Inflasi Amerika Turun! Bitcoin dan Mayoritas Aset Berisiko Bergerak Naik

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Inflasi Amerika baru saja dipublikasi pada kemarin malam, 15 Mei 2024, pukul 19.30 WIB berbareng dengan pidato dari beberapa perwakilan pejabat Pemerintah Amerika.

Dikabarkan bahwa dari seluruh aspek, terlihat info inflasi sudah bergerak turun, menandakan potensi berkurangnya kekhawatiran penanammodal terhadap akibat resesi nan sebelumnya diprediksi semakin memburuk. 

Inflasi Amerika Turun

Dikabarkan bahwa publikasi info tersebut dilaksanakan dengan adanya publikasi info inflasi inti dan inflasi umum tahunan, info penjualan peralatan konsumsi di sektor ritel, info inflasi inti bulanan, info inflasi dari sisi konsumen alias CPI, dan inflasi umum bulanan, dan info penjualan peralatan otomotif serta bensin bulanan. 

Data inflasi inti memperlihatkan bahwa kondisi saat ini sedang bergerak turun dari Bulan April 2023 ke Bulan April 2024. 

Dinyatakan bahwa info inflasi inti turun dari 3.8% ke 3.6%, sebuah pencapaian nan baik mengingat info inflasi Amerika relatif bergerak naik alias stagnan sejak beberapa bulan terakhir. 

Bersama info ini, berita nan lebih signifikan adalah info inflasi umum tahunan nan turun dari 3.5% ke 3.4%, menandakan bahwa perekonomian Amerika mulai membaik, lantaran sebelumnya info inflasi umum tidak pernah bergerak turun secara signifikan. 

Kondisi ini dapat menjadi penenang untuk penanammodal lantaran berfaedah urgensi untuk meningkatkan suku kembang referensi menjadi hilang. 

Data suku kembang referensi ini bakal menjadi penentu pergerakan pasar, lantaran jika suku kembang referensi naik, maka pasar finansial bakal terjebak dalam kondisi nan buruk, seperti Tahun 2022. 

Data CPI juga memperlihatkan kondisi nan membaik, menandakan daya beli masyarakat mulai kembali naik.

Tapi, masyarakat belum memanfaatkan kondisi nan membaik ini, lantaran secara menyeluruh, konsumsi peralatan ritel tetap belum bergerak naik, menandakan bahwa masyarakat tetap waspada dan menyimpan uangnya dibandingkan menggunakannya untuk konsumsi dan mendorong perekonomian. 

Dibandingkan Maret 2024, kondisi April 2024 juga relatif membaik dengan kebanyakan info inflasi bergerak turun meski tidak signifikan. 

Kondisi ini dianggap sebagai sentimen positif untuk aset berisiko, terutama Bitcoin, nan sejak beberapa hari terakhir enggan untuk naik lantaran kondisi makroekonomi nan tidak pasti. 

Analisis Harga Bitcoin

Kondisi makroekonomi Amerika menjadi perihal nan krusial lantaran dampaknya bakal dirasakan oleh kebanyakan negara di dunia. 

Hal ini disebabkan kekuasaan Dolar Amerika nan tetap kuat, serta kebenaran bahwa volume transaksi kebanyakan aset finansial tetap berasal dari Amerika.

Dalam kondisi ini terlihat bahwa crypto sendiri tetap terdampak, dimana nilai Bitcoin bergerak naik, berbarengan dengan penutupan positif dari pasar modal Amerika. 

Terlihat bahwa Bitcoin bergerak naik keluar dari area konsolidasinya dan kembali berada di atas $65,000 lantaran dorongan positif kemarin malam. 

Grafik Harian BTCUSD

Kemungkinan besar kondisi ini tetap bakal terus memperkuat andaikan tidak ada sentimen negatif nan datang secara mendadak. 

Sayangnya, saat ini tetap ada akibat sentimen negatif dadakan dari berita FTX nan bakal melaksanakan pencairan biaya dan kemungkinan menjadi pendorong volume jual baru. 

Bersama kemungkinan ini, Bitcoin juga menunjukkan pola bearish divergence antara parameter RSI dan harga, nan membikin adanya kemungkinan koreksi kembali dalam waktu dekat. 

Tapi, selama pemisah bawah pada $60,500 tetap terjaga, ada kemungkinan koreksi ini hanya sementara dan tidak bakal signifikan. 

Kondisi nan tidak pasti ini tetap berakibat kepada pasar crypto secara menyeluruh, dengan Ethereum nan tetap enggan untuk bergerak naik menyusul Bitcoin, membuktikan bahwa para trader dan penanammodal tetap belum percaya terhadap potensi apresiasi lantaran tetap menyimpan biaya di aset nan paling kondusif dengan volatilitas paling mini di pasar crypto, ialah Bitcoin. 

Untuk saat ini langkah nan baik untuk dilakukan adalah menjaga manajemen akibat dan tidak FOMO serta melakukan kajian tambahan secara berdikari andaikan trader dan penanammodal mau mulai transaksi. 

Disclaimer: Semua konten nan diterbitkan di website Cryptoharian.com ditujukan sarana informatif. Seluruh tulisan nan telah tayang di bukan nasihat investasi alias saran trading.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada mata duit kripto, senantiasa lakukan riset lantaran mata uang digital adalah aset volatil dan berisiko tinggi. tidak bertanggung jawab atas kerugian maupun untung anda.

Iqbal Maulana

Penulis nan senang mengawasi pergerakan dan pertumbuhan cryptocurrency. Memiliki pengalaman dalam beberapa kategori penulisan termasuk sosial, teknologi, dan finansial. Senang mempelajari perihal baru dan berjumpa dengan orang baru.

Selengkapnya
Sumber cryptoharian
cryptoharian