30 Resep kentang balado rumahan, menu sederhana favorit keluarga

Sedang Trending 8 bulan yang lalu
30 Resep kentang balado rumahan, menu sederhana favorit keluarga

foto: Instagram/@maia_damanik; Instagram/@yoanitasavit

- Kentang merupakan sumber karbohidrat nan mempunyai kandungan seperti serat, protein, folat, vitamin C, dan banyak lagi. Kandungan tersebut pun bagus untuk kesehatan dan menjaga berat badan. Nggak heran jika kentang adalah salah satu makanan nan dikonsumsi saat diet.

Kandungan nutrisi pada kentang juga bisa membantu mengontrol gula darah, mencegah penyakit kronis, baik untuk diet, dan tetap banyak lagi tentunya. Agar bisa merasakan manfaatnya, Anda dapat memasak kentang jadi beragam makanan rumahan nan nikmat.

Salah satunya adalah kentang balado. Bumbu balado sendiri merupakan ramuan unik Minang dengan rasa nan pedas dan gurih. Olahan satu ini cocok banget buat Anda fans makanan pedas. Ditambah dengan bahan pelengkap lain seperti ati rempela bisa menambah kenikmatannya.

Buat nan mau coba yuk langsung eksekusi di rumah melalui resep kentang balado nan sudah BrilioFood rangkum dari beragam sumber pada Selasa (7/11).

1. Kentang ati rempela balado.

30 Resep kentang balado rumahan, menu sederhana favorit keluarga

foto: Instagram/@lilyminarosa

Bahan:
- 4 buah kentang, pangkas dadu, goreng
- 3 pasang ati ampela
- 1 sdt masam jawa
- 1 batang serai
- Sejempol lengkuas
- 1 lembar daun salam
- 10 lembar daun jeruk
- 3 sdm santan instan
- Secukupnya garam, gula, lada

Bumbu halus:
- 3 buah bawang putih
- 6 buah bawang merah
- 80 gr cabe merah dan rawit
- 1/2 sdt terasi

Cara membuat:
1. Rebus ati rempela dengan masam untuk menghilangkan aroma nya, tiriskan, potong-potong. Goreng sejenak di minyak panas sampai kering.
2. Tumis ramuan halus, serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam sampai wangi, masukkan santan, garam, gula, kaldu bubuk, lada, kombinasi rata.
3. Masukkan kentang dan ati rempela goreng, kombinasi rata kembali, koreksi rasa, kombinasi lagi sejenak agar meresap, sajikan.

(brl/mal)

Selengkapnya
Sumber Info Kuliner briliofood
Info Kuliner briliofood