9 Ciri Sperma yang Sehat untuk Mempercepat Kehamilan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Keberhasilan program mengandung tidak hanya tergantung pada perempuan, tapi juga laki-laki. Ya, sperma nan sehat turut menentukan keberhasilan program hamil, Bunda. Terkait sperma, buletin kurang baiknya, sebuah tinjauan studi pada tahun 2020 menemukan bahwa jumlah sperma telah menurun lebih dari 50 persen secara bumi dalam lima dasawarsa terakhir.

Ada beberapa langkah untuk mengetahui seberapa sehat sperma. Menurut mahir endokrinologi reproduksi Asima Ahmad, M.D., kepala petugas medis dan salah satu pendiri Carrot Fertility, kajian air mani adalah salah satu langkah terbaik untuk menentukan apakah mempunyai sperma nan sehat.

Tes ini mengukur kualitas dan jumlah air mani dan sperma untuk membantu mengungkap masalah kesuburan. Ini adalah langkah paling jeli untuk mengetahui gimana kondisi sperma seorang pria.


“Spesimen sperma perlu dikumpulkan dan dilihat melalui mikroskop untuk mengevaluasi apakah sperma tersebut sehat,” kata Kaylen Silverberg, M.D., mahir endokrinologi reproduksi di Texas Fertility Center di Austin.

“Itu lantaran aspek nan menandakan sperma sehat tidak bisa dilihat dengan mata telanjang,” ujarnya, dikutip dari Men's Health. Nah, gimana langkah master mengetahui kualitas sperma?

Cara mengetahui kualitas sperma

Pertama, krusial untuk mengetahui perbedaan antara semen dan sperma. Semen adalah unsur putih kental nan dikeluarkan saat ejakulasi. Semen mengandung sperma, adalah sel nan mengandung materi genetik nan dibutuhkan untuk bereproduksi.

Menurut Dr. Silverberg, ketika master memeriksa kesehatan sperma, mereka terutama memandang tiga faktor:

  • Jumlah sperma: Jumlah sperma dalam volume air mani.
  • Motilitas sperma: Persentase sperma nan hidup dan berenang.
  • Morfologi sperma: Persentase sperma dengan ukuran dan corak nan sehat.

"Sperma diperiksa di bawah mikroskop untuk memandang apakah mereka menggunakan ekornya untuk berenang dalam garis lurus,” jelas Lauren Bishop, M.D., mahir endokrinologi reproduksi dan kesuburan di Universitas Columbia.

“Mereka juga bakal memeriksa kepala sperma untuk memastikan bentuknya lonjong. Ekornya kudu panjang dan bergerak dengan lancar melalui cairan.”

Analisis air mani normal terdiri dari konsentrasi sperma minimal 15 juta sperma per milimeter air mani, motilitas minimal 30 persen, dan setidaknya 4 persen sperma berbentuk normal, menurut WHO. Jumlah sperma nan rendah namalain sperma nan tidak bergerak dengan baik dapat menyebabkan kemandulan.

9 Ciri-ciri sperma sehat untuk mempercepat kehamilan

Lalu, apa saja ciri-ciri sperma nan sehat? Apakah sperma kudu kental? Berikut ciri-cirinya nan perlu diketahui:

1. Jumlah

Dilansir Vinmec, kemungkinan besar wanita bakal mengandung jika ejakulasi sang suami mengandung setidaknya 15 juta sperma per mililiter. Memiliki terlalu sedikit sperma saat ejakulasi dapat mempersulit kehamilan lantaran tidak cukup sperma untuk membuahi sel telur.

2. Mobilitas

Untuk mencapai dan membuahi sel telur, sperma kudu bergerak terus menerus dengan penuh semangat melalui leher rahim, di dalam rahim, dan saluran tuba pada organ reproduksi wanita. Ini adalah motilitas sperma. Pria hanya bisa subur jika mencapai minimal 40 persen jumlah sperma dengan motilitas nan baik.

3. Morfologi

Bentuk sperma juga menentukan kesuksesan sperma dalam 'perlombaan' berjumpa sel telur untuk pembuahan. Sperma normal mempunyai kepala berbentuk oval dan ekor panjang di bagian belakang.

