Kisah kesuksesan Mayora sebagai salah satu upaya di industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) tak lepas dari strategi diversifikasi produk nan diciptakan selama lebih dari 46 tahun upaya ini berjalan.
Produk nan membawa Mayora mulai dikenal masyarakat Indonesia secara luas adalah Biskuit Roma. Sedangkan produk lainnya nan terkenal dari Mayora beberapa di antaranya adalah Teh Pucuk, Le Minerale, hingga permen kopi Kopiko.
Bisa dikatakan penemuan nan dilakukan Mayora setiap tahunnya selalu menuai keberhasilan apalagi skalanya pun sudah mendunia. Setidaknya ada 90 negara nan sudah menjual produk Mayora. Mari simak ulasan ekspansi upaya nan dilakukan Mayora di Indonesia dan dunia.
Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada jasa Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 alias kunjungi laman otoklix.com/bisnis.
Ekspansi Bisnis Mayora
Bukti bahwa Mayora betul-betul memperluas sasaran pasarnya ialah dengan keterlibatannya dalam serial drama Korea Selatan. Beberapa drama nan pernah menayangkan produk Mayora seperti Permen Kopiko di antaranya ialah Vincenzo nan diperankan oleh Song Jong Ki dan Hometown Cha-Cha-Cha nan diperankan oleh Kim Seon-ho.
Namun bukan hanya permen Kopiko saja nan sukses. Bahkan bisa dikatakan nyaris seluruh produk penemuan Mayora selalu populer. Sebut saja Choki-Choki, Astor, Energen, Beng-Beng, Teh Pucuk, Le Minerale, Biskuit Roma dan Permen Kopiko. Berikut ini perjalanan ekspansi upaya PT Mayora Indah Tbk.
1. Kesuksesan Bisnis Berawal dari Biskuit Roma
Biskuit Roma merupakan produk biskuit milik PT Mayora Indah Tbk alias biasa nan dikenal dengan julukan Mayora.
Sedikit memandang sejarah di mana pendiri Mayora, Jogi Hendra Atmadja melanjutkan upaya biskuit rumahan keluarganya di tahun 1977. Bersama 2 temannya ialah Drs. Raden Soedigdo dan Ir. Darmawan Kurnia mulai mengembangkan biskuit rumah tersebut menjadi perusahaan sendiri.
Biskuit Roma Kelapa menjadi produk unggulan pertama sejak perusahaan ini didirikan. Bahkan digadang-gadang sebagai pesaing tetapnya Khong Guan nan sudah terkenal lebih dulu. Kendati sasaran pasarnya saat itu tetap di area Jakarta dan sekitarnya, namun Mayoran sukses menduduki industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG).
Faktor nan membikin Biskuit Roma Kelapa banyak konsumennya adalah rasanya nan gurih, manis dan mempunyai aroma kelapa sehingga cocok dijadikan camilan berbareng family alias saat momen minum teh.
Baca juga: Sejarah Blibli: Navigasi Sukses di Lautan E-Commerce Indonesia
2. Permen Kopi Mendunia
Di tahun 1980-an, Mayora melakukan gebrakan nan cukup berani dengan menghadirkan kopi dalam corak permen. Nama produk itu adalah Permen Kopiko. Di era itu, banyak bermunculan permen-permen rasa jahe. Mayora justru datang dengan penemuan terbaru ialah membikin permen rasa kopi.
Beruntungnya Permen Kopiko tersebut langsung diterima oleh masyarakat, sama halnya dengan Biskuit Roma Kelapa.
Bukan hanya rasanya saja nan juara, Mayora betul-betul konsentrasi merancang strategi marketingnya dengan merambah strategi marketing penjualan internasional. Permen Kopiko mulai terlihat menjadi salah satu brand nan digunakan langsung dalam serial drama Korea.
Sebut saja beberapa di antaranya Hometown Cha-Cha-Cha nan dibintangi oleh Kim Seon-ho dan Vincenzo nan dibintangi Song Jong Ki. Para pemain drama Korea tersebut malah menyantap langsung Permen Kopiko dan rasanya diterima.
3. Produk Minuman Kemasan Teh Pucuk
Tak puas dengan kesuksesan produk-produk sebelumnya, Mayora kembali berinovasi dengan ekspansi penjualan produk baru ialah dalam bagian minuman manis berkemasan. Produk tersebut ialah Teh Pucuk Harum.
