RiderTua.com – Honda E-Clutch memungkinkan pengendara untuk start, berakhir dan mengganti gigi tanpa menggunakan tuas kopling. Membuka aspek baru dalam pengalaman berkendara. Mereka menyebutnya Next level riding…
Jika pengendara sepeda motor sport biasanya direpotkan dengan ritual tukar gigi, namun sekarang ada nan baru dan membikin pengendara lebih nyaman.. Honda menawarkan fitur Honda E-Clutch. Ini adalah teknologi baru dan unik dari Honda nan berfaedah pengendara tidak perlu menggunakan tuas kopling untuk start, menghentikan, alias mengganti gigi naik alias turun. Kontrolnya mulus dan instan, lebih baik daripada pengendara nan sudah ahli dan membikin momen menikung menjadi lebih menyenangkan, dan tentu saja bakal nyaman berkendara di kemacetan di perkotaaan dan bebas stres. Dan Honda juga memberikan pilihan menggunakan kopling secara manual nan bisa diubah kapan saja, tergantung pilihan kita.
Varian Honda CB650R dan CBR650R terbaru menjadi motor pertama nan diluncurkan dengan teknologi Honda E-Clutch sebagai pilihan fans Honda.
Cara Kerja Honda E-Clutch
Honda E-Clutch membuka aspek baru dalam pengalaman berkendara bagi setiap jenis pengendara, mulai dari pemula hingga pengendara nan sudah mahir dan berpengalaman. Dibutuhkan komponen teknologi dan keahlian quickshifter, kopling nan dioperasikan secara manual, dan teknologi Transmisi Kopling Ganda unik dari Honda untuk menciptakan perpaduan unik ini.
Selama pergantian gigi, motor menggunakan kombinasi selaras antara pengoperasian ‘setengah kopling’, penghentian injeksi bahan bakar, dan kontrol pengapian untuk menghilangkan ‘kejutan saat perpindahan gigi’ agar pengoperasian terasa halus-mulus seperti skutik. Kontrol koplingnya sendiri diatur melalui unit aktuator (mirip dengan nan digunakan pada gearbox Transmisi Kopling Ganda unik Honda) nan ditempatkan di dalam penutup mesin sebelah kanan. nan kudu dilakukan hanyalah menggunakan throttle dan mengganti gigi melalui pedal shift. Dan jika pengendara mau menggunakan kopling secara manual kapan saja, cukup ambil tuas koplingnya dan gunakan seperti biasa. Dan selang beberapa detik teknologi E-Clutch kembali menyala. Alternatifnya, ada pilihan untuk mematikan sepenuhnya melalui layar TFT agar sesuai dengan kemauan pengendara.
Mungkin kita bisa membayangkan moge ini serasa motor bebek dengan kopling semi auto…