Tak perlu repot merebus dulu, ini cara mengempukkan daging kambing dalam 15 menit pakai 1 bahan dapur

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
Tak perlu repot merebus dulu, ini langkah mengempukkan daging kambing dalam 15 menit pakai 1 bahan dapur

foto: YouTube/Spice ‘N’ Cream

- Daging kambing sering disajikan di momen spesial, seperti Idul Adha, Idul Fitri, akikah, pernikahan, dan lain sebagainya. Siapapun nan punya kegemaran memasak bisa bereksperimen mengolah daging satu ini, baik jadi gulai, sate, steak, soto, tongseng, dan tetap banyak lagi.

Namun saat mengolah daging kambing kudu diperhatikan lama memasaknya. Pasalnya, daging hewani satu ini punya serat-serat cukup alot, sehingga butuh waktu condong lama untuk memasaknya sampai empuk. Bahkan, tak jarang orang-orang kudu memasak daging kambing sampai 2 alias 3 jam agar bisa empuk, lho.

Teknik mengempukkan daging kambing paling umum ialah direbus, baik pakai air saja alias ditambahkan dengan bahan lain. Ada sejumlah bahan nan dipercaya bisa bantu percepat daging kambing lembek selagi direbus, misalnya dengan tambahan daun jambu, daun salam, nanas, dan lainnya.

Namun, jika Anda ogah buang-buang waktu lama untuk merebusnya, daging kambing bisa diempukkan dengan langkah lain, lho. Salah satu caranya sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube Spice ‘N’ Cream. Pria ini menjelaskan, langkah ini bisa Anda praktikkan hanya dalam 15 menit mengandalkan satu bahan dapur.

Sebelum memulai caranya, siapkan dulu 1 buah mangkuk. Kemudian, masukkan 1,5 sdt baking soda ke dalam mangkuk tersebut. Yup, bahan dapur satu inilah nan jadi jalan ninja untuk mengempukkan daging kambing. Lalu, larutkan baking soda tersebut dengan air secukupnya.

Tak perlu repot merebus dulu, ini langkah mengempukkan daging kambing dalam 15 menit pakai 1 bahan dapur

foto: YouTube/Spice ‘N’ Cream

Usai baking soda larut, langsung rendam semua potongan daging kambing ke dalamnya. Kemudian tutup wadahnya dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Pemilik akun YouTube Spice ‘N’ Cream menjelaskan, Anda juga bisa mempraktikkan langkah ini pada daging domba alias sapi.

Tak perlu repot merebus dulu, ini langkah mengempukkan daging kambing dalam 15 menit pakai 1 bahan dapur

foto: YouTube/Spice ‘N’ Cream

Setelah direndam minimal 15 menit, bilas daging sebelum dimasak jadi hidangan apapun sesuai selera. Proses mencucian ini untuk menghilangkan rasa baking soda nan tertinggal pada daging. Dengan begitu, rasa daging tidak terkontaminasi dengan baking soda.

"Wash 2-3 times with fresh water before cooking (Cuci 2 sampai 3 kali dengan air bersih sebelum dimasak)," tegas pemilik akun YouTube Spice ‘N’ Cream, dikutip BrilioFood pada Minggu(16/6).

(brl/mal)

Selengkapnya
Sumber Info Kuliner briliofood
Info Kuliner briliofood