Present Continuous Tense: Pengertian, Rumus, & Contoh Kalimat

Sedang Trending 8 bulan yang lalu

MAUKULIAH.ID – Hai Sobat Miku! Pernahkah Anda mengobrol dalam percakapan sehari-hari dan sedang menjelaskan apa nan sedang Anda lakukan? Dalam Bahasa Inggris obrolan tersebut adalah bagian dari present continuous tense.

Hayo.. apakah ada nan pernah mendengar tenses ini? Bagi Anda nan belum mengerti apa itu present continuous tense gak perlu khawatir, lantaran Miku bakal ajak Anda mempelajari materi ini. Check this out!

Pengertian Present Continuous Tense

Sebelum membahas apa itu present continuous tenses, Miku mau menjelaskan apa itu present. Jadi di dalam Bahasa Inggris present mengacu pada waktu “masa kini”, sedangkan continuous adalah kejadian (event) nan sedang terjadi pada saat pembicaraan berlangsung.  

Nah berasas penjelasannya, present continuous tense adalah kalimat nan digunakan untuk menjelaskan kejadian pada masa sekarang. Mungkin Sobat Miku bertanya-tanya, apa bedanya dengan simple present?

Simple present tense menjelaskan kalimat nan digunakan pada masa sekarang namun berulang-ulang, seperti “aku pergi ke sekolah setiap hari”, sedangkan kalimat present continuous tense menjelaskan keadaan sekarang, contohnya “aku sedang belajar,”

Jadi jika Sobat Miku mau menjelaskan aktivitas nan dilakukan pada masa sekarang (now) maka dapat menggunakan present continuous tense. Agar Sobat Miku gak bingung, yuk kita telaah rumus present continuous tense.

Baca juga: Pengertian Simple Present Tense, Rumus, & Contoh Kalimat

Rumus Present Continuous Tense

Rumus present continuous tense (1)

Rumus present continuous tense terdiri dari subject + be (am/are/is) + verb1 -ing + complement. Untuk to be Sobat Miku dapat menggunakan am, is, are ya. Pada penggunaan rumus present continuous tense ini, kata kerja selalu ditambahkan dengan -ing. Jadi misalnya kata dasar read ketika Anda menggunakan present continuous tense menjadi reading, contoh kalimatnya she is reading the book (dia sedang membaca kitab itu. 

Contoh Kalimat Present Continuous Tense

Aplikasi dari present continuous tense cukup mudah kok jika sudah mempelajari rumusnya. Agar Sobat Miku gak bingung, berikut adalah contoh kalimat present continuous tense.

Contoh 1

(+) she is working at the cafe now (dia sedang bekerja di cafe sekarang)

(-) she is not working at all (dia tidak sedang bekerja di cafe sekarang)

(?) Is she working at the cafe now? (apakah dia sedang bekerja di cafe sekarang)

Contoh 2

(+) My mom is cooking for our dinner right now (ibuku sedang memasak untuk makan malam kali sekarang)

(-) My mom is not cooking for our dinner right now  (ibuku tidak sedang memasak untuk makan malam kali sekarang)

(-) Is my mom cooking for our dinner right now? (apakah ibuku sedang memasak untuk makan malam kali sekarang)

Contoh 2

(+) My friend is trying to learn so hard to get the highest score in this exam (temanku sedang mencoba belajar begitu keras untuk mendapatkan nilai tertinggi di ujian)

(-) My friend is not trying that hard to get the highest score in this exam (temanku tidak sedang mencoba belajar begitu keras untuk mendapatkan nilai tertinggi di ujian)

(?) Is my friend is trying so hard to get the highest score in this exam (apakah temanku sedang mencoba belajar begitu keras untuk mendapatkan nilai tertinggi di ujian?)

Baca juga: Pengertian Past Tense, Rumus, & Contoh

Nah itu tadi penjelasan mengenai rumus dan contoh kalimat present continuous tense. Semoga membantu Sobat Miku memahami penggunaan tenses ini ya. Untuk materi lainnya mengenai bumi sekolah dan info jurusan, Sobat Kuliah dapat mengunjungi maukuliah.id ya!

Selengkapnya
Sumber Informasi Seputar Pendidikan
Informasi Seputar Pendidikan