Auto kinclong dalam 10 menit, ini trik bersihkan kerak di dasar rice cooker tanpa cuka dan baking soda

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
Auto kinclong dalam 10 menit, ini trik bersihkan kerak di dasar rice cooker tanpa cuka dan baking soda

foto: Instagram/@enny_trisna07

- Rice cooker menjadi salah satu perabot nan nyaris digunakan setiap hari. Bagaimana tidak, banyak orang sekarang mengandalkan rice cooker untuk menanak nasi. Dibandingkan dengan memasak manual menggunakan kompor, rice cooker dapat menghasilkan nasi nan pulen sempurna dan sigap matang.

Namun seiring penggunaan, rice cooker biasanya bakal mengalami aus di beberapa bagian, termasuk di bagian dasarnya. Di dasar rice cooker ini terdapat bulatan logam nan berfaedah sebagai komponen pemanas. Nah, komponen panas bakal menghantarkan panas nan diperlukan untuk menanak nasi.

Lantas komponen pemanas alias dasar rice cooker idealnya selalu bersih dari kotoran, apalagi air. Karena jika ada satu noda saja nan jatuh, kotoran tersebut bakal terbakar dan menjadi kerak. Alhasil, kerak tersebut bakal semakin menempel ketika rice cooker digunakan terus menerus.

Nah, untuk membersihkan kerak di dasar rice cooker, sejumlah orang biasanya bakal menggunakan bahan khusus, seperti campuran cuka dan baking soda. Campuran kedua bahan tadi bakal dioleskan ke bagian dasar rice cooker untuk kemudian digosok-gosok. Usut punya usut, campuran cuka dan baking soda bisa membikin kerak jadi lunak dan mudah luntur ketika digosok.

Tapi jika Anda sedang kehabisan stok cuka dan baking soda di rumah, tak perlu khawatir, ada bahan lain nan nggak kalah efektif dalam mengangkat kerak di dasar rice cooker. Bahan ini pernah digunakan oleh pemilik akun IG @enny_trisna07. Melalui salah satu video nan diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan satu bahan sederhana.

(brl/tin)

Selengkapnya
Sumber Info Kuliner briliofood
Info Kuliner briliofood