Gender Pengaruhi Kecerdasan hingga Bakat Minat Anak, Ini Penjelasan Praktisi Psikologi Anak

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Gender namalain jenis kelamin anak dinilai dapat memengaruhi kepintaran hingga minat dan bakatnya. Lantas, gimana penjelasan praktisi pengetahuan jiwa anak usia awal bakal perihal ini?

Kecerdasan anak merupakan salah satu perihal nan dapat menunjang masa depannya kelak. Agar anak tumbuh cerdas, sebuah studi mengungkap bahwa mereka kudu mendapatkan stimulasi aktivitas.

Selain pemberian stimulasi, kelamin namalain jenis kelamin disebut juga dapat memengaruhi kepintaran hingga minat dan talenta anak. Bagaimana penjelasannya?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Gender pengaruhi kepintaran hingga talenta dan minat anak

Praktisi Psikologi Anak, Aninda, S.Psi, M.Psi.T, mengungkap memang terdapat sebuah penelitian nan menjelaskan tentang pengaruh kelamin terhadap kepintaran hingga minat dan talenta anak. Sebelumnya, HaiBunda sudah menghubungi Aninda dan diperbolehkan untuk mengutip pernyataannya.

"Yes, berasas penelitian memang ada pengaruh antara kelamin dan multiple intelligence (minat dan bakat)," ungkapnya dikutip dari akun IG @aninda143 pada Jumat (17/5/2024).

Aninda menjelaskan ada beberapa kepintaran serta minat dan talenta nan dipengaruhi oleh gender, berasas penelitian nan terbit pada tahun 2016 ini, Bunda. Berikut ini deretannya:

  • Reading skill namalain skill membaca
  • Analytical thinking namalain skill menganalisa termasuk mengidentifikasi, berpikir kritis, menemukan kesukaan antara satu perihal dengan nan lainnya
  • Expressiveness namalain skill menggambarkan apa nan ada di dalam imajinasinya
  • Pictorical efficiency, adalah skill menggambarkan apa nan ada di dalam imajinasinya
  • Deep insight namalain skill menggunakan imajinasinya untuk membayangkan angle dan pergerakan benda
  • Leadership quality namalain jiwa kepemimpinan nan mungkin terjadi lantaran anak wanita 'matang' lebih sigap dibandingkan anak laki-laki
  • Emotional strong adalah kecenderungan memunculkan emosi baik positif maupun negatif, mungkin berangkaian dengan otak kanan pada anak laki-laki nan berkembang lebih dulu dibandingkan otak kirinya.

Meski penelitian menjelaskan tentang kelamin memengaruhi kepintaran dan minat talenta pada anak, Aninda tetap menegaskan bahwa setiap anak baik laki-laki maupun wanita mempunyai kesempatan nan sama untuk meningkatkan potensinya, Bunda.

"Hasil penelitian ini jangan lantas dijadikan patokan, ya. Anak kita, laki-laki maupun perempuan, punya kesempatan nan sama untuk meningkatkan minat dan talenta (multiple intelligence) mereka," ujarnya.

"Sama-sama bisa mempunyai minat dan talenta apapun itu, tidak ada pemisah lantaran jenis kelaminnya. Sama-sama bisa berkembang, sama-sama bisa mahir. Terus berlatih dan diasah, ya," sambung Aninda.

Lantas, seperti apa hasil penelitian tentang pengaruh kelamin terhadap kecerdasan serta minat dan talenta ini? Simak pada laman berikutnya, ya.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber Info Kesehatan Kincaimedia
Info Kesehatan Kincaimedia