Ingin mengoptimalkan dan meningkatkan laba? Ada beberapa langkah sukses jualan online nan mudah dilakukan dan bisa mengonversi pengguna dan meningkatkan penjualan online. Saat ini, untuk berdagang tidak kudu mempunyai toko fisiknya dulu.
Hal ini lantaran kita sudah bisa berdagang dengan langkah online. Dengan adanya penjualan online, maka kita pun jadi lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
7 Cara Sukses Jualan Online
Jika Anda mempunyai bisnis, ada beberapa langkah sukses jualan online nan bisa Anda lakukan.
Di sini bukan hanya membahas langkah meningkatkan penjualan tetapi juga meningkatkan penjualan online nan bisa memperkuat lama. Yuk simak penjelasannya berikut ini.
1. Ambil Foto Produk nan Bagus
Visual nan bagus membantu pengguna memandang produk secara perincian sebelum membeli.
Pastikan untuk mengambil foto di area nan terang, pilih latar belakang polos, hindari filter foto, tampilkan perspektif produk nan berbeda, dan hindari memotret produk lain nan tidak termasuk dalam pesanan.
2. Tips Tulis Deskripsi Produk
Cara sukses jualan online selanjutnya adalah pastikan untuk menyertakan info nan berfaedah dan jeli untuk membantu pengguna membikin keputusan nan tepat. Ini termasuk perincian daftar nan jeli tentang fitur dan manfaat.
Gunakan bahasa nan jelas dan ringkas, hindari semboyan alias istilah teknis nan dapat membingungkan calon pelanggan, dan gunakan praktik terbaik SEO untuk membantu penawaran produk mendapat ranking di hasil pencarian.
Baca Juga: Ini 6 Tips Mengelola Keuangan bagi nan Kuliah sembari Kerja!
3. Menggunakan Pemasaran Konten Video
Pemasaran video adalah langkah sukses jualan online nan menarik dan mudah diingat bagi audiens. Hal ini membikin mereka terhubung dengan merek dan lebih memahami penawaran produk Anda. Untuk memasarkan konten video ini Anda juga dapat menggunakan pemasaran video untuk kampanye PPC.
Iklan PPC memungkinkan Anda menyesuaikan pesan iklan dengan sasaran audiensnya. Misalnya dengan menargetkan demografi dan minat tertentu untuk memastikan bahwa iklan hanya ditampilkan untuk audiens nan mempunyai minat nan sama. Lalu, buat konten video untuk menjelaskan tentang produk alias jasa Anda.
4. Aktif di Sosial Media
Dengan terus menerus membagikan konten di media sosial nan menarik bagi audiens, dapat menjangkau pengguna baru untuk menemukan toko Anda dan membangun loyalitas dengan pengguna saat ini.
Di Instagram, bagikan gambar alias video berbobot tinggi dari produk Anda. Menurut Hootsuite 92% pengguna IG mengatakan bahwa mereka mengikuti suatu merek, mengklik situs web, alias membeli suatu produk setelah melihatnya di platform tersebut.
Baca Juga: 5 Aplikasi Finansial untuk Bantu Mengatur Keuangan Anda
5. Lakukan Analisis
Coba lakukan kajian kenapa orang banyak nan tidak jadi membeli. Mungkin beberapa argumen berikut bisa menjadi pertimbangan:
- Proses pembelian tetap terlalu rumit
- Tidak tersedia metode pembayaran nan mereka inginkan
- Lupa tentang produk nan mereka beli sehingga hanya menaruhnya di keranjang
Gunakan laporan analitik untuk memandang apa nan diklik dan dibeli oleh pengguna Anda? Hal ini bisa membantu Anda memahami upaya dan pengguna Anda dengan lebih baik.
Ulasan produk juga dapat memberi Anda info berfaedah nan dapat digunakan untuk mengidentifikasi apa nan sukses di toko e-niaga Anda, alias mengenali potensi kesenjangan alias kekurangan dalam pemilihan produk Anda.
6. Pasang Chatbot
Chatbot e-commerce merupakan rahasia sukses banyak bisnis. Chatbot meningkatkan rasio konversi dengan memudahkan visitor situs untuk melakukan pembelian. Saat memilih chatbot, pastikan Anda memilih nan dapat:
- Memberikan kesiapan 24/7
- Memberi rekomendasi nan dipersonalisasi
- Menyediakan percakapan seperti manusia
Chatbot nan dipilih dengan baik menciptakan pengalaman berbelanja nan lancar dan nyaman. Chatbot juga dapat mendorong pengguna untuk membeli. Selain itu, chatbot dapat membantu mengidentifikasi kesempatan upsell dan cross-sell, serta menangkap prospek nan mungkin hilang.
Baca Juga: 10 Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama
7. Menawarkan Diskon
Salah satu langkah dahsyat untuk meningkatkan penjualan online Anda adalah dengan menawarkan diskon, promo, dan paket.
Dengan menawarkan diskon, Anda dapat menarik minat pengguna nan mungkin ragu untuk melakukan pembelian. Sebaiknya gunakan teknik urgensi di sini, jadi pastikan untuk menyertakan batas waktu pada penawaran Anda.
Menawarkan bingkisan alias paket promosi bakal mendorong orang untuk membeli lebih banyak. Misalnya, jika seseorang membeli sebotol sampo, tanyakan apakah mereka tertarik dengan paket perlengkapan mandi Anda. Paket bisa berisi sampo, kondisioner, dan sabun mandi.
Dengan menggabungkan beberapa barang, Anda dapat menawarkan nilai diskon. Biaya pemesanan nan lebih tinggi bakal membantu menutupi untung nan hilang.
Itulah tadi beberapa langkah sukses jualan online nan bisa langsung Anda terapkan. Semoga upaya alias upaya Anda dapat sigap berkembang ya!
Referensi:
https://www.semrush.com/blog/ecommerce-marketing/
https://blog.hootsuite.com/how-to-increase-online-sales/
https://www.webfx.com/blog/marketing/ecommerce-selling-tips/