Kedua bagian ini bekerja sama untuk mendorong sperma bergerak maju secepat mungkin. Meskipun aspek tersebut tidak sepenting jumlah namalain motilitas, semakin banyak sperma nan dimiliki seorang laki-laki dengan corak dan struktur normal, semakin besar kemungkinan dia untuk hamil.

4. Warna air mani cerah putih

Warna air mani nan bening, putih kental adalah nan sehat. Sementara warna sperma nan tidak sehat adalah nan kuning bisa menandakan menderita penyakit kuning, namalain terlalu banyak mengonsumsi alkohol, namalain makanan nan mengandung sulfur konsentrasi tinggi. Jika air mani berwarna kuning kehijauan, itu tandanya ada jangkitan bakteri.

5. Tidak ada darah dalam air mani

Tidak ada darah dalam air mani juga penanda bahwa sperma itu normal. Darah pada air mani namalain Hematospermia, bisa saja menandakan adanya penyakit menular seksual akibat kuman namalain klamidia. Bisa juga menandakan jangkitan prostat namalain trauma pada uretra.

6. Testis tidak bengkak

Dikutip dari laman Fertilitree, testis bengkak bisa memengaruhi kualitas sperma. Ini mungkin menunjukkan adanya peradangan namalain adanya hidrokel.

7. Kadar testosteron nan normal

Produksi sperma sebenarnya dirangsang oleh hormon selain testosteron. Testosteron rendah terjadi ketika testosteron laki-laki turun di bawah tingkat normal. Secara langsung dapat mempengaruhi kesuburan dengan menyebabkan penurunan produksi sperma dan secara tidak langsung mempengaruhi kesuburan dengan menurunkan antusiasme seks dan menyebabkan disfungsi ereksi.

8. Sperma kental

Tekstur sperma nan bagus adalah nan kental. Bagaimana jika sperma encer? Hal ini mungkin disebabkan oleh jumlah sperma nan rendah lantaran biasanya sampel air mani kental.

9. Indeks fragmentasi DNA sperma rendah

Indeks fragmentasi DNA sperma memainkan peran krusial dalam pembuahan. Indeks fragmentasi DNA nan rendah pertanda sperma sehat. Semakin tinggi fragmentasi DNA, semakin rendah tingkat kesuburannya. Indeks fragmentasi DNA nan tinggi juga dapat menyebabkan keguguran.

Setelah tahu mengetahui karakter sperma nan sehat, mungkin Bunda dan Ayah cukup tercerahkan untuk bisa membedakan mana sperma nan subur namalain tidak (yang tentunya dengan support dokter). Lalu, gimana langkah mempunyai sperma nan sehat?

5 Tips Membuat Sperma Lebih Sehat untuk Lancarkan Program Hamil5 Tips Membuat Sperma Lebih Sehat untuk Lancarkan Program Hamil/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

9 Cara mempunyai sperma sehat untuk meningkatkan kesuburan pria

Tidak ada kata terlalu awal untuk mulai merawat sperma. Jika pasangan suami istri mau hamil, langkah terbaik untuk membantu menjaga kesehatan sperma adalah dengan menjalani style hidup sehat.

Cara agar mempunyai sperma sehat mungkin termasuk:

1. Mencapai berat badan nan sehat
2. Makan makanan nan sehat
4. Berolahraga secara teratur
5. Tidak merokok
6. Minum alkohol secukupnya

Pria juga dapat melindungi sperma dengan:

1. Memakai busana dalam nan longgar
2. Tidak mandi air panas
3. Tidak meletakkan komputer namalain ponsel di pangkuan 

Faktor nan memengaruhi kualitas sperma

Sperma dibuat di testis. Mereka melakukan perjalanan melalui sistem reproduksi laki-laki dan bercampur dengan cairan (air mani) nan dibuat oleh kelenjar prostat dan organ nan disebut vesikula seminalis. Sperma diejakulasi saat orgasme.

