Pivot upaya adalah salah satu strategi untuk memajukan upaya Anda seperti semula. Cara ini bisa dilakukan ketika Anda merasa upaya tidak bakal memperkuat lama. Anda perlu mengubah pendekatan upaya secara signifikan untuk mencapai kesuksesan nan lebih besar.
Tidak semua pebisnis bisa melakukan ini. Pasalnya, ketika upaya berada di titik rendah, pemilik biasanya susah berpikir dengan jernih.
Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada jasa Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 alias kunjungi laman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!
Oleh karena itu, Otoklix bakal memberikan beberapa kisah upaya nan sukses menggunakan strategi pivot bisnis. Semoga bisa memotivasi Anda untuk memajukan usaha!
Baca juga: 11 Strategi dan Cara Bersaing dengan Kompetitor
Pivot Bisnis Adalah
Seperti nan sudah disinggung sebelumnya, pivot upaya adalah upaya nan dilakukan untuk memajukan alias mempertahankan sebuah upaya dengan mengubah arah pendekatan secara signifikan. Strategi ini dilakukan jika upaya berpotensi tidak bakal memperkuat lama.
Seiring dengan perkembangan zaman, mungkin upaya nan Anda jalani tidak lagi relevan. Sedangkan untuk mengikuti tren bukanlah suatu perihal nan mudah. Sehingga upaya Anda juga kurang berkembang dan berpotensi tidak bakal memperkuat untuk waktu nan lama.
Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada jasa Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 alias kunjungi laman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!
Oleh karena itu, pivot dilakukan untuk kembali meraih keuntungan. Melakukan pivot upaya seolah-olah memulai upaya dari awal. Sebab, banyak perihal nan perlu diubah. Perubahan ini kudu mempertimbangkan perubahan industri, persaingan pasar, kebutuhan dan kemauan konsumen, dan sebagainya.
Berbeda halnya untuk pivot di upaya start up. Terkadang, aspek nan diubah hanya nan berangkaian dengan platform, teknologi, fitur aplikasi, dan sasaran pasar.
Meskipun terdengar berisiko, tetapi singkirkan ketakutan Anda untuk mengambil keputusan tersebut. Sebab, sudah banyak pengusaha nan justru lebih sukses ketika melakukan pivot bisnis. Perusahaan tersebut antara lain Nokia, Twitter, Playpal, Nintendo, hingga Hewlett-Packard.
Contoh Bisnis nan Melakukan Pivot
Banyak aspek nan memengaruhi sebuah upaya tidak berkembang. Misalnya produk nan tidak bisa bersaing di pasar dan sebagainya. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan ini melakukan perubahan strategi untuk kembali meraih keuntungan.
Baca juga: Strategi Menghadapi Permasalahan Logistik dan Distribusi
1. Nokia
Sekitar tahun 2000-an, mempunyai ponsel Nokia adalah sebuah kebanggaan. Nokia selalu memperbarui produknya dengan meluncurkan beragam jenis dengan fitur dan kreasi nan unik. Beberapa modelnya jadi tren di masyarakat, terutama anak muda.
Namun, siapa nan menyangka bahwa perusahaan Nokia berasal dari penggilingan pulp (pabrik kertas) pada tahun 1865. Kemudian, pada awal abad 20 perusahaan Nokia diakuisisi oleh perusahaan karet asal Finlandia berbareng dengan perusahaan kabel Finlandia.
Ketiga perusahaan tersebut berasosiasi jadi Nokia Corporation nan memproduksi beragam produk seperti sepatu boots bahan karet, plastik, kabel, perangkat elektronik dan komputer, hingga perlengkapan militer.
Pada 1950-an saat Nokia Corporation berubah jadi bagian elektronik di pabrik kabel Helsinki, di sinilah awal mula konsentrasi produknya di sektor seluler. Kemudian, Nokia berasosiasi dengan beberapa perusahaan lain di bagian produksi telepon seluler.
Sehingga pada awal tahun 1990-an, Nokia hanya berfokus pada seluler dan jaringan telepon. Saat ini, Nokia tetap terkenal sebagai produsen ponsel di industri telekomunikasi.
2. Twitter
Awalnya Twitter adalah sebuah jasa pesan singkat untuk berkomunikasi di golongan kecil. Pendiri Twitter, Jack Dorsey, berbareng dengan kontraktor Florian Weber memakai Twitter sebagai jasa komunikasi internal tenaga kerja Odeo, sebuah perusahaan podcast. Versi lengkapnya diperkenalkan tanggal 15 Juli 2006.
Pada awalnya ada 400.000 cuitan (tweet) nan diposting pada 2007. Kemudian, terjadi peningkatan signifikan pada tahun berikutnya. Hingga Maret 2011, jumlah cuitan tiap harinya mencapai 140 juta kicauan.
