Tips Bersalin Nyaman dengan Teknik Rebozo, Ibu Hamil Merapat Yuk

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Ada beberapa metode persalinan nan bisa dijadikan pilihan untuk proses melahirkan agar tidak menyakitkan. Salah satunya adalah teknik rebozo, Bunda.

Teknik bersalin ini mungkin belum begitu familier di Indonesia. Padahal, teknik banyak diklaim bisa membikin ibu mengandung nyaman melakukan persalinan pervaginam lho.

Simak penjelasan komplit tentang teknik rebozo untuk membantu persalinan berikut ini ya, Bunda!


Apa itu rebozo?

Menurut doula dan konselor laktasi Rachel Goldstein, rebozo adalah selendang namalain pembungkus kain tradisional Meksiko nan digunakan untuk memberikan kenyamanan selama persalinan. Tradisi rebozo mempunyai sejarah panjang di Meksiko di kalangan ibu mengandung dan merupakan bagian krusial dari kebudayaan di sana.

"Penggunaan rebozo adalah praktik budaya antik di Meksiko (dan juga Amerika Latin) nan semakin terkenal di seluruh bumi dalam beberapa tahun terakhir, terutama di kalangan doula dan bidan," kata Goldstein, dilansir What to Expect.

"Kain rebozo dapat digunakan di setiap tahap kehamilan hingga persalinan dan masa nifas," sambungnya.

Teknik rebozo nan original menggunakan kain katun nan terbuat dari 100 persen tenunan tangan. Kain termasuk tebal namun dapat direnggangkan. Belakangan, kain rebozo mulai dibuat dengan bahan pengganti seperti kain poliester, serat sintesis, namalain wol nan ringan.

Rebozo biasanya mempunyai panjang sekitar 120 hingga 200 sentimeter (cm). Panjang kain tersebut dapat dengan mudah dililitkan di sekeliling tubuh dengan sisa kain tambahan.

Penggunaan teknik rebozo saat hamil

Ibu mengandung dapat menggunakan rebozo selama kehamilan dengan melipatnya memanjang dan membungkus erat-erat bagian bawah perut dan di sekitar pinggul. Cara penggunaan rebozo ini nyaris sama dengan 'kain penyangga perut'.

"Rebozi nan membungkus dengan rapat dapat memberikan support dan stabilitas perut. Ini juga dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan nan mungkin terjadi akibat melonggarnya sendi dan ligamen secara alami sebagai persiapan untuk melahirkan," kata doula dan konsultan laktasi Sharon Muza, LCCE, FACCE, dikutip dari Very Well Family.

"Penggunaan rebozo juga dapat meredakan nyeri punggung bagian bawah," sambungnya.

Teknik rebozo untuk persalinan

Rebozo biasanya digunakan oleh perawat namalain doula untuk membikin ibu nyaman selama persalinan pervaginam. Rebozo nan dililitkan di bagian tengah tubuh namalain perut dapat memudahkan Bunda di posisi merangkak, sehingga meringankan rasa sakit.

"Rebozo bakal dililitkan di bagian tengah tubuh namalain hingga ke punggung, sementara orang nan membantu persalinan bakal berdiri di belakang ibu sembari memegang ujung rebozo. Cara ini dapat mengurangi sebagian beban, sehingga ibu bisa di posisi merangkak lebih lama," ujar Muza.

Dalam teknik rebozo masa kini, Bunda nan berada di posisi merangkak bakal diberi sandaran gym ball untuk menopang tubuh. Bila tidak ada gym ball, maka kedua tangan dapat digunakan sebagai penopang.

