Ini dia sosok Hamzah Haz Wakil Presiden Indonesia ke-9

Sedang Trending 4 hari yang lalu

Sosok, BANGBARA.COM - Presiden Indonesia ialah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Indonesia. Sebagai kepala negara, presiden merupakan lambang resmi negara Indonesia di dunia.

Kemudian sebagai kepala pemerintahan, presiden dibantu oleh wakil presiden serta kabinetnya untuk memegang kekuasaan pelaksana nan dijalankan sehari-hari tugas pemerintah.

  • Ini dia sosok Hamzah Haz Wakil Presiden Indonesia ke-9

Lahir di Ketapang, Kalimantan Barat 15 Februari 1940, Hamzah Haz merupakan Wakil Presiden Indonesia ke-9 nan menjabat pada periode 2001-2004 menggantikan Megawati Soekarnoputri nan naik menjadi Presiden Indonesia menggantikan Gus Dur pada tahun nan sama..

Baca Juga: Render Google Pamer Pixel Watch 3 dengan Menunjukkan Desain dasar Keren nan Sama dengan Pendahulunya

Lulus dari fakultas ekonomi Universitas Tanjungpura, mengawali karir sebagai Wakil Ketua Dewan Daerah Nahdatul Ulama (NU) Kalimantan Barat, kemudian menjadi personil DPR NU nan berasosiasi dengan Partai Persatuan Pembangunan ( PPP).

Pada tahun 1998 dia diangkat menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) oleh Presiden Habibie pada tahun 1998.

Ia kemudian mengundurkan diri setahun kemudian lantaran itu tekanan masyarakat nan sepertinya tidak menginginkan ketua partai menjadi menteri. Hamzah Haz kemudian terpilih menjadi Wakil Ketua DPR masa kedudukan 1999-2004.

Baca Juga: Perdebatan Menarik, dari Netizen Tiongkok nan Mencoba Mengubah K-Pop Menjadi A-pop (Asianpop)

Baru beberapa minggu menjabat, Gus Dur nan ketika itu menjabat Presiden Indonesia memintanya menjadi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat menggantikan Haryono Suyono.

Puncaknya, dia terpilih mendampingi Megawati Soekarnoputri nan menjadi Presiden RI dengan langkah Sidang Istimewa MPR.

Terlihat dalam gambar, Hamzah Haz nan ketika itu diwawancarai Detikcom (kredit foto Detikcom) mengenakan batik sogan berwarna putih kecoklatan dengan motif Sido Mulyo.

Hal ini tercermin dari corak permata nan simetris serta unik di seluruh kain. Di dalamnya terdapat motif mikro nan biasanya terdiri dari pohon hidup, kupu-kupu, motif bangunan, alias elang.

Baca Juga: Ternyata Ini Persoalannya Jika Sekring Motor Sering Putus

Sido dalam bahasa Jawa artinya menjadi alias dilakukan, sedangkan Mulya artinya luhur alias mulia.

Filosofi dasar nan mendasari Batik Sidomulyo ini ialah manusia bisa hingga kejayaan jika bisa mengatur empat nafsu, adalah amarah, nafsu lawwamah, napsu supiyah, serta nafsu mutmainah.

Selengkapnya
Sumber Informasi Berita Bangbara
Informasi Berita Bangbara