Cukup 10 menit, ini trik ungkep ayam supaya bumbu meresap, antialot, dan tahan lama disimpan

Sedang Trending 8 bulan yang lalu
Cukup 10 menit, ini trik ungkep ayam agar ramuan meresap, antialot, dan tahan lama disimpan

foto: TikTok/@nneagatha

- Ayam merupakan salah satu bahan makanan nan kerap dipilih sebagai lauk makan. Memang jenis protein hewani satu ini mempunyai rasa nan enak. Tak hanya itu, proses pengolahannya juga cukup mudah lantaran bisa dimasak dengan beragam macam metode, seperti rebus, kukus, goreng, alias panggang.

Karena bisa dimasak dengan beragam metode, menu olahan ayam ini pun jadi sangat variatif. Di antara banyaknya menu olahan, ayam goreng menjadi salah satu favorit banyak orang. Ayam goreng ini apalagi kerap jadi menu jagoan lantaran rasanya nan lezat dan cocok disantap dengan beragam macam sayur.

Dilihat dari proses pembuatannya, ayam goreng memang tidak langsung digoreng begitu. Ada proses marinasi nan kudu dilakukan agar rasa ayam lebih gurih. Nah, marinasi ini dilakukan dengan langkah mengungkep ayam berbareng sejumlah ramuan rempah dan penyedap.

Pada dasarnya, ada banyak sekali langkah untuk mengungkep ayam. Tapi sebagian besar orang biasanya memilih metode rebus saat mengungkep ayam. Proses ini dinilai dapat membikin bumbunya meresap sempurna ke dalam daging ayam.

Walaupun begitu, mengungkep dengan langkah rebus juga punya kekurangan tersendiri, lho. Pertama, proses merebus memerlukan waktu cukup lama, ialah mencapai 30-40 menit. Kedua, merebus juga bisa membikin tekstur ayam jadi alot saat digoreng. Selain itu, jika durasinya kurang pas, ayam nan dihasilkan justru hancur dan tak bisa digoreng.

(brl/tin)

Selengkapnya
Sumber Info Kuliner briliofood
Info Kuliner briliofood