Luar Biasa! Digelar Lokatmala Foundation, Inilah Pertunjukan Musikal ‘Dari Pancaniti ke Ceurik Oma’ Bikin Decak Kagum Ratusan Penonton

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Budaya, BANGBARA.COM - Sedikitnya 800 penonton dan tamu undangan nan memenuhi bangku Pertunjukan Musikal ‘Dari Pancaniti ke Ceurik Oma’ dibuat kagum hingga tak beranjak dari tempat duduk hingga akhir acara.

Antusiasme penonton sempat hening meleleh, terbawa suasana saat salah satu pemeran menyanyikan lagu klasik sepenggal bait tembang Sunda Cianjuran berjudul Ceurik Oma.

Ketua Lokatmala Foundation, Wina Rezky Agustina, mengatakan, beberapa saat sebelum aktivitas digelar di Gedung As-Sakinah Cianjur, Rabu (10/7/2024), ‘Dari Pancaniti ke Ceurik Oma’ sengaja diciptakan untuk membawa semangat nilai-nilai luhur kebudayaan Cianjur.

Baca Juga: Pertunjukan Musikal ‘Dari Pancaniti ke Ceurik Oma’ Bikin Hadirin Merinding, Guru Besar UPI Bandung Bilang Begini

“Kabupaten Cianjur mempunyai tiga pilar budaya nan merepresentasikan ekspresi kultural masyarakatnya nan lekat dengan nilai-nilai religiusitas, keelokan dan keahlian dalam kehidupan ialah Ngaos, Mamaos dan Maenpo,” ungkapnya.

“Kami berambisi pagelaran ini bisa menggali ketangguhan rakyat lahir dan jiwa dalam menghadapi kehidupan dimanapun,” lanjut Wina nan juga produser pagelaran nan dihadiri sejumlah tokoh, seniman, seniman dan para tamu undangan dari beragam lembaga tersebut.

Dosen Transformasi Budaya Sunda Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur itu, menjelaskan, lebih dari 600 penonton nan datang ke aktivitas pertunjukannya adalah mereka nan membeli tiket dan 200 lainnya undangan dan undangan khusus.

Baca Juga: Strategi Efektif Tingkatkan Omzet dengan Profit Maximizer D'Consulting

“Kami berterima kasih kepada seluruh penonton termasuk sejumlah tamu undangan dan undangan unik nan datang dan memberikan apresiasi pada aktivitas ini,” kata Wina nan juga Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Cianjur itu.

Bupati Cianjur H. Herman Suherman didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengucapkan selamat kepada Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia alias Lokatmala Foundation nan telah menjadi vionir bagi pemajuan kebudayaan di Kabupaten Cianjur. Diantaranya melalui pementasan Pertunjukan Musikal “Dari Pancaniti ke Ceurik Oma”.

“Pemerintah Kabupaten Cianjur selama ini senantiasa memberikan ruang dan kesempatan nan luas bagi terwujudnya pemajuan kebudayaan salah satunya melalui Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Cianjur Nomor 10 Tahun 2020 tentang Penerapan Tiga Pilar Budaya Cianjur,” kata Bupati.

Baca Juga: Token Baru Ini Menggemparkan Dunia Kripto: Berikut Alasannya!

Menurutnya, pagelaran musikal ini telah bisa menampilkan nilai-nilai luhur nan sudah menjadi filosofi bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Cianjur, ialah Ngaos, Mamaos dan Maenpo.

“Pertunjukan nan diselenggarakan diharapkan dapat menjadi sebuah pengayaan dan penyesuaian budaya, menciptakan kreasi serta penemuan baru dan kekinian dengan tetap berbasis pada akar dan tradisi sehingga mudah diterima di kalangan generasi muda,” sambungnya.

Lokatmala Foundation alias Yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia di Cianjur dikenal sebagai organisasi nan bergerak dibidang kebudayaan, seni pertunjukan, kemanusiaan, pendidikan dan pendampingan pembangunan sosial budaya.

Selengkapnya
Sumber Informasi Berita Bangbara
Informasi Berita Bangbara