Cara Stimulasi Janin di Kandungan, Bisa Bantu Bentuk Kecerdasannya Bun

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Orang tua tentunya menginginkan Si Kecil tumbuh sehat dan cerdas. Apa nan Bunda konsumsi, gen, dan emosi berdomisili dalam perkembangan kepintaran bayi, tapi gimana dengan tips untuk menciptakan bayi nan lebih pandai dan bahagia? Ada nggak sih?

"Gen nan diwariskan berdomisili besar dalam menentukan kepintaran dan kepribadian, tapi pilihan style hidup nan tepat bisa membantu memastikan gen tersebut diprogram dengan baik di dalam rahim," kata ginekolog Ratnabali Ghosh, seperti dilansir dari Hindustan Times.

Cara stimulasi janin di kandungan

Untuk memastikan Si Kecil mewarisi kepintaran Bunda, kami punya delapan tips agar Si Kecil pandai dan pintar, berikut ini:


1. Mulai kebiasaan mendongeng

Psikolog dan master parenting Polly Sengupta mengatakan bahwa dasar-dasar bahasa dimulai di dalam rahim dan, pada trimester ketiga, bayi Bunda bisa menghafal bunyi nan sering dia dengar.

Menurut aulasan di situs parenting Babble, para peneliti meminta ibu-ibu untuk membacakan quote dari kitab anak-anak The Cat In The Hat (ditulis dan diilustrasikan oleh Theodor Geisel dengan nama pena Dr. Seuss, pertama kali diterbitkan pada 1957) berulang kali kepada bayi mereka nan belum lahir.Setelah lahir, bayi-bayi tersebut mengenali quote tersebut ketika mendengarnya.

2. Makan nan sehat

Asam lemak Omega 3 sangat krusial untuk perkembangan otak bayi. Pastikan Bunda memasukkan makanan nan mengandung Omega 3, seperti ikan, kedelai, dan bayam, dalam diet Bunda. Juga, unsur besi nan terdapat dalam sayuran berdaun hijau, seperti bayam, membantu aliran oksigen ke sel-sel otak bayi.

"Masukkan kacang-kacangan seperti almond dan kenari dalam diet Bunda selama kehamilan. Kenari krusial untuk perkembangan otak baik pada orang dewasa maupun bayi. Almond adalah sumber niasin, protein, dan daya nan baik dan membantu perkembangan otak secara keseluruhan pada bayi," kata Ghosh.

3. Tetap segar dan aktif

Suka dengan dorongan endorfin nan didapat dari berolahraga? Nah, bayi juga suka. Tetap segar dan aktif sangat krusial selama kehamilan. Lawan kemauan untuk bermalas-malasan dan bangkit dari sofa jika Bunda mau membikin bayi lebih pintar, kata Ghosh.

"Hormon nan dilepaskan selama olahraga melewati plasenta, membanjiri bayi dengan bahan kimia nan membuatnya merasa nyaman selama beberapa jam. Plus, lantaran olahraga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Bunda, termasuk ke rahim, perkembangan bayi jadi lebih baik," jelasnya.

Jika Bunda tidak berolahraga sebelum hamil, lakukan latihan ringan dan jalan cepat, lantaran terbukti bahwa ibu nan aktif selama kehamilan mempunyai anak nan lebih pintar, tambahnya. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa olahraga selama kehamilan bisa meningkatkan neuron di hippocampus bayi Bunda - bagian otak nan berfaedah untuk belajar dan mengingat - hingga 40 persen.

4. Mainkan musik dan berbicaralah

Saat bayi tumbuh dalam rahim Bunda, dia mulai mendengar dan merespons suara. Meskipun dia mungkin belum mengerti apa nan Bunda katakan, menstimulasi bayi dengan berbincang namalain apalagi menyanyi bisa membantu perkembangan otaknya, kata Sengupta.

"Bunda bisa meminta suami untuk berbincang ke perut dan merasakan bayi merespons. Sesekali dengarkan musik nan menenangkan namalain apalagi lagu anak-anak."

