempunyai kredibilitas dan kepercayaan dari pelanggan, lebih menonjol dari competitor, dan publik memahami visi Anda dengan jelas, Anda bakal semakin dekat dengan tujuan Anda. Jadi secara umum, individual branding berfaedah mempermudah Anda untuk mencapai tujuan. Secara spesifik, individual branding dapat dimanfaatkan baik secara perseorangan maupun berkelompok (instansi) seperti berikut:

1. Manfaat Personal Branding Untuk Individu

Membangun Pertemanan alias Mendapatkan Pasangan

Dengan individual branding nan baik, Anda bisa lebih mudah menjalin pertemanan dengan orang baru dan membangun organisasi pertemanan Anda. Selain itu, perihal ini berpotensi menarik perhatian musuh jenis nan berpotensi menjadi pasangan hidup Anda.

Mendukung Karier

Personal branding nan bagus bakal memudahkan Anda dalam membangun hubungan dengan orang-orang nan berasosiasi dengan karir Anda, misalnya rekan bisnis, alias para recruiter nan memerlukan jasa Anda. Baca juga 7 Cara meningkatkan Jenjang Karir.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Melakukan individual branding berfaedah Anda meninjau kembali poin-poin positif nan Anda miliki. Dengan mengetahui perihal tersebut, Anda juga sekaligus meningkatkan kepercayaan diri.

2. Manfaat Personal Branding Untuk Instansi / Bisnis

Meningkatkan Pelanggan

Melalui individual branding, kredibilitas dan kepercayaan pengguna bakal semakin meningkat. Selain itu, Anda bakal terlihat lebih menonjol sehingga bakal lebih disadari oleh orang-orang baru nan berpotensi menjadi pengguna baru Anda.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Jika kredibilitas semakin baik dan kepercayaan pengguna terjaga, maka loyalitas pengguna pun bakal semakin meningkat. Dengan demikian, kemungkinan pengguna untuk beranjak ke competitor Anda juga semakin kecil.

Memudahkan Menjalin Kerjasama

Saat Anda mau menjalin kerjasama dengan upaya milik orang lain, terutama nan mempunyai skala nan lebih besar dan lebih sukses, tentunya kredibiltas Anda bakal sangat berpengaruh untuk mendapatkan kepercayaan dari calon mitra upaya Anda. Seberapa bagus individual branding nan Anda lakukan bakal jadi aspek penentunya.

Cara Melakukan Personal Branding

Bagi Anda nan mau membangun individual branding nan kuat, berikut adalah beberapa perihal sederhana nan dapat Anda lakukan:

1. Kenali Identitas Anda

Anda kudu mengidentifikasi diri Anda sendiri dengan baik. Mengenali apa kelebihan dan kelemahan Anda. Hal-hal apa nan sudah Anda miliki dan bisa mendukung tujuan Anda. Hal ini juga bertindak baik untuk pribadi maupun lembaga Anda.

2. Menentukan Tujuan

Tentukan tujuan dari individual branding Anda. Tergantung tujuannya, info nan perlu ditampilkan pada individual branding Anda bakal berbeda.

3. Jadi Diri Sendiri dan Otentik

Pastikan Anda konsentrasi pada info nan betul-betul Anda miliki, tidak berlebihan dan tidak memuat info palsu, lantaran bakal menyusahkan diri sendiri. Kejujuran adalah aspek terpenting untuk memperoleh kepercayaan audiens Anda.

4. Memasarkan

Setelah konsep individual branding Anda sudah siap, sebar luaskan seluas mungkin. Gunakan beragam media untuk mencapai audiens nan berbeda.

5. Konsisten

Pastikan aktivitas apapun nan Anda lakukan, terutama nan sampai alias disaksikan oleh audiens Anda betul-betul menggambarkan gambaran nan mau Anda bangun.

Selengkapnya
Sumber Info Tekno Bhinneka
Info Tekno Bhinneka