Namun, pada 2022 Twitter diakuisisi oleh Elon Musk. Terjadi perubahan nan cukup ekstrem pada Twitter, ialah rebranding menjadi X. Tujuan rebranding ini adalah untuk memperluas kegunaan Twitter. Twitter tidak lagi dibatasi 140 karakter per postingan, tetapi apalagi bisa mengunggah video berjam-jam. Setelah berubah jadi X, sekarang Twitter beralih bentuk menjadi platform dengan unggahan tanpa batas.
3. Paypal
PayPal Corp. adalah perusahaan nan didirikan dari campuran antara Confinity dan X.com pada tahun 2000. Confinity berfaedah sebagai perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia jasa kriptografi. Sedangkan X.com nan didirikan Elon Musk adalah jasa di bagian jasa perencanaan keuangan.
eBay memandang kesempatan upaya dari PayPal jika dipakai sebagai perantara pembayaran lelang online di eBay. Sejak menggunakan Paypal, rata-rata penawaran peralatan per hari di platform eBay menggunaan PayPal meningkat secara signifikan. Hingga akhirnya pada 2022 eBay mengakuisisi Paypal dengan nilai USD 1,5 miliar. Melalui akuisisi tersebut, banyak pesaing PayPal nan bangkrut.
Baca juga: Diferensiasi Produk: Strategi, Kriteria, dan Dampak bagi Bisnis
4. Nintendo
Pada awalnya, Fusajiro Yamauchi membangun Nintendo dengan tujuan memproduksi kartu buatan tangan hanafuda. Pada 1990-an, Nintendo membuka kesempatan upaya memproduksi kartu permainan hingga jadi penginapan pondok apalagi sebuah perusahaan taksi.
Namun, beberapa tahun kemudian Nintendo justru berubah jadi perusahaan startup permainan video. Hingga akhirnya bertumbuh jadi salah satu perusahaan besar di industri video game. Pada 2001, nan dilakukan NIntendo ialah melakukan pivot upaya adalah dengan mengakuisisi sebagian besar dari Gyration Inc., ialah perusahaan nan berfokus pada sensor mobilitas dan gyro. Saat ini, pesaing utama dari Nintendo adalah Sony dan Microsoft.
5. Hewlett-Packard
Mungkin kita sudah mengenal merek HP sebagai salah satu merek laptop ternama. Namun, tidak banyak nan tahu bahwa merek HP adalah singkatan dari Hewlett-Packard. Perusahaan ini didirikan dengan tujuan awal memproduksi perangkat uji elektronik. Fokusnya adalah pengembangan komputasi dan penyimpanan data.
Selain itu, HP juga berfokus pada hardware jaringan, perancangan software, dan memberikan layanan. HP melakukan strategi pemasaran ke rumah tangga, perusahaan kecil, hingga perusahaan menengan. Cara pengedaran online pun dilakukan. Selain itu juga mendistribusikan melalui pengecer peralatan elektronik dan perkantoran, mitra peranti lunak, dan vendor teknologi besar.
Ternyata pada 1999, Hewlett-Packard sempat melakukan pemisahan dengan Agilent Technologies. Kemudian berasosiasi dengan Compaq pada 2002. Di tahun-tahun berikutnya, HP banyak melakukan pivot untuk meningkatkan untung mereka.
Pada akhirnya, HP memisahkan produk perusahaan dengan upaya dengan nama Hewlett Packard Enterprise untuk upaya PC dan printer dan mengubah nama jadi HP Inc.
Pivot upaya adalah strategi nan dilakukan perusahaan untuk meningkatkan keuntungan. Itu dia daftar perusahaan nan melakukan pivot hingga mendapat untung nan lebih besar.
Bagi Anda pemilik perusahaan, selain melakukan pivot, merawat mobil operasional juga bisa jadi langkah untuk meningkatkan untung perusahaan.
Otoklix for Business adalah mitra terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.
Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, agunan 14 hari, jasa pengguna nan responsif, dan nilai kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan upaya Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat jasa unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.
Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada jasa Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 alias kunjungi laman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!
Pertanyaan Seputar Pivot Bisnis
Pivot upaya adalah strategi nan dilakukan dengan melakukan perubahan arah pendekatan perusahaan, tetapi tetap mempertahankan visi upaya itu sendiri.
Pivot bisa dilakukan dengan melakukan perubahan strategis nan signifikan dalam model upaya perusahaan. Bisa melibatkan perubahan produk, sasaran pasar, langkah pengiriman produk, dan seluruh pendekatan dalam menjalankan bisnis.
Pivot nan dilakukan dalam pengembangan produk adalah mengubah beberapa perihal dari suatu produk agar bisa lebih diterima konsumen. Caranya antara lain melakukan perubahan pada beberapa fitur produk.