"Bayi nan belum lahir menyukai musik, musik membantu memicu bahan kimia nan membuatnya bahagia, seperti serotonin, nan mendorongnya untuk tenang dan apalagi meningkatkan kekuatan konsentrasi. Setelah lahir, bayi Bunda bakal mengingat dan merasakan kembali semua emosi baik nan mengenai dengan musik setiap kali dia mendengarnya," kata Sengupta.

Itu berarti: Setelah bayi Bunda lahir, nyanyikan lagu nan sama untuk menenangkannya.

5. Jaga kadar tiroid tetap stabil

Tiroid sangat krusial untuk tubuh. Selama kehamilan, jika kadar tiroid Bunda tidak stabil, itu bisa mempengaruhi bayi: Kekurangan tiroid pada ibu bisa memengaruhi kepintaran bayi.

"Usahakan untuk makan diet seimbang dan sehat, nan mengandung cukup sodium. Termasuk garam beryodium dan yogurt dalam diet Bunda jika merasa tidak mendapatkan cukup yodium," kata Ghosh.

6. Jangan abaikan suplemen

Selama kehamilan, tubuh Bunda memerlukan nutrisi tambahan. Meskipun makanan nan bergizi memberikan banyak nutrisi, Bunda kudu mengonsumsi suplemen tambahan untuk kesehatan bayi dan kelancaran persalinan.

"Ada banyak suplemen prenatal nan tersedia di pasaran seperti vitamin dan suplemen nan mengandung masam folat. Kedua komponen ini berdomisili krusial dalam perkembangan sel-sel otak bayi. Namun, sangat krusial untuk berkonsultasi dengan master sebelum mengonsumsi suplemen apapun," kata Ghosh.

7. Dapatkan sinar matahari

Asupan vitamin D sangatlah krusial untuk kehamilan Bunda. nan perlu Bunda lakukan adalah berjemur selama 20 menit sehari.

Sebagian besar vitamin D nan kita andalkan untuk pertumbuhan tulang nan sehat dan kuat berasal dari sinar matahari, meskipun bisa juga ditemukan di beberapa makanan seperti ikan berlemak dan telur. Nutrisi ini krusial untuk membantu bayi Bunda mengembangkan tulang dan jantung nan kuat, dan para peneliti juga mulai menyelidiki hubungan antara kekurangan vitamin D pada ibu mengandung dan autisme.

8. Pijat perut Bunda dengan lembut

Menurut ulasan di Time, mengusap perut dengan lembut juga merupakan stimulasi nan baik untuk bayi. "Seorang bayi nan tetap dalam rahim bisa merasakan sentuhan Bunda. Mulai sekitar 20 minggu, bayi Bunda bakal merasakan sentuhan Bunda pada perut dan membelainya bisa mengirimkan pesan menenangkan ke sistem sarafnya," kata Sengupta.

Penelitian menunjukkan bayi nan belum lahir apalagi bisa membedakan antara sentuhan ibu dan ayahnya.

Apa lagi? Bayi Bunda nan belum lahir apalagi mempunyai indera penciuman. Sengupta menyarankan Bunda mencoba mencium kembang segar, buah-buahan, dan wewangian menenangkan lainnya kapan pun Bunda bisa, lantaran latihan ini juga bakal membantu stimulasi otak bayi. 

Jangan lupa, Bunda, setiap langkah mini nan Bunda ambil selama kehamilan bisa memberikan akibat besar pada perkembangan Si Kecil. Dengan mempraktikkan tips-tips di atas, Bunda bisa membantu memastikan bahwa Si Kecil tumbuh dengan sehat, bahagia, dan cerdas.

Ingatlah selalu untuk menikmati setiap momen dalam perjalanan ini dan tetap positif, lantaran kebahagiaan Bunda juga adalah kebahagiaan Si Kecil. Selamat menikmati masa kehamilan nan luar biasa ini, Bunda! Semoga stimulasi nan Bunda lakukan selama kehamilan, bisa merangsang kepintaran anak di masa datang.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(rap/rap)

Selengkapnya
Sumber Info Kesehatan Kincaimedia
Info Kesehatan Kincaimedia