Keuntungan Rental Mobil untuk Driver Online, Ini Persyaratannya

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Meskipun tidak punya mobil pribadi, Anda bisa persewaan mobil untuk driver online. Kini, moda transportasi dipermudah dengan adanya taksi online. Taksi online memudahkan penumpang mencari transportasi. Selain itu, adanya taksi online juga membuka lapangan pekerjaan bagi Anda nan punya keahlian mengemudi.

Tidak semua pengemudi punya mobil sendiri. Namun, tidak perlu cemas karena sekarang Anda bisa mencari nafkah dengan jadi driver online tanpa kudu punya mobil sendiri. Simak persyaratan dan untung persewaan mobil untuk driver online.

Persyaratan Pendaftaran Rental Mobil untuk Driver Online

Persyaratan Dokumen

Sejumlah persewaan mobil punya persyaratan nan berbeda-beda kepada calon konsumen nan mau menyewa mobil. Berikut persyaratan arsip nan kudu dilengkapi untuk menyewa mobil dari salah satu persewaan mobil untuk driver online.

1. Punya akun taksi online yang aktif minimal 3 bulan terakhir.

2. Fotokopi SIM A.

3. Fotokopi KTP dan KK suami istri (kalau sudah menikah).

4. Punya rumah sendiri (memiliki bukti kepemilikan rumah dan siap disurvey).

5. Status rumah tinggal perjanjian minimal 8 bulan. Punya domisili tempat tinggal saat ini.

6. Materai Rp10 ribu.

7. Deposit Rp750 ribu (deposit bakal dikembalikan saat masa sewa berakhir). Ada pula nan menetapkan Register Fee Rp300 ribu nan bakal gosong dan juga arsip agunan seperti BPKB kendaraan, surat rumah, alias surat berbobot lainnya).

Persyaratan Umum

Selain persyaratan dokumen, ada juga persyaratan umum saat bakal menyewa kendaraan untuk taksi online. 

1. Status rumah tinggal milik sendiri alias orang tua.

2. Punya akun driver online.

3. Bersedia mematuhi patokan perusahaan.

4. Aktif sebagai driver online selma 3 bulan ke belakang.

5. Berdomisili di sekitar tempat persewaan mobil untuk driver online.

6. Usia 21-58 tahun.

Baca juga: 11 Tips Memulai Usaha Rental Mobil

Alur Pendaftaran

Setelah menyiapkan seluruh arsip persyaratan, Anda juga perlu tahu gimana alur pendaftarannya. 

Sebagian persewaan mobil untuk driver online menyediakan website untuk mendaftar secara online. Jadi, setelah mendaftar secara online, rumah Anda bakal disurvey oleh pihak rental. Setelah itu pihak persewaan bakal menentukan hasil persetujuan sewa.

Kalau persewaan mobil sudah menyetujui hasil persetujuan sewa, maka bakal dilakukan serah terima mobil.

Keuntungan Rental Mobil

Membeli mobil sendiri untuk dijadikan kendaraan taksi online tentu butuh modal besar. Selain biaya untuk beli mobil, Anda juga kudu menyiapkan biaya untuk perawatannya. Oleh karena itu, persewaan mobil untuk driver online bisa jadi solusi sigap dan praktis bagi Anda nan mau mencari nafkah dari taksi online.

Berikut ini adalah sejumlah untung persewaan mobil untuk driver online.

1. Biaya lebih murah

Sewa mobil membantu Anda bisa mempunyai kendaraan dengan biaya murah. Modal nan Anda keluarkan tidak lebih dari 1 juta, tetapi sudah bisa sewa mobil untuk melakukan pekerjaan taksi online. Anda juga bisa menentukan berapa lama mau menyewa mobil. Jadi, biaya nan dikeluarkan bisa lebih dikontrol.

2. Perawatan mobil terjamin

Ketika mau punya kendaraan pribadi, Anda juga perlu mempertimbangkan soal perawatannya. Apalagi jika beli mobil nan biaya perawatannya cukup mahal. Sedangkan jika Anda menggunakan jasa persewaan mobil, Anda tidak perlu cemas soal perawatan mobil.

Sebab, perawatan mobil nan Anda pakai sudah diurus oleh penyedia jasa persewaan tersebut. Jadi, performa kendaraan nan Anda pakai selalu terjaga. Selain itu, beberapa pihak persewaan mobil juga menyediakan akomodasi teknisi nan sigap tanggap.

Baca juga: Catat! 7 Rekomendasi Rental Mobil Terbesar di Indonesia

3. Tidak perlu DP

Tidak seperti beli mobil baru nan butuh DP, persewaan mobil biasanya tidak meminta duit muka dalam jumlah besar. Namun, sebagai gantinya, persewaan mobil butuh agunan lainnya untuk memastikan jika ada sesuatu nan tidak diinginkan terjadi pada kendaraan nan Anda gunakan.

4. Bisa tukar mobil

Mengganti mobil nan sudah terdaftar di aplikasi memang sedikit sulit, tetapi bukan berfaedah tidak mungkin. Sebab, mobil nan Anda gunakan kudu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang. Dengan persewaan mobil, Anda bisa mengganti mobil kepada pihak jasa penyewa dengan mudah.

5. Administrasi mudah

Selain tidak perlu memikirkan soal perawatan, menyewa mobil di persewaan juga memudahkan Anda dalam mengurus administrasi. Segala urusan manajemen mobil jadi tanggung jawab pemilik rental, misalnya tentang asuransi, pajak kendaraan, apalagi hingga bahan bakar juga ditanggung pihak rental.

