Pengertian Positioning dan Macam Jenis Positioning

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Memahami pengertian positioning serta bermacam jenis positioning dan menerapkannya dalam menjalankan suatu upaya dan upaya serta menjual produk, baik peralatan alias jasa, merupakan suatu perihal nan penting. Positioning dapat membantu meningkatkan gambaran produk alias gambaran suatu upaya baik skala mini alias besar.

Tentunya kita mau agar upaya dan upaya serta produk nan kita tawarkan mempunyai image alias gambaran nan positif di akal konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan strategi positioning nan tepat. Pada tulisan kali ini kita bakal memandang secara singkat apa itu positioning serta apa saja jenis positioning nan bisa dilakukan oleh upaya alias usaha.

Pengertian Positioning

Sebelum membahas mengenai apa saja jenis – jenis positioning nan dapat dilakukan perusahaan, kita perlu mengetahui arti dan pengertian positioning terlebih dahulu. Secara sederhana positioning dapat diartikan sebagai gimana kesan alias persepsi nan diharapkan dari suatu pengguna atas suatu merek alias produk.

pengertian positioning

Positioning juga dapat dilihat sebagai gimana suatu perusahaan alias suatu upaya mau memposisikan dirinya dan juga produk nan ditawarkan, dalam akal alias persepsi konsumen.

Misalnya saja dapat kita contohkan perusahaan A mau memposisikan dirinya sebagai perusahaan nan menawarkan produk dengan kualitas tinggi tapi dengan nilai nan bersahabat. Atau perusahaan mau produknya dianggap sebagai produk premium dengan kualitas tinggi.

Seberapa Penting Melakukan Positioning

Positioning sendiri merupakan suatu bagian dari rangkaian strategi pemasaran nan terdiri atas Segmenting, Targeting dan Positioning. Strategi positioning sendiri jika dilakukan dengan tepat dapat membantu membangun gambaran perusahaan alias merek dan produk seperti nan diharapkan.

Adapun beberapa faedah melakukan strategi positioning antara lain:

  1. Mengetahui posisi perusahaan dan membantu menentukan langkah dan strategi nan tepat untuk membangun alias menciptakan positioning nan diinginkan
  2. Melakukan positioning dalam suatu pasar dapat membantu perusahaan untuk menentukan sasaran marketnya dengan lebih jelas dan memilih strategi pemasaran nan sesuai
  3. Positioning nan tepat dapat menciptakan posisi kompetitif nan kuat
  4. Positioning nan tepat dan relevan dengan pasar dapat meningkatkan jumlah pengguna dan penjualan

Macam – Macam Jenis Positioning

Sama – sama bermaksud membangun gambaran dan persepsi konsumen, rupanya strategi positioning dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

Product Positioning

Yaitu gimana suatu perusahaan alias upaya memposisikan produknya di tengah produk serupa dari kompetitor. Dalam menjalankan product positioning, perlu dicari suatu value alias pembeda dari produk nan Anda miliki dengan produk nan ditawarkan oleh kompetitor.

Misalnya perusahaan A memposisikan produknya sebagai produk dengan bahan alias material premium nan tidak dimiliki oleh kompetitornya.

Brand Positioning

Brand positioning adalah strategi positioning nan berupaya membedakan suatu merek dengan merek lain nan ada di pasar. Misalnya gimana suatu brand lebih menguntungkan alias lebih menawarkan faedah tambahan dibandingkan dengan brand lainnya.

Perusahaan bisa membikin kesan nan baik dan unik pada produknya agar membikin konsumen lebih tertarik menggunakan produk dari brand tersebut. Misalnya dari segi kualitas produksi, jasa purna jual nan ditawarkan. Contoh misalnya Apple memposisikan produknya dengan menekankan pada kualitas.

jenis positioning

Market Positioning

Positioning pasar ini lebih condong pada keahlian perusahaan dalam memengaruhi persepsi pengguna terhadap produknya nan serupa dengan milik kompetitor.

Misalnya sebagai contoh adalah sabun mandi. Untuk menjadi pembeda dengan banyaknya produk sabun mandi nan sudah ada, suatu perusahaan dapat memposisikan produk sabun mandinya sebagai sabun nan ramah lingkungan alias eco-friendly alias menggunakan bahan – bahan nan alami dan berbeda dengan sabun lainnya nan tetap menggunakan bahan campuran non alami.

Menentukan dan menjalankan strategi positioning secara tepat dan sesuai krusial agar upaya nan Anda jalankan bisa membekas di akal para konsumen. Selain itu strategi positioning juga dapat meningkatkan gambaran produk dan perusahaan menjadi lebih baik.

Selengkapnya
Sumber Info Tekno Bhinneka
Info Tekno Bhinneka