Selain membikin produk teh dalam bungkusan dengan gambaran rasa nan berbeda, Mayora mengeluarkan modal cukup besar mencapai ratusan miliar untuk menyukseskan strategi marketing online dan offline agar produk ini semakin dikenal masyarakat. Di mana saat itu, produk minuman bungkusan nan terkenal adalah Tehbotol Sosro.
Upaya tersebut membuahkan hasil lantaran Teh Pucuk mulai dikenal banyak masyarakat dalam waktu nan tak lama.
Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada jasa Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 alias kunjungi laman otoklix.com/bisnis.
4. Produk Air Mineral Le Minerale
Mayora kembali berinovasi dan melakukan ekspansi bisnisnya dengan bekerja sama dengan PT Tirta Freshindo untuk membikin produk minuman air mineral kemasan.
Tantangan untuk memperkenalkan Le Minerale kepada masyarakat cukup besar lantaran kudu bersaing dengan pesaing tunggalnya selama puluhan tahun ialah Aqua.
Kendati demikian, Mayora tak segan-segan mendukung Le Minerale dengan totalitas beriklan di media dan televisi.
Selain itu juga kedua perusahaan tersebut mendirikan 5 pabrik di beberapa kota besar ialah Ciawi, Sukabumi, Pasuruan, Makassar dan Medan untuk menyukseskan pemerataan produk.
5. Trik Bisnis Mayora
Empat produk di atas merupakan contoh ekspansi upaya nan dilakukan Mayora. Secara lengkap, Mayora telah memproduksi beragam produk di antaranya permen, mie instan, minuman instan, biskuit, kopi, wafer sampai air mineral.
Sementara itu, brand-brand terkenal nan telah diproduksi Mayora antara lain Beng-Beng, Choki-Choki, Biskuit Roma, Kopiko, Teh Pucuk, Le Minerale, Astor, Energen hingga brand minuman kopi ialah Torabika.
Dengan kata lain, Mayora terus melakukan penemuan dengan membikin produk selain produk nan sudah ada. Sehingga Mayora menjadi salah satu perusahaan nan patut diperhitungkan kesuksesannya dalam industri FMCG.
Trik lainnya nan dilakukan Mayora tanpa disadari masyarakat adalah semboyan “Satu Lagi dari Mayora” nan selalu disematkan dalam iklan-iklannya. Jadi, meskipun keberagaman jenis produk nan diproduksi banyak namun masyarakat tetap dapat mengidentifikasi produk tersebut milik PT Mayora Indah Tbk.
Mayora Kian Mendunia
Melalui beberapa produk populernya, Mayora berencana melakukan ekspansi upaya skala internasional.
Hal ini dimulai dari mensponsori dan beriklan dalam drama-drama Korea seperti Hometown Cha-Cha-Cha dan Vincenzo. Kemudian CEO X (Twitter) Elon Musk turut mencicipi Permen Kopiko.
Awalnya Mayora menargetkan pasar Asia Tenggara (ASEAN). Namun akhirnya produk-produk Mayora sudah mulai dijual di nyaris 100 negara di dunia.
Baca juga: Kenali MPM Rent, Perusahaan Rental Terbesar di Indonesia
Ekspansi Bisnis Otomotif
Sama halnya dengan trik kesuksesan upaya Mayora dalam melakukan ekspansi bisnis.
Bengkel Otoklix turut melakukan ekspansi upaya dengan berinovasi menciptakan jasa unik nan ditujukan kepada para perusahaan-perusahaan skala kecil, menengah, hingga besar. Inovasi nan dimaksud adalah jasa Otoklix For Business.
Otoklix For Business adalah mitra terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.
Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, agunan 14 hari, jasa pengguna nan responsif, dan nilai kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan upaya Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat jasa unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.
Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada jasa Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 alias kunjungi laman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda
Pertanyaan Seputar Kisah Kesuksesan Mayora :
Biskuit Roma merupakan produk biskuit milik PT Mayora Indah Tbk alias biasa nan dikenal dengan julukan Mayora.
Sebagai pemilik sekaligus pendiri dan komisaris Mayora, Jogi Hendra memilih menjadi komisaris utama agar dirinya bisa memandang langsung keahlian para dewan utama.
Dua aspek nan cukup berpengaruh dalam kesuksesan upaya Mayora ialah terus melakukan penemuan untuk mengekspansi bisnisnya dan kerap menggunakan semboyan “Satu Lagi dari Mayora” nan selalu disematkan di setiap iklan produknya.