Tips Kerja Nyaman Saat Datang Bulan Buat Kaum Perempuan, Nih!

Sedang Trending 9 bulan yang lalu

Datang bulan alias menstruasi adalah proses alami nan dialami oleh setiap wanita. Namun, tidak jarang datang bulan juga menyebabkan beberapa keluhan, seperti kram perut, nyeri punggung, lemas, pusing, alias mood swing.

Hal ini tentu bisa mengganggu kenyamanan dan produktivitas kerja Anda. Lalu, gimana langkah mengatasi masalah ini? Berikut adalah beberapa tips kerja nyaman saat datang bulan.

Baca Juga: 9 Channel Youtube untuk Aktivitas Bareng Anak

1. Minum air putih nan cukup

Air putih dapat membantu menghidrasi tubuh dan mencegah dehidrasi nan bisa memperparah kram perut. Selain itu, air putih juga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.

2. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

7 buahpikiran Traktiran Makanan untuk Rayakan Ulang Tahun di Kantor

Makanan sehat dan bergizi dapat memberikan daya dan nutrisi nan dibutuhkan tubuh saat datang bulan. Hindari makanan nan mengandung kafein, gula, garam, alias lemak berlebih, lantaran bisa memicu peradangan dan kembung.

Beberapa makanan dapat membantu meredakan peradangan, meningkatkan sirkulasi darah, dan menyeimbangkan hormon nan berkedudukan dalam siklus haid. Berikut adalah beberapa contoh makanan nan baik untuk dikonsumsi saat haid:

  • Jahe

Jahe mempunyai sifat anti-inflamasi dan antinyeri nan dapat membantu mengurangi kram dan nyeri haid. Jahe juga dapat membantu mengatasi mual dan kembung nan sering terjadi saat haid. Anda bisa meminum air jahe hangat alias menambahkan jahe ke dalam masakan Anda.

  • Pisang

Pisang kaya bakal potasium, magnesium, dan vitamin B6 nan dapat membantu mengendurkan otot-otot rahim dan mengurangi retensi cairan.

Pisang juga dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres nan bisa memperparah rasa sakit saat haid. Anda bisa makan pisang langsung alias membikin smoothie pisang dengan susu alias yogurt.

  • Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau nan kaya bakal kalsium, unsur besi, vitamin C, dan serat. Kalsium dapat membantu meredakan kram dan nyeri haid, unsur besi dapat membantu mengganti darah nan lenyap saat haid, vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Anda bisa mengonsumsi brokoli dengan langkah dikukus, ditumis, alias dibuat sup.

  • Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah camilan nan lezat dan sehat untuk dikonsumsi saat haid. Cokelat hitam mengandung antioksidan, flavonoid, dan magnesium nan dapat membantu meningkatkan aliran darah ke rahim, menenangkan saraf, dan meningkatkan produksi endorfin nan dapat membikin Anda merasa lebih bahagia.

Pilihlah cokelat hitam dengan kadar kakao minimal 70% dan hindari cokelat nan mengandung gula alias lemak berlebih.

3. Tips kerja nyaman saat datang bulan, lakukan peregangan alias olahraga ringan

Peregangan alias olahraga ringan dapat membantu meredakan ketegangan otot dan nyeri pada area perut dan punggung. Anda bisa melakukan yoga, pilates, melangkah kaki, alias bersepeda santuy selama 15-30 menit setiap hari. 

4. Gunakan pembalut nan nyaman dan sesuai ukuran

Pembalut nan nyaman dan sesuai ukuran dapat mencegah iritasi pada kulit dan jangkitan pada area kewanitaan. Ganti pembalut setiap 3-4 jam sekali alias sesuai kebutuhan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

Baca Juga: Apa Bedanya Tahun Baru Islam dan Tahun Baru Masehi?

5. Tips kerja nyaman saat datang bulan, Bawa perlengkapan cadangan

Anda tidak pernah tahu kapan datang bulan bakal tiba alias berapa banyak darah nan bakal keluar. Oleh lantaran itu, selalu bawa perlengkapan cadangan, seperti pembalut, celana dalam, obat pereda nyeri, alias bantal penghangat.

6. Istirahat nan cukup

Istirahat nan cukup dapat membantu tubuh pulih dari kelelahan dan stres nan bisa mempengaruhi hormon dan siklus menstruasi Anda. Cobalah untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam dan hindari begadang alias aktivitas berat sebelum tidur.

7. Atur emosi dengan baik

Datang bulan bisa membikin Anda lebih sensitif dan mudah tersinggung lantaran perubahan hormon. Hal ini bisa berakibat pada hubungan Anda dengan rekan kerja alias atasan. Atur emosi Anda dengan baik dan jangan biarkan hal-hal sepele membikin Anda marah alias sedih.

Baca Juga: Apa Efek Radiasi Laptop terhadap Kesehatan Kita?

8. Mintalah support jika perlu

Jika Anda merasa tidak bisa untuk menyelesaikan pekerjaan Anda lantaran datang bulan, jangan ragu untuk minta support dari rekan kerja alias pemimpin Anda. Jelaskan situasi Anda dengan sopan dan ahli dan minta mereka untuk mengerti dan membantu Anda.

Datang bulan memang bisa menjadi tantangan tersendiri bagi wanita pekerja. Namun, dengan tips-tips di atas, Anda bisa tetap bekerja nyaman saat datang bulan. Ingatlah bahwa datang bulan adalah perihal nan normal dan tidak perlu malu alias minder lantaran mengalaminya.

Selengkapnya
Sumber Gaya Hidup dan Wisata
Gaya Hidup dan Wisata