6. Jam kerja fleksibel

Keuntungan bekerja sebagai driver online adalah bisa mempunyai jam kerja nan fleksibel. Anda bisa menentukan sendiri jam berapa Anda bekerja dan jam berapa Anda beristirahat. Selain itu, persewaan mobil juga umumnya menyediakan akomodasi lepas kunci 24 jam. Jadi, driver tidak perlu mengembalikan mobil persewaan ke pool dan bisa dibawa pulang.

Pilihan Sewa Mobil untuk Driver Online

Memilih mobil di persewaan mobil untuk driver online perlu mengedepankan kenyamanan dan keamanan. Pihak penyedia jasa taksi online juga mensyaratkan mobil nan boleh dipakai sebagai mobil taksi. Kapasitas mesinnya minimal 1.000 cc. Kebanyakan mobil nan dipakai bisa memuat banyak orang, jenis nan digunakan umumnya city car dan MPV.

Mobil berjenis MPV adalah mobil serbaguna nan bisa menampung sekitar 4-5 penumpang. Ukuran bagasinya juga luas sehingga memadai untuk membawa barang. Mobil nan dipakai oleh driver online juga sebaiknya mobil nan irit BBM.

Berikut ini adalah pilihan mobil nan tepat buat jadi taksi online.

Baca juga: Kenali MPM Rent, Perusahaan Rental Terbesar di Indonesia

1. Daihatsu Sigra 1.2 X M/T

Daihatsu dibekali dengan mesin 4 silinder dengan kapabilitas 1.197 cc. Tenaga nan dihasilkan mencapai 88 dk. Daihatsu Sigra tersedia dalam dua varian, ialah jenis X dan X Deluce. Perbedaan keduanya terletak pada kreasi pelek, stiker pintu belakang, dan lis kaca krom. LCGC ini dibekali dengan kabin dan ruang kaki nan luas. Sehingga, penumpang nyaman sepanjang perjalanan.

2. Toyota Cayla E M/T

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya jadi favorit driver online sebab mesinnya cukup berkekuatan dengan nilai nan tergolong ekonomis. Tersedia jenis E dan jenis G pada Toyota Calya. Perbedaan kedua jenis tersebut ada pada warna gril, kesiapan foglamp, dan fitur pelipat elektris pada spion.

Soal interior, tidak banyak perbedaan pada jenis E dan G. Tipe E tidak mempunyai konsol tengah di bawah tuas transmisinya. Kompartemen penyimpanannya juga berada di bawah jok penumpang. Kemudian, jenis E belum menggunakan touchscreen dan juga audio steering switch seperti pada jenis G.

3. Toyota Avanza 1.3 M/T

Selain disematkan mesin nan mumpuni, Toyota Avanza juga dibekali dengan fitur-fitur nan cukup lengkap. Mesin 4 silinder berkubikasi 1.329 cc dengan tenaga maksimal 96,5 dk disematkan pada mobil ini. Toyota Avanza dikenal dengan performa nan andal, mudah dirawat, dan spare part yang mudah didapat serta harganya terjangkau.

4. Honda Mobilio S M/T

Varian terendah Honda Mobilio memang tidak dibekali dengan spoiler, foglamp, dan DRL LED. namun, mesinnya cukup handal dengan kapabilitas 1.500 cc. Mobilio juga sudah menggunakan sistem AC digital dan dilengkapi dengan double blower yang menyebarkan kesejukan hingga penumpang belakang. Akselerasinya juga lebih baik daripada Avanza maupun Ertiga.

5. Suzuki Ertiga GA M/T

Sama seperti Mobilio, Suzuki Ertiga juga dibekali dengan mesin 1.500 cc. Ertiga menawarkan kenyamanan berkendara nan bisa dibanggakan lantaran dibekali dengan suspensi dan jok empuk. Kabinnya juga tergolong kedap. Selain itu, mobil ini juga irit BBM.

Mengingat tanggung jawab perawatan mobil berada pada pemilik persewaan mobil untuk driver online, maka pemilik perlu memilih bengkel berbobot untuk servis mobil rentalnya.

Otoklix for Business tidak hanya menawarkan servis berkualitas, tetapi juga menawarkan kemudahan manajemen dan pelayanan nan sigap tanggap. Sehingga, memudahkan Anda dalam mengelola upaya persewaan mobil.

Selain untung di atas, nilai servisnya juga 30% lebih irit dibandingkan bengkel resmi dan ada agunan 14 hari. Kungjungi https://otoklix.com/bisnis untuk info lebih lanjut.

Pertanyaan Seputar Rental Mobil untuk Driver Online


Bagi Anda nan tertarik menjadi mitra GoCar tetapi tidak punya mobil pribadi, Anda bisa menyewa mobil melalui mitra sewa Gojek.


Untuk menyewa Avanza keluaran 2022-2023, tarif nan ditawarkan untuk 10 hari adalah Rp6,5 juta alias sekitar Rp650 ribu sehari. Adapun sewa per tujuh hari adalah Rp5 juta. Harga ini bukan untuk driver online.


Pasal 1564 KUHP Perdata menyebut bahwa penyewa nan bertanggung jawab atas kerusakan nan timbul pada peralatan nan disewa selama waktu sewa. Namun, penyewa bebas dari tanggung jawab jika bisa membuktikan bahwa kerusakan terjadi di luar kesalahannya.

Selengkapnya
Sumber Info Bisnis Otoklix
Info Bisnis Otoklix