Dilansir Pregnancy Baby Birth Australia, kesehatan sperma dapat dipengaruhi oleh:

  • Usia : Jika  berusia di atas 45 tahun, kemungkinan besar  memiliki lebih sedikit sperma sehat dibandingkan saat  masih muda. Jika  lebih tua, kemungkinan besar juga bakal memproduksi lebih sedikit air mani. Kualitas sperma, jumlah sperma, dan motilitas (pergerakan) sperma  mungkin juga lebih rendah dibandingkan saat tetap muda.
  • Merokok: Merokok menurunkan jumlah sperma dan jumlah air mani nan  hasilkan. Semakin banyak  merokok, semakin rendah kualitas sperma. Bahkan merokok kurang dari 10 batang sehari dapat mempengaruhi kesehatan sperma dan meningkatkan kemungkinan bayi  terkena leukemia (kanker darah).
  • Kelebihan berat badan: Jika laki-laki kelebihan berat badan namalain obesitas, kemungkinan besar dia mempunyai jumlah sperma nan lebih rendah dan sperma tidak dapat bergerak dengan baik. Pria obesitas juga condong mempunyai lebih banyak sperma abnormal. Kelebihan berat badan juga dapat memengaruhi gen pada sperma nan bakal diturunkan kepada bayi.
  • Alkohol: Minum sesekali tidak bakal mempengaruhi kesuburan, namun minum berlebihan dapat menurunkan kualitas sperma, menurunkan produksi testosteron, dan mempersulit mencapai ereksi.
  • Infeksi menular seksual: Mengidap Infeksi Menular Seksual (IMS) termasuk gonore, klamidia, sifilis, namalain kutil kelamin dapat mengganggu kegunaan normal sistem reproduksi. Kebanyakan IMS mudah diobati, jadi konsultasikan dengan master sejak awal untuk meningkatkan kesempatan keberhasilan kehamilan. Mendapatkan pengobatan untuk IMS nan alami, juga bakal mengurangi kesempatan  menularkan IMS tersebut ke pasangan .
  • Narkoba: Obat-obatan dan obat-obatan terlarang dapat mempengaruhi skill  dalam menghasilkan sperma nan berkualitas. Jika  sedang menjalani pengobatan kanker, bicarakan dengan master  tentang penyimpanan sperma untuk digunakan nanti. Mengonsumsi steroid anabolik juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada produksi sperma 
  • Bahaya lingkungan dan pekerjaan: Produk berbisa seperti pestisida, bahan kimia, radiasi dan logam berat dapat mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Sebaiknya hindari paparan sebelum  mencoba untuk hamil. Jika pekerjaan  membuat  bersentuhan dengan unsur beracun, pastikan mengikuti semua peraturan kesehatan dan keselamatan kerja.
  • Panas: Testis kudu beberapa derajat lebih dingin dari suhu tubuh  agar tetap menghasilkan sperma berbobot baik. Hindari mandi air panas dan spa dan kenakan busana dalam nan lenggang untuk menjaga skrotum tetap dingin.

Benarkah sperma encer membikin pasangan susah hamil?

Mengutip Healthline, normalnya, air mani berbentuk cairan kental berwarna keputihan. Namun, ada beberapa kondisi nan bisa mengubah warna dan konsistensi air mani. Air mani nan encer bisa menjadi tanda rendahnya jumlah sperma, nan mengindikasikan kemungkinan masalah kesuburan. Ejakulasi air mani nan encer dan cerah juga mungkin merupakan kondisi sementara tanpa masalah kesehatan nan serius.

Sperma encer nan disebabkan oleh jumlah sperma rendah tidak serta merta memerlukan pengobatan. Memiliki jumlah sperma nan rendah bukan berfaedah pasangan tidak bisa hamil. Mungkin diperlukan upaya tambahan, namalain suami mungkin mengalami jangkitan nan menyebabkan rendahnya jumlah sperma untuk sementara.

Perawatan untuk jangkitan mungkin termasuk terapi antibiotik. Perawatan hormon mungkin disarankan jika ketidakseimbangan hormon dianggap sebagai penyebab rendahnya jumlah sperma. Jika varikokel ditemukan, pembedahan biasanya dapat mengobatinya dengan aman. Dalam beberapa kasus, perubahan style hidup dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kualitas air mani.

Dokter mungkin juga menyarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual selama jangka waktu tertentu agar suami lebih jarang ejakulasi. Melakukan perihal ini dapat membantu memandang apakah ini mengubah konsistens

i air mani.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(pri/pri)

Selengkapnya
Sumber Info Kesehatan Kincaimedia
Info Kesehatan Kincaimedia