5 Artis Indonesia yang Merilis Buku, Ada yang Best Seller Bun

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Tanggal 17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional setiap tahunnya. Peringatan ini menjadi pengingat bakal pentingnya budaya literasi di tengah gempuran info digital.

Era modernisasi membikin kitab mendapatkan saingan nan cukup besar. Teknologi digital melalui konten audio visual menjadi perihal nan lebih menggiurkan daripada kitab untuk sebagian orang.

Namun, bukan berfaedah kitab kehilangan penggemarnya. Masih banyak orang nan menunjukkan talenta mereka di bagian literasi dengan menulis dan menerbitkan buku.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Kegiatan ini juga digeluti oleh sejumlah artis Tanah Air nan sibuk berkecimpung di bumi hiburan, lho. Siapa saja mereka?

Bunda, berikut ini lima artis Tanah Air nan merilis karya buku:

1. Dewi Lestari

Dewi Lestari terlahir di family seniman. Sejak kecil, wanita kelahiran Bandung ini sudah terjun ke bumi musik. Akan tetapi, namanya melesat sebagai novelis sejak meluncurkan novel terkenal berjudul Supernova pada 2001.

Perempuan nan berkawan disapa Dee itu kembali melahirkan beragam karya kitab populer. Bahkan, kitab Supernova dilanjutkan hingga enam seri. Tak sampai situ, Dee juga merilis kitab pendukung cerita tersebut nan diberi titel Kepingan Supernova.

Dee tidak hanya melahirkan karya fiksi. Ia juga pernah menulis kitab on fiksi tentang pengetahuan merawat UMKM Indonesia.

"Kemarin saya bekerja sama dengan yayasan nan puluhan tahun membina UMKM, sepak terjang yayasan ini mungkin belum diketahui banyak orang," ungkapnya dalam sesi Live IG pada 2020 lalu, dikutip dari detikcom.

"Jadi rencananya yayasan ini mau menyajikan kisah-kisah inspiratif nan saya temui. Saya ke Jawa Timur dan Kalimantan Selatan, kita bikin jadi sebuah buku. Lebih ke inspiratif dan ini kitab non-fiksi," tuturnya.

2. Natasha Rizky

Siapa tak kenal Natasha Rizky? Mantan istri Desta ini aktif menggeluti hobinya di bagian literasi meski sibuk bergulat sebagai selebriti.

Natasha Rizky mengaku, dia sangat menikmati kesibukannya sebagai penulis. Perempuan nan berkawan disapa Caca ini sudah melahirkan kitab berjudul Katanya Nikah Mudah, Catatan Kronik, dan Kamu Tidak Istimewa.

"Aku sangat-sangat enjoy banget sih saya menjadi penulis saat ini, saya merasa kayak khayalan saya lebih luas, saya bisa menuliskan sesuatu tuh dengan jujur dengan mengekspresikan diri saya dengan jujur lewat tulisan gitu," kata Natasha Rizky.

Bahkan, kitab Natasha nan berjudul Katanya Nikah Mudah diterbitkan bertepatan pada Hari Buku Sedunia. Ia menuliskan tentang kehidupan pribadinya sebelum dan sesudah menikah dengan Desta.

"Buku ini bukan tentang nikah doang tapi isinya juga untuk ibu-ibu nan udah nikah dan nan bakal mau menikah. Untuk menjalani sesuai kodratnya, produktif jadi wanita meski jadi ibu," ungkap Bunda tiga anak itu.

3. Prilly Latuconsina

Sibuk berkarier di bumi akting tak membikin Prilly Latuconsina meninggalkan hobinya di bagian literasi. Tak sekadar membaca, dia juga telah menulis buku. Pada 2020, dia meluncurkan kitab berjudul Ruang Tengah Ingatan.

Sebelumnya, Prilly juga menerbitkan kitab berisi kumpulan puisi nan diberi titel 5 Detik dan Rasa Rindu, serta kitab puisi berjudul Fatamorgana.

Ketika meluncurkan karya tulisnya, Prilly Latuconsina berupaya memberikan kejutan di setiap momen peluncuran.

"Ada banyak banget kejutan lantaran saya menyelipkan sesuatu dan kelak bakal diumumkan sesuatu itu apa, hanya buat nan ikut PO saja," ujar Prilly.

Selain itu, Prilly juga pernah menyebut alasannya dalam meluncurkan kitab puisi. Ia mau membujuk para penggemarnya untuk mengenal bumi sastra lebih dalam.

"Aku sadar karya itu nggak boleh diumpetin dan mau edukasi fans agar kenal sastra. Karena saya agak kecewa di generasi aku, sastra turun peminatnya, jadi saya mau hidupkan lagi sastra lewat kitab aku," ungkapnya.

4. Ayudia Bing Slamet

Ayudia Bing Slamet telah terjun ke bumi akting sejak awal 2000 silam. Di tengah kesibukannya merintis karier, Ayudia juga menyalurkan kegemaran di bagian literasi.

Ayudia Bing Slamet pernah meluncurkan kitab terkenal berjudul Teman Tapi Menikah. Buku tersebut bercerita tentang kisah asmaranya berdampingan sang suami, Muhammad Pradana Budiarto namalain nan lebih dikenal sebagai Ditto.

"Di kitab ini tuh banyak pesan-pesan tersirat, makanya saya berharapnya semoga semuanya bener-bener baca, gimana sih kehidupan rumah tangga, gimana sih hamil. Kalau dari luar kan mungkin lihatnya oh relationship goals, padahal menikah adalah perihal nan jauh dari cekakak-cekikik," kata Ayudia.

Ayudia dan Ditto apalagi bahkan sudah merencanakan seri kitab nan ke-3. Sebelumnya, karya kitab tersebut sudah diadaptasi ke dalam movie layar lebar dengan titel nan sama.

5. Maudy Ayunda

Kiprah Maudy Ayunda di bumi pendidikan sudah banyak diketahui publik. Di tengah kesibukan sebagai aktris, dia memulai debutnya sebagai penulis lewat kitab berjudul Dear Tomorrow.

Dalam kitab tersebut, Maudy Ayunda menyelipkan kompilasi dari beragam cerita. Ia mau menjadikan karya tersebut sebagai sebuah 'kapsul waktu'.

"Karena memang corak bukunya adalah pelajaran nan mau saya ingat untuk ke depannya nan selama ini saya alamin dan pelajarin, semacam time capsule juga. Judulnya Dear Tomorrow karena saya mau perihal nan saya tulis di sini saya ingat terus pelajaran pelajaran hidupnya. Penting ada cerita-cerita lantaran itu adalah prinsip dari kenapa saya mendapat sebuah pelajaran itu lantaran ada pengalaman krusial nan saya rasa pengin share," paparnya.

Selain itu, Maudy Ayunda juga meluncurkan kitab anak berjudul Kina Makes a New Friend nan dikemas dalam ilustrasi menggemaskan. Ia membawa pesan mendalam tentang keberagaman untuk para orang tua nan sudah ataupun belum mempunyai anak.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(anm/som)

Selengkapnya
Sumber Info Kesehatan Kincaimedia
Info Kesehatan Kincaimedia