Memulai upaya retail, baik dalam skala mini alias besar bakal selalu menguntungkan. Asalkan mempunyai rencana upaya nan matang dan tata kelola nan baik, Anda bisa mendapatkan modal upaya dengan mudah. Meskipun kesempatan industri retail besar dan jumlah segmen nan diincar luas, namun sangat kompetitif. Jika Anda pandai mengelola upaya retail, Anda bisa dapat banyak untung dengan cepat.
Bisnis retail adalah jenis upaya nan membeli produk dari produsen alias pedagang grosir lampau menjualnya kembali ke konsumen akhir. Proses bisnisnya memang sangat sederhana, ditambah lagi Anda bisa garap beragam macam hal, mulai dari retail makanan, pakaian, sepatu, furnitur rumah tangga, perabot elektronik, sampai perlengkapan olahraga.
Jika Anda berpikir mau memulai bisnis retail, ada beberapa tips nan bisa Anda lakukan. Semoga bisa membantu upaya Anda sukses. Ikuti pedoman berikut ini untuk membangun upaya retail nan sukses di masa depan:
1. Tentukan Ceruk Pasar (niche) nan Tepat
Tips memulai upaya retail nan pertama adalah memilih ceruk pasar nan tepat. Jika Anda belum punya buahpikiran mau buka upaya retail apa, perhatikan beberapa perihal berikut ini: Apa minat Anda ? Seperti apa kondisi pesaing di pasar ? Bagaimana langkah mendapatkan keuntungan, dan berapa besar ?
Jika Anda minat di bagian olahraga, bakal lebih mudah untuk mulai buka upaya retail perlengkapan olahraga. Itu bakal lebih mudah, lantaran Anda lebih menguasainya. Setelah Anda memilih jenis bagian upaya retail, lakukan analisa persaingan untuk mengetahui kondisi dan jumlah kompetitor. Cari tahu apa saja nan mereka jual dan strategi apa nan dilakukan. Kompetitor adalah tempat sempurna untuk belajar. Setelah itu, Anda pasti tahu apa nan kudu ditingkatkan dan apa nan tidak boleh dilakukan.
2. Mulai Bisnis Retail dengan Business Plan
Perencanaan upaya alias Business Plan adalah syarat utama sebelum memulai bisnis. Rencana upaya kudu berisi produk apa saja nan dijual, info toko dan visi misi, sasaran konsumen, langkah untuk menang dari kompetitor, siapa vendor alias pemasok toko Anda, berapa banyak tenaga kerja nan kudu direkrut, biaya untuk pajak dan izin usaha, berapa anggaran nan dibutuhkan untuk memulai bisnis, dan lain sebagainya.
Rencana upaya kudu berisi tujuan apa nan mau dicapai di masa depan dan gimana langkah mencapainya. Ini bakal jadi pedoman untuk mensukseskan upaya dan menangani beragam hambatan. Rencana di Business Plan kudu relevan untuk tiga sampai lima tahun ke depan. Anda juga perlu menyeting tujuan alias Goals sebagai patokan apakah upaya Anda sudah sukses alias belum.
3. Buat Nama Toko dan Domain Website
Setelah rencana upaya matang dan anggaran tersedia, tips memulai upaya retail selanjutnya adalah meresmikan nama perusahaan. Buat nama toko nan unik, pendek, dan mudah diingat. Nama toko kudu mempunyai makna agar bisa mencerminkan identitas upaya Anda. Setelah itu, pastikan nama toko belum ada nan menggunakan. Cari nama toko di internet untuk memastikan bisa buat domain website dengan nama tersebut. Kemudian, jika mau nama toko dilindungi hukum, daftarkan di instansi kewenangan paten alias merk dagang.
4. Dapatkan Lisensi nan Dibutuhkan
Cara memulai upaya retail selanjutnya adalah dapatkan lisensi dan izin nan dibutuhkan. Hubungi konsultan norma dan upaya Anda untuk mengetahui apa saja persyaratannya. Kunjungi instansi pemerintah setempat untuk dapatkan izin mendirikan usaha, urus perpajakan, dan perihal lain nan berasosiasi dengan manajemen lainnya. Anda juga butuh lisensi tambahan untuk menjual produk tertentu, izin dari masyarakat setempat, sertifikat sebagai reseller, asuransi bisnis, dan lainnya.
5. Temukan Pemasok (Vendor) nan Terpercaya
Langkah ini sangat krusial lantaran Anda bakal berasosiasi dengan vendor dalam jangka panjang. Cari tahu pemasok nan bisa diandalkan dan dipercaya. Pertimbangkan anggaran, reputasi, kualitas, dan jasa pengguna dari masing-masing pemasok. Cari vendor nan bisa menjual produk ke Anda dengan biaya paling murah. Jaga hubungan baik dengan vendor untuk bisa mendapat beragam untung di masa depan. Selain itu, Anda juga bisa negosiasi potongan nilai untuk pembelian dalam jumlah besar.
6. Tentukan Lokasi Toko alias Optimasi Situs Web
Jika Anda berencana membuka toko retail fisik, cari letak toko nan mudah dijangkau dan punya tempat parkir memadai. Perhatikan potensi pengguna nan ada di sekitar lokasi. Apakah demografi masyarakat sekitar cocok untuk upaya Anda ? Kemudian Anda juga butuh mempertimbangkan biaya untuk beli alias sewa toko, biaya dekorasi, dan instalasi listrik.
Sedangkan, jika Anda beriktikad memulai upaya retail online pastikan nama domain mudah diingat. Setelah itu, buat perencanaan untuk memasang iklan di pencarian Google dan sosial media. Terapkan strategi SEO (search engine optimization) agar toko Anda mudah ditemukan di pencarian teratas search engine.
7. Rekrut Karyawan
Untuk menjalankan upaya retail secara efektif, Anda perlu rekrut tenaga kerja untuk menjalankan operasional sehari-hari. Selain mempersiapkan gaji, persiapkan biaya asuransi karyawan, tunjangan, bonus, dan lain sebagainya. Pertimbangkan juga anggaran untuk biaya pelatihan.
Anda kudu memastikan semua tenaga kerja punya skill nan dibutuhkan. Wawancara kandidat sangat krusial untuk identifikasi pengalaman calon karyawan. Pastikan semua tenaga kerja nan direkrut mempunyai skill di bidangnya dan berkontribusi pada keberhasilan bisnis. Rekrut HR ahli sebagai manajer untuk menemukan orang nan tepat dan bisa mengembangkan keahlian tenaga kerja di masa depan.
8. Persiapkan Sistem Pembayaran (PoS)
Banyak orang memulai upaya retail hanya memikirkan gimana langkah menghasilkan uang. Namun, mereka lupa gimana langkah menangani pembayaran. Menerima pembayaran adalah kegunaan inti dari bisnis. Anda perlu support teknologi nan tepat untuk menangani beragam jenis transaksi dengan mudah. Pastikan toko retail Anda bisa menerima beragam pembayaran, seperti: pembayaran tunai, kartu debit dan kredit, angsuran tanpa kartu, pembayaran NFC, duit elektronik, dan lain sebagainya.
Proses pembayaran nan komplit dapat mengurangi waktu checkout. Pembayaran non tunai merupakan solusi nan bagus untuk efisiensi. Tidak perlu mempersiapkan duit kembalian dan mengurangi akibat kecurangan oleh kasir. Semua duit pembayaran ada baiknya dipusatkan ke satu alias dua rekening saja. Gunakan software pembantu untuk memudahkan mengelola pembayaran dan menghitung semua hasil penjualan.
9. Pasarkan Bisnis Retail Anda
Langkah terakhir untuk memulai upaya retail adalah mulai pasarkan upaya Anda. Buat strategi untuk brand awareness dan edukasi masyarakat. Terapkan brainstorming berbareng tim untuk menemukan buahpikiran imajinatif untuk menjangkau sasaran konsumen. Gunakan SEO, media sosial, iklan berbayar, dan telemarketing untuk menggiring konsumen. Jika memungkinkan ajak kerjasama influencer untuk mendorong promosi mulut ke mulut.
Untuk membangun loyalitas, berikan pengalaman terbaik ke setiap pengguna nan datang ke toko. Jika Anda konsentrasi memasarkan brand ke tempat keramaian, memperhatikan pesan pada promosi, dan memberi nilai unik saat momen tertentu pasti bakal menarik perhatian pelanggan. Toko retail bentuk sangat cocok menerapkan strategi pemasaran lokal. Memudahkan pengguna mencari rekomendasi toko terdekat dari rumahnya.
Syarat untuk Memulai Bisnis Retail
Berikut ini beberapa syarat nan dibutuhkan untuk memulai upaya retail bentuk alias online.
- Siapkan Business Plan nan matang
- Persiapkan modal nan cukup
- Tentukan produk alias jasa nan dijual
- Persiapkan kewenangan paten, lisensi, dan manajemen pajak
- Daftarkan dan dapatkan izin untuk buka upaya retail
- Pilih letak nan tepat untuk upaya Anda
- Kenali sasaran konsumen Anda
- Rekrut tenaga kerja dengan kualifikasi nan tepat
- Pilih pemasok nan andal dan bisa dipercaya
- Lakukan promosi nan imajinatif secara intensif
- Catat setiap pengeluaran dan pemasukan
- Gunakan sistem PoS alias ERP untuk efisiensi operasional.
Di Bhinneka, Anda bisa temukan beragam solusi upaya untuk mempermudah operasional toko retail. Salah satu jasa unggulan kami adalah ERP untuk Retail nan membikin keahlian toko lebih efektif dan efisien. Hubungi kami untuk mempelajari jasa ERP lebih lanjut:
Telepon : (021) 2929-2828
WhatsApp : 0821-1252-9122
Email : corporate@bhinneka.com