Pertunjukan Musikal ‘Dari Pancaniti ke Ceurik Oma’ Bikin Hadirin Merinding, Guru Besar UPI Bandung Bilang Begini

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Cianjur, BANGBARA.COM - Guru Besar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Prof. Dr. Yus Rusyana, mengatakan, Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia alias Lokatmala Foundation bisa menghadirkan seni budaya secara bermartabat.

Hal tersebut diungkapkan Prof. Yus, begitu dia berkawan disapa, selepas menonton Pertunjukan Musikal ‘Dari Pancaniti ke Ceurik Oma’ di Gedung Assakinah Cianjur, Jl.Abdullah bin Nuh, Cianjur, Rabu (10/7/2024) malam.

“Kita hendaknya terus memajukan seni budaya bangsa sendiri, jangan sampai seni budaya kita terdesak oleh pengaruh asing,” ungkapnya.

Baca Juga: Strategi Efektif Tingkatkan Omzet dengan Profit Maximizer D'Consulting

Salah satu caranya, kata Prof. Yus, adalah mengadakan pembaharuan dengan tetap bertumpu pada tradisi nan kita miliki. Kemudian hasilnya dihadirkan kepada masyarakat secara bermartabat.

“Itulah rupanya nan diusahakan oléh Grup Lokatmala, nan diketuai oleh Sdri. Wina Rezky Agustina, M.Sn., dengan menyelenggarakan Pertunjukan Musikal "Dari Pancaniti ke Ceurik Oma” di Cianjur,” tutur pembimbing besar nan juga mengajar di Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur ini.

Menurutnya, sebagai salah seorang nan datang sebagai penonton pada pagelaran nan dihelat Lokatmala Foundation, dia memandang pagelaran itu bertumpu pada seni tembang, seni ibing Sunda dan seni dangdan (fashion) Sunda.

Baca Juga: BRI-MI Diganjar Penghargaan Manajer Aset Terbaik

“Pertunjukan malam itu mendapat sambutan masyarakat masa sekarang nan menontonnya dengan gembira,” sambungnya.

Sebelumnya Bupati Cianjur, H. Herman Suherman didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dishudpar) Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengucapkan selamat kepada Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia alias Lokatmala Foundation nan telah menjadi vionir bagi pemajuan kebudayaan di Kabupaten Cianjur.

“Pemerintah Kabupaten Cianjur selama ini senantiasa memberikan ruang dan kesempatan nan luas bagi terwujudnya pemajuan kebudayaan salah satunya melalui Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Cianjur Nomor 10 Tahun 2020 tentang Penerapan Tiga Pilar Budaya Cianjur,” kata Bupati.

Baca Juga: Barantum Omnichannel Chat: Solusi Terpadu untuk Kelola Pesan Pelanggan

Menurutnya, pagelaran musikal ini telah bisa menampilkan nilai-nilai luhur nan sudah menjadi filosofi bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Cianjur, ialah Ngaos, Mamaos dan Maenpo.

“Pertunjukan nan diselenggarakan diharapkan dapat menjadi sebuah pengayaan dan penyesuaian budaya, menciptakan kreasi serta penemuan baru dan kekinian dengan tetap berbasis pada akar dan tradisi sehingga mudah diterima di kalangan generasi muda,” sambungnya.

Lokatmala Foundation alias Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia di Cianjur dikenal sebagai organisasi nan bergerak dibidang kebudayaan, seni pertunjukan, kemanusiaan, pendidikan dan pendampingan pembangunan sosial budaya.

Baca Juga: Hadi Kuncoro: Ungkap Rahasia Keuntungan Bisnis Lewat Digitalisasi

Selengkapnya
Sumber Informasi Berita Bangbara
Informasi Berita Bangbara