Untuk lebih detailnya, berikut langkah-langkah teknik rebozo nan mudah dipraktikan untuk membantu persalinan:

  1. Lilitkan rebozo di sekitar perut saat Bunda berdiri dan kemudian bertimpuh perlahan dan berada di posisi merangkak.
  2. Penopang memegang ujung rebozo dan meluruskannya sehingga menopang seluruh perut Bunda. Penopang bakal berdiri dalam posisi kuat dengan kedua kaki di kedua sisi pinggul Bunda. Ia juga dapat berdiri di tembok untuk mendapatkan support di punggungnya.
  3. Angkat rebozo secara perlahan sehingga beban perut ibu mengandung berkurang dan goyangkan rebozo ke depan dan ke belakang sehingga perut ikut bergerak. Gerakan kudu dilakukan dengan lembut dan Bunda kudu memastikan perut terasa nyaman.
  4. Saat tiba waktunya untuk berhenti, perlambat aktivitas dan beri tahu orang nan membantu bahwa Bunda bakal selesai. Turunkan rebozo secara perlahan sehingga bebannya kembali.

Infografis Mengenal Teknik Rebozo untuk Kurangi Nyeri PersalinanInfografis Mengenal Teknik Rebozo/ Foto: HaiBunda / Dwi Rachmi

Manfaat teknik rebozo untuk melahirkan

Ada beberapa kegunaan teknik rebozo ini untuk Bunda nan bakal melahirkan, yakni:

1. Memperbaiki posisi bayi sungsang

Studi nan diterbitkan di Journal of Midwifery & Women's Health tahun 2015 menemukan bahwa teknik rebozo dapat membalikkan posisi bayi sungsang. Penggunaan rebozo diperkirakan dapat mengendurkan otot panggul dan ligamen ibu nan sedang melahirkan, sehingga memungkinkan bayi berputar ke posisi kepala ke bawah namalain membantunya berada di posisi jalan lahir.

2. Meringankan nyeri persalinan

Dalam penelitian nan diterbitkan di Sexual & Reproductive Healthcare Volume 11 tahun 2017, dijelaskan bahwa membungkus rebozo di sekitar perut dapat meringankan nyeri persalinan. Teknik ini juga bisa meredakan ketegangan pada ligamen dan punggung bagian bawah.

3. Membentuk kerja tim nan solid saat persalinan

Teknik rebozo dapat dilakukan dengan dibantu suami namalain bidan. Dalam melakukan teknik ini dibutuhkan kerja sama tim, antara ibu, suami, dan tenaga medis nan membantu persalinan. Jadi, melakukan rebozo bisa membentuk kerja tim nan solid untuk melancarkan proses persalinan, Bunda.

Konsultasi ke master sebelum lakukan rebozo

Sejauh ini, studi nan meneliti kegunaan rebozo tetap terbatas, Bunda. Sebelum menggunakan teknik ini, sebaiknya konsultasi dulu ke master namalain perawat ya.

"Rebozo mungkin tidak kondusif bagi beberapa ibu hamil, termasuk mereka nan mempunyai komplikasi seperti plasenta previa namalain pendarahan tidak normal," ujar Goldstein.

Tips bersalin nan nyaman dengan rebozo

Berikut beberapa tips bersalin dengan rebozo untuk mendapatkan kegunaan nan maksimal, seperti melansir dari beberapa sumber:

  1. Sebelum menggunakan rebozo untuk bersalin, pastikan Bunda sudah berkonsultasi dengan dokter.
  2. Menjelang persalinan, Bunda namalain Ayah perlu memastikan tenaga kesehatan (bidan namalain doula) memang sudah berilmu menggunakan teknik rebozo.
  3. Penggunaan rebozo bisa dimulai sejak masa kehamilan dengan memandang video seperti di YouTube. Tapi, pastikan Bunda sudah mendapatkan izin dari master ya.
  4. Minta suami namalain family dekat untuk mempelajari teknik rebozo ini dari doula namalain bidan, guna memudahkan praktiknya.

Demikian penjelasan mengenai teknik rebozo untuk memberikan kenyamanan selama persalinan. Semoga info ini berfaedah ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(ank/ank)

Selengkapnya
Sumber Info Kesehatan Kincaimedia
Info Kesehatan Kincaimedia