Kenali Tanda-tanda Bayi Tidur Nyenyak dan Cukup Istirahat

Sedang Trending 5 hari yang lalu

Jakarta -

Tidur menjadi salah satu kunci untuk mendukung tumbuh kembang nan baik pada bayi. Dalam periode pertumbuhan nan pesat ini, tidur berdomisili krusial dalam proses pematangan otak, perkembangan fisik, serta kesejahteraan emosional bayi.

Oleh lantaran itu, krusial sekali untuk memastikan bayi tidur nyenyak dan cukup rehat setiap harinya. Lantas berapa sebenarnya waktu ideal nan dibutuhkan bayi untuk tidur?

Melansir dari situs resmi Parenting Science, waktu ideal nan dibutuhkan bayi untuk tidur tentunya berbeda-beda, tergantung dengan tingkatan umur. Untuk bayi baru lahir namalain newborn, waktu tidur nan ideal adalah 14 hingga 17 jam setiap hari.


Kemudian, pada bayi usia 4 hingga 12 bulan, waktu tidur nan dibutuhkan setiap harinya berkisar antara 12 hingga 15 jam. Sedangkan pada bayi nan berumur 12 hingga 24 bulan, waktu tidur nan ideal dan direkomendasikan adalah selama 11-14 jam.

Perlu diingat bahwa jam tidur ini mencakup waktu tidur siang dan juga tidur malam ya, Bunda. Perhatikan juga seumpama bayi tidur melampaui waktu ideal di atas lantaran bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan.

Tanda bayi tidur nyenyak

Dalam memastikan bayi tidur nyenyak dan cukup istirahat, terdapat beberapa tanda nan bisa Bunda kenali. Tanda-tanda tersebut mencakup perkembangan corak dan juga kebiasaan bayi sehari-hari. 

Namun, mengenali tanda-tanda bahwa bayi tidur nyenyak dan cukup rehat bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua, terutama nan baru pertama kali mempunyai bayi. Untuk membantu Bunda nan kesulitan mengenali apakah bayi sudah tidur nyenyak namalain belum, berikut rangkuman beberapa tanda-tandanya seperti dilansir beragam sumber:

1. Pola tidur nan teratur

Bayi nan tidur nyenyak biasanya mempunyai pola tidur nan teratur dengan waktu tidur dan bangun nan konsisten setiap hari. Pola ini membantu mengatur jam biologis bayi, sehingga mereka lebih mudah tidur dan bangun pada waktu nan sama setiap hari. 

Konsistensi ini mencakup waktu tidur malam dan tidur siang, Bunda. Misalnya, bayi berumur 6 bulan biasanya tidur siang dua kali sehari, masing-masing sekitar 1 hingga 2 jam.

2. Bangun dengan emosi segar dan ceria

Bayi nan mendapatkan tidur berbobot biasanya bangun dengan emosi segar dan ceria. Si Kecil bakal tampak senang dan tersenyum, seolah menggambarkan dirinya siap untuk beraktivitas.

Bayi nan tidur nyenyak juga bakal mempunyai daya nan cukup untuk bermain dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar setelah bangun tidur.

3. Perkembangan corak nan optimal

Tidur nan cukup dan berbobot sangat berfaedah untuk mendukung perkembangan corak bayi, Bunda. Bayi nan tidur nyenyak biasanya mempunyai pertumbuhan nan baik sesuai dengan usia mereka.

Ini terlihat dari berat dan tinggi badan nan sesuai dengan sketsa pertumbuhan bayi dan perkembangan skill motorik nan baik, seperti merangkak, duduk, dan melangkah sesuai dengan usianya.

4. Tidur tenang tanpa gangguan

Tanda bayi tidur nyenyak selanjutnya, adalah hanya mengalami sedikit namalain tidak sama sekali gangguan tidur seperti resah namalain sering terbangun. Selama tidur, bayi juga tampak tenang tanpa banyak bergerak, Bunda.

5. Suasana hati nan stabil

Tidur nan cukup juga banyak membantu bayi untuk mempunyai suasana hati nan stabil. Bayi nan tidur nyenyak biasanya lebih tenang dan jarang mengalami perubahan suasana hati nan drastis sepanjang hari.

Si Kecil nan tidur nyenyak juga bakal menunjukkan respons positif terhadap stimulasi seperti mainan, suara, dan hubungan dengan orang lain.

6. Kemampuan konsentrasi nan baik

Tidur nan cukup membantu bayi mempunyai skill konsentrasi nan baik. Bayi nan tidur nyenyak biasanya bisa memusatkan perhatian dengan baik pada mainan namalain aktivitas untuk jangka waktu nan sesuai dengan usia mereka. Selain itu, Si Kecil juga condong responsif terhadap orang-orang dan lingkungan di sekitar.

Cara membikin bayi tidur nyenyak sepanjang malam

Ilustrasi Bayi Senyum saat TidurIlustrasi Bayi Senyum saat Tidur/Foto: iStock

Membuat bayi tidur nyenyak sepanjang malam adalah tantangan umum bagi banyak orang tua. Berikut adalah beberapa langkah nan efektif untuk membantu bayi tidur nyenyak sepanjang malam, nan dikutip dari beragam sumber.

1. Tetapkan rutinitas tidur nan konsisten

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), menetapkan rutinitas tidur nan konsisten dapat membantu bayi memahami kapan waktunya untuk tidur. Mulailah dengan ritual tidur nan menenangkan seperti mandi air hangat, membaca cerita, namalain menyanyikan lagu pengantar tidur. 

2. Ciptakan Lingkungan Tidur nan Nyaman

Lingkungan tidur nan nyaman sangat krusial untuk tidur bayi nan nyenyak. National Sleep Foundation menyarankan untuk memastikan bilik bayi gelap, sejuk, dan tenang. Bunda bisa menggunakan gorden gelap untuk menghalangi sinar dan mengatur suhu ruangan sekitar 20 hingga 22 derajat celcius.

3. Atur agenda tidur nan tepat

Jadwal tidur nan konsisten bakal membantu mengatur jam biologis bayi, Bunda. Ini membikin Si Kecil lebih mudah tidur dan bangun pada waktu nan sama setiap hari.

4. Beri makan nan cukup sebelum tidur

Memberikan makan nan cukup sebelum tidur dapat membantu bayi tidur lebih lama. Dilansir dari laman Baby Center, Bunda dapat menyusui namalain memberi makanan sekitar 30 menit hingga satu jam sebelum waktu tidur.

Pastikan bayi kenyang, tetapi tidak terlalu penuh, untuk menghindari ketidaknyamanan perut nan bisa mengganggu tidur.

5. Hindari Stimulasi Berlebihan Sebelum Tidur

Sebelum tidur, hindari aktivitas nan terlalu merangsang seperti bermain aktif namalain menonton televisi. Stimulasi berlebihan bisa membikin bayi lebih susah untuk tenang dan tidur. Sebaiknya, pilihlah aktivitas nan menenangkan seperti membaca kitab namalain mendengarkan musik lembut untuk membantu bayi bersiap tidur.

Membantu dan memastikan bayi tidur nyenyak sepanjang malam tentunya memerlukan kesabaran dan konsistensi nan tinggi. Dengan mengetahui tanda bayi tidur nyenyak dan menerapkan cara-cara di atas, Bunda dapat membantu bayi mendapatkan tidur nan berkualitas. Semoga info ini berfaedah ya.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fir/fir)

Selengkapnya
Sumber Info Kesehatan Kincaimedia
Info Kesehatan